PM Bangladesh Terguling, India Kehilangan Sekutu Penting, Negara Asia Selatan Berpaling ke Tiongkok

TribuneNews.com, Dhaka – Perdana Menteri Bangladesh empat kali, Sheikh Hasina, dipecat kemarin pada 5 Agustus 2024 dan terpaksa meninggalkan negara itu.

Jatuhnya pemerintahan Hasina dipicu oleh gelombang kekerasan mahasiswa yang terjadi selama sebulan penuh.

Tentara Bangladesh akhirnya mengumumkan pembentukan pemerintahan sementara atas nama stabilitas negara tersebut.

Bagi India, jatuhnya Hasina berarti mereka kehilangan “teman” lainnya dalam memburuknya hubungan India dengan negara “sahabat”.

Sheikh Hasina adalah teman paling tepercaya India di lingkungan yang penuh dengan sentimen anti-India.

Dikenal sebagai “negara adidaya” di Asia Selatan, posisi India di kawasan ini secara bertahap dipengaruhi oleh pengaruh Tiongkok.

Sebagai catatan, rekor pertemuan Perdana Menteri Narendra Modi dan Sheikh Hasina sebanyak 10 kali pada tahun 2023.

India sendiri kini telah kehilangan Afghanistan, Maladewa, dan Myanmar.

Tiongkok telah memperburuk hubungannya dengan Nepal dan Sri Lanka.

Ian Hall, seorang pakar hubungan internasional, menyimpulkan bahwa India pasca-keruntuhan hanya mempunyai “Bhutan, Mauritius, dan Seychelles sebagai teman dan tetangga yang stabil.”

Sheikh Hasina mengungsi ke India untuk kedua kalinya dalam 50 tahun.

Setelah diberi ultimatum selama 45 menit oleh panglima militer Bangladesh, Hasina berangkat ke Karmitola bersama saudara perempuannya dengan helikopter militer.

Dia meminta perjalanan yang aman dari India ke negara ketiga, yang segera dikabulkan.

Konon dia diterbangkan dari Kermitola ke New Delhi dengan pesawat strategis C-130J milik Angkatan Udara Bangladesh.

Hasina diperkirakan akan berangkat ke Inggris karena saudara perempuannya telah menjadi warga negara di sana.

Mantan Menteri Luar Negeri India Nirupama Menon Rao juga memperingatkan New Delhi untuk tidak bertindak tergesa-gesa dan meninggalkan sejarah di sisi yang benar.

“Lima dekade yang lalu, ketika kami membantu melahirkan Bangladesh dalam pelaksanaan kemerdekaan strategis kami yang gemilang (meskipun ada tentangan terbuka dari Tiongkok dan AS), kami berdiri di sisi kanan sejarah.”

“Saat ini, ketika kita melihat peristiwa-peristiwa penting di Bangladesh dan suara populer dari kepergian Perdana Menteri Sheikh Hasina dari negara tersebut, kita harus hati-hati mempertimbangkan reaksi dan langkah kebijakan kita. Apa pun yang kita lakukan, kita harus melindungi kepentingan nasional jangka panjang kita,” dia menulis di X.

Awal tahun ini, presiden Maladewa yang baru terpilih meminta pasukan India untuk meninggalkan negara kepulauan itu ketika ia mendorong hubungan yang lebih kuat dengan Tiongkok.

Afghanistan dikalahkan oleh Taliban. Sri Lanka memutuskan hubungan dengan India.

Negara ini telah melarang kapal survei Tiongkok untuk berlabuh di pelabuhannya, namun pembatasan ini akan berakhir pada akhir tahun 2024. Baru-baru ini, Nepal juga tertarik terhadap Tiongkok.

India memainkan peran penting dalam pembentukan Bangladesh pada tahun 1971 ketika ayah Hasina, Sheikh Mujibur Rahman, memimpin pemberontakan di Pakistan Timur.

Seiring berjalannya waktu, hubungan India-Bangladesh kehilangan kemilaunya karena rezim politik berturut-turut mendukung kekuatan anti-India. Hasina mengusir mereka dan menjalin hubungan dengan New Delhi.

Bangladesh penting bagi India untuk menghubungkan negara bagian timur laut yang terisolasi secara geografis dengan Teluk Benggala.

Prajurit. Jindal School of International Relations Sararada Dutt dari OP Jindal Global University mengakui bahwa akan ada periode “ketidakstabilan dan kecurigaan” antara kedua negara.

Namun, ia mengatakan kepada Eurasian Times, “Bangladesh akan terus menyeimbangkan Tiongkok dan India. Bangladesh memiliki wilayah luas yang ingin bekerja sama secara erat dengan Tiongkok, namun terdapat keterbatasan.”

Dia menambahkan: “Politisi Bangladesh cerdas; mereka akan terus menyeimbangkan Tiongkok dan India. Proyek pembangunan harus dilanjutkan dengan India jika pemerintahan baru di negara itu dibangun untuk rakyatnya.

Bagaimana nasib Bangladesh?

Masih belum jelas apakah transisi menuju pemerintahan sementara yang dipimpin militer di Bangladesh akan berjalan mulus.

Beberapa mahasiswa juga mengatakan bahwa mereka tidak akan menerima pemerintahan sementara tanpa perwakilan mahasiswa.

Seorang pemimpin pengunjuk rasa mahasiswa, Asif Mahmoud, mengatakan kepada DW: “Perwakilan mahasiswa pengunjuk rasa harus menjadi bagian dari pemerintahan sementara.” Kalau tidak, kami tidak akan menerimanya.”

Mahmoud mengatakan ingin menyuarakan suara mahasiswa tidak hanya dalam struktur pemerintahan tetapi dalam setiap kebijakan.

Zee Khan Panna, seorang pengacara senior dan aktivis hak asasi manusia, juga menyatakan ketidaksenangannya dengan pernyataan panglima militer tersebut.

Pana mengatakan kepada DW: “Kami belum menerima rencana konkret dari panglima militer. Dia berkata: “Seberapa besar dukungan masyarakat terhadap pembentukan pemerintahan sementara? Saya rasa masyarakat tidak akan menerimanya.”

Namun dalam siaran pers Humas TNI Angkatan Darat disebutkan, Panglima TNI akan segera bertatap muka dengan perwakilan siswa dan guru peserta aksi.

Konsep pemerintahan sementara bukanlah hal baru di Bangladesh. Dari tahun 1990 hingga 2008, selama pemilihan umum, pemerintahan terpilih menyerahkan kekuasaan kepada pemerintahan sementara, yang bertugas menyelenggarakan pemilu yang bebas dan adil. Sistem ini kemudian dihapus pada tahun 2011.

Beberapa pengamat kini menyerukan pembentukan pemerintahan sementara hingga pemilu berikutnya. Militer tidak seharusnya menjalankan pemerintahan

Sementara itu, kelompok yang terdiri dari 21 tokoh terkemuka, termasuk aktivis hak asasi manusia dan pengacara, mendesak pemerintah sementara mengambil langkah-langkah untuk mengatasi penyebab ketidakpuasan publik, yang menyebabkan tergulingnya Hasina.

Kelompok tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kemarahan masyarakat telah berubah menjadi gerakan massal karena kecurangan pemilu yang berkepanjangan, korupsi yang meluas, disorganisasi ekonomi dan penindasan.

“Kekuasaan harus dialihkan kepada pemerintah nasional atau sementara melalui konstitusi atau, jika perlu, melalui amandemen konstitusi dengan berkonsultasi dengan mahasiswa dan partai politik yang melakukan protes,” kata kelompok tersebut.

Kelompok tersebut juga menekankan bahwa tentara tidak boleh menjalankan negara dan menyerahkan kekuasaan kepada pemerintahan sementara sipil dan kembali menjalankan tugasnya untuk menjaga keamanan negara.

Shaheen Malik adalah salah satu penandatangan pernyataan tersebut. Dia mengatakan kepada DW bahwa tugas tentara adalah melindungi Bangladesh dari ancaman asing dan bukan untuk memerintah negara tersebut.

Malik berkata, “Tentara harus melindungi negara dari kekuatan asing di saat perang. Tugas mereka bukan menjalankan negara.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *