Buka program Master Baru, DW Ingin Perkuat Media di Afrika

Semua siswa memiliki ekspresi santai di wajah mereka saat mereka masuk dengan mengenakan pakaian pilihan mereka. Para fotografer mulai berfoto bersama. Kini, program Magister Jurnalisme Internasional Perancis di Berlin akhirnya dibuka.

“Ini adalah contoh nyata tindakan terbaik yang bisa dilakukan Jerman dan Prancis,” kata duta besar Prancis untuk Berlin, François Delattre, yang memimpin pertemuan malam itu.

Datang dan berlangganan buletin mingguan Wednesday Bites secara gratis. Tingkatkan pengetahuan tengah minggu Anda dan topik percakapan akan lebih menarik!

Upacara pembukaan di Kedutaan Besar Perancis di Berlin merupakan peluncuran program gelar Master gabungan antara Deutsche Welle Academy dan École publique de Journalisme de Tours.

Kementerian Federal untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) juga memberikan dukungan kepada 10 pelajar yang tiba di Jerman pada 2 September. Mahasiswa jurnalisme Afrika

Mahasiswa tersebut berasal dari Burkina Faso, Pantai Gading, Maroko, Tunisia dan Senegal. Kebanyakan dari mereka adalah jurnalis berpengalaman dari negara asalnya dan akan menyelesaikan pelatihannya dalam dua tahun ke depan.

Pada tahun pertama, mereka akan belajar di kantor pusat Deutsche Welle di Bonn. Tahun berikutnya, mereka melanjutkan pelatihan EPJT di Perancis. Program diakhiri dengan magang selama tiga bulan di negara asal.

Tujuan keseluruhan dari program ini adalah untuk memperkuat citra media terhadap negara-negara Afrika dan Maghreb yang berbahasa Perancis. “Kami mempunyai tanggung jawab besar di kawasan ini,” kata Peter Limbourg, direktur Deutsche Welle.

“Inilah mengapa penting bagi jurnalis yang mengadvokasi kebebasan pers untuk mendapatkan pelatihan yang baik dan memiliki keterampilan untuk bersaing di pasar yang sangat sulit ini.”

Laurent Bigot, direktur Sekolah Tinggi Pariwisata Jurnalisme, menekankan dalam sebuah wawancara dengan DW bahwa program untuk memverifikasi dan menghilangkan berita palsu sangat penting bagi jurnalis di wilayah tersebut. Beberapa negara di kawasan bersaing untuk mendapatkan pengaruh geopolitik. Berita palsu dan kampanye kotor terhadap Barat juga membentuk opini publik.

Kursus Manajemen Media Tingkat Lanjut dirancang untuk mengajarkan siswa cara terbaik mengelola perusahaan media dan menjadikannya lebih tangguh. Namun ia meyakini yang terpenting adalah kedua belah pihak mempunyai kesempatan untuk membandingkan pengetahuan dan keterampilan tim redaksi dan negara lain untuk saling belajar.

“Seperti teman-teman saya, saya mempunyai harapan yang tinggi,” kata Marcos Podé, seorang mahasiswa dari Pantai Gading. Dia sangat tertarik pada jurnalisme investigatif.

Rekan senegaranya Ella Gijimde menggelengkan kepalanya dan menambahkan: “Kami datang ke sini untuk mempelajari hal-hal yang tidak kami pelajari di negara kami. Keanekaragaman budaya jurnalisme akan membantu kami menyampaikan pengetahuan ini ke negara kami dengan lebih baik.”

Ibrahim Biela dari Burkina Faso berada di negaranya untuk laporan ini. Dimana militer berkuasa sejak kudeta dua tahun lalu. Sejak itu, katanya, pekerjaan media menjadi semakin sulit.

Biela mengatakan bosnya dikirim ke garis depan untuk melawan kelompok Islam di perbatasan Mali sebagai hukuman atas pemberitaan. Bagi mahasiswa, dua tahun ini juga merupakan kesempatan untuk meniti karir di bidang jurnalisme tanpa rasa takut.

Karamba Diaby, anggota Bundestag, mengatakan: “Saya merasa hormat ketika melihat generasi muda mengatakan, ‘Kami di sini, kami terlibat dalam situasi ini, meskipun situasi politik di beberapa negara sangat sulit. Upaya untuk terus berlanjut untuk bekerja dalam kondisi yang ada.”

Peter Limbaugh juga menekankan dalam wawancara tersebut bahwa meskipun permusuhan terhadap media Barat semakin meningkat, Deutsche Welle akan tetap aktif di Afrika Utara dan Barat.

“Penting bagi kami untuk menunjukkan bahwa kami berada di sini sebagai orang Eropa dan tidak melupakan teman-teman kami di Afrika, terutama di kawasan di mana terdapat banyak berita dari semua pihak, termasuk Rusia.” pergi setelah lulus?

Amy Wade dari Senegal tahu persis di mana dia akan berada dalam dua tahun. Jurnalis olahraga ini ingin memulai sebuah perusahaan media yang didedikasikan untuk melaporkan realitas atlet wanita.

Ella Djiguimde dari Pantai Gading tersenyum lebar saat ditanya rencananya setelah lulus. “Banyak yang harus kulakukan… Aku ingin menjadi pemimpin redaksi di sebuah perusahaan media besar atau aku akan memulai bisnisku sendiri di suatu tempat!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *