Bertemu dengan Presiden Marcos, Prabowo Sebut Filipina Mitra Strategis di Bidang Pertahanan

TRIBUNNEWS.COM, MANILA – Menteri Pertahanan RI Pravo Subianto menggelar pertemuan resmi dengan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr. di Istana Malacañang, Manila, pada Jumat (20/9/2024). 

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Pertahanan Pravo menyampaikan terima kasih kepada Presiden Ferdinand Romualdez Marcos Jr. Atas sambutan hangat dan ramah yang diberikan kepada Indonesia.

“Persiapan dan tuan rumah Anda luar biasa. Kami mengapresiasi upaya Anda mengakomodasi pertemuan ini. Terima kasih banyak,” kata Menteri Pertahanan Prabowo. 

Menteri Pertahanan Pravo mengatakan Indonesia memandang Filipina sebagai mitra strategis Indonesia, khususnya di bidang pertahanan.

“Saya sangat terkesan dengan kepemimpinan Anda. Visi strategis Anda telah sangat meningkatkan posisi Filipina di kancah dunia, menunjukkan kemajuan nyata di bidang politik, ekonomi, dan militer,” kata Menhan RI.

Indonesia melalui Menteri Pertahanan Prabowo juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Filipina yang berhasil menjadi tuan rumah pertemuan Komite Pertahanan dan Keamanan (JDSCC) ke-13 di Manila pada Juni 2024.

“Kami berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam forum bilateral tahunan ini dan berharap dapat menjadi tuan rumah pertemuan JDSCC ke-14 di Indonesia pada tahun 2025,” kata Menteri Pertahanan Batikwa.

Di akhir pertemuan, Menhan Prabovo menyampaikan terima kasih dan terima kasih atas diskusi konstruktif yang berlangsung hari ini. 

Sementara itu, dalam pernyataan Presiden Filipina, Marcos melalui akun Instagramnya juga menyinggung hubungan persahabatan dengan Indonesia.

“Negara kita selalu memiliki persahabatan yang mendalam, dan saya yakin persahabatan ini akan semakin kuat di tahun-tahun mendatang,” kata Marcos. 

Dalam pertemuan tersebut antara lain Menteri Luar Negeri Enrique Menlo, Penjabat Menteri Lucas Bresmin dan Menteri Pertahanan Gilberto Teodoro Jr. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *