Sejumlah Penyebab di Balik Rendahnya Adopsi Kendaraan Listrik di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penjualan sepeda motor baru di Indonesia masih di bawah 6 juta unit per tahun. Namun Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga di dunia setelah China dan India.

Hal ini menunjukkan bahwa sepeda motor merupakan alat transportasi utama masyarakat Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, sepeda motor listrik mulai memasuki pasar Indonesia.

Meski memiliki banyak keuntungan dari segi efektivitas biaya dan dukungan pemerintah, sayangnya penjualan sepeda motor listrik masih belum mencapai target yang diharapkan pemerintah.

Sejak tahun 2022 hingga 2023, tren penjualan sepeda motor listrik meningkat lebih dari 3 kali lipat. Namun penetrasinya masih tertinggal dibandingkan kendaraan listrik.

Pada tahun 2023 saja, penetrasi sepeda motor listrik hanya akan menyumbang 1 persen dari penjualan sepeda motor baru. Sementara penjualan kendaraan listrik menyumbang lebih dari 2 persen total penjualan kendaraan.

Meskipun pasar memperkirakan penjualan sepeda motor listrik akan melebihi penjualan mobil beberapa tahun yang lalu, kenyataannya justru sebaliknya.

Pasalnya, sepeda motor listrik yang beredar di pasaran saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia akan sepeda motor dengan performa, ketahanan, dan keandalan yang baik. Faktanya, tidak ada sepeda motor listrik yang bagus dan berkualitas.

Adopsi kendaraan listrik masih rendah

Meski mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan, tingkat adopsi kendaraan listrik di Indonesia masih rendah. Hal ini antara lain disebabkan karena mobil listrik saat ini belum mampu memenuhi kebutuhan pengendara Indonesia.

Fakta lain juga menunjukkan bahwa meski ada subsidi dari pemerintah, pertumbuhan penetrasi sepeda motor listrik lebih kecil dibandingkan mobil listrik.

Di sisi lain, sepeda motor listrik dinilai belum mampu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia sehari-hari, terutama dari segi jarak tempuh, ketahanan/durabilitas serta stasiun pengisian dan jaringan layanan purna jual.

Hasil riset pemasaran menunjukkan masih banyak hal yang perlu diperbaiki pada kendaraan listrik agar dapat diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, beliau mengenali dan memahami kekhawatiran calon pembeli terhadap kendaraan listrik sekaligus memberikan solusi atau informasi yang menarik.

Mungkin pasar sepeda motor di Indonesia sangat membutuhkan sepeda motor listrik yang memiliki performa dan ketahanan yang sama dengan sepeda motor berbahan bakar bensin (mesin pembakaran dalam) atau mesin pembakaran dalam.

“Melihat perkembangan sepeda motor listrik saat ini, sepertinya belum ada produk yang benar-benar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kebanyakan orang tahu bahwa sepeda motor listrik tidak bisa digunakan untuk jarak jauh, bensinnya bukan yang terbaik, atau tidak tahu di mana harus mengisi dayanya. Oleh karena itu, ada prinsip mendasar yang menjadikan penggunaan sepeda motor listrik rendah, kata salah satu petinggi perusahaan sepeda motor listrik Indonesia.

Data penjualan perbandingan penjualan sepeda motor listrik dan mobil listrik bulan Januari sampai Desember berdasarkan data Gaikindo dan AISI menunjukkan data penjualan sepeda motor ICE selama tahun 2022 sebanyak 5.221, penjualan sepeda motor listrik sebanyak 470 buah sebanyak 17.198 dengan pangsa pasar 0,3. persen 

Kemudian pada tahun 2023, penjualan sepeda motor ICE mencapai 6.236.992 unit dan penjualan sepeda motor listrik mencapai 54.737 unit dengan pangsa pasar 0,9 persen.

Padahal, peluang industri sepeda listrik nasional masih besar. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang meningkat 21 persen menjadi 505.670 unit pada April hingga Mei 2024 saja.

Kepala Urusan Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan AISI menargetkan penjualan 6,2 hingga 6,5 ​​juta unit pada 2024.

“Jadi mudah-mudahan masih bisa meningkat karena kita melihat tingkat kemacetannya tidak terlalu tinggi dengan sewa,” kata Sigit Kumala beberapa waktu lalu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *