Kunci Jawaban PMM: Apa Peran Utama Kepala Sekolah dalam Peningkatan Praktik Kinerja?

TRIBUNNEWS.COM – Apa peran utama kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja? Lihat contoh respon Platform Merdeka Mengajar (PMM) berikut ini.

Bapak/Ibu Guru akan menerima pertanyaan di atas pada saat menjawab pertanyaan PMM.

Jawaban soal-soal PMM pada artikel ini hanya dimaksudkan sebagai pedoman bagi guru-guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut di PMM. Apa peran utama kepala sekolah dalam meningkatkan sistem kinerja?

Jawaban: Kepala Studi (kepala pengajaran):

Kepala sekolah harus memimpin proses peningkatan mutu pembelajaran dengan memberikan bimbingan yang jelas dan mendukung guru dalam upayanya meningkatkan metode pengajaran.

Misalnya, memfasilitasi pelatihan profesional, memastikan bahwa guru memiliki akses terhadap sumber daya yang diperlukan dan mendorong mereka untuk terus meningkatkan proses pengajarannya. Pengembangan profesional bagi guru:

Kepala sekolah harus memastikan bahwa guru mempunyai kesempatan untuk melakukan pelatihan dan pengembangan profesional yang sesuai.

Misalnya memberikan pelatihan berdasarkan kebutuhan guru, seperti pelatihan dalam mengajar atau pemanfaatan teknologi pendidikan.  Mendukung implementasi kurikulum yang efektif:

Kepala sekolah harus memimpin penerapan kurikulum yang tepat dan efektif dengan mendukung guru dalam penerapannya, misalnya memastikan kurikulum yang diajarkan sejalan dengan kebutuhan siswa dan tujuan pendidikan nasional. Mengelola sumber belajar dan sumber daya:

Kepala sekolah bertanggung jawab menyediakan sumber daya dan menciptakan lingkungan fisik dan emosional yang mendukung pembelajaran.

Hal ini mencakup pengelolaan kelas yang efektif, penyediaan materi pembelajaran, dan penciptaan suasana yang menumbuhkan motivasi dan keinginan belajar di kalangan guru dan siswa. Memberikan contoh kepemimpinan dan perilaku profesional:

Kepala sekolah harus mencontohkan etika profesional dan kepemimpinan yang baik.

Misalnya, dengan memberikan contoh yang baik dalam hal kerja keras, tekad, dan keandalan, kepala sekolah dapat mendorong guru dan guru untuk meningkatkan kinerjanya.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya sebagai contoh ketika Bapak/Ibu guru/kepala sekolah menghadapi pertanyaan serupa di platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah dapat menjawab pertanyaan yang sama dengan jawaban sesuai dengan keadaannya.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait platform belajar mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *