107 Calon Anggota Kompolnas Jalani Tes Tertulis, Diminta Beberkan Visi-Misi

Seperti dilansir jurnalis Tribunnews.com Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) menggelar tes tertulis calon anggota Kompolnas 2024-2028 sebagai rangkaian seleksi di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2024). .

Sebanyak 107 calon anggota Kompolnas mengikuti tes tertulis yang menjelaskan seluruh visi dan misi mereka jika nantinya terpilih menjadi anggota Kompolnas.

Ketua Umum Pansel Kompolnas Hermawan Sulistyo kepada wartawan, Selasa, mengatakan, “Mereka memaparkan visi Kompolnas dan Polri berdasarkan senioritas, agar Kompolnas menjabat pada 2024 hingga 2028.”

Hermawan mengatakan, panitia seleksi nantinya akan mempelajari visi dan misi calon anggota Kompolnas terkait pencalonannya sebagai kapolri.

Artinya apa visi mereka, katanya. Selama empat tahun ini. “Kami ingin melihat gambaran yang lebih besar mau dibawa ke mana, khususnya Polri dan dampaknya terhadap Polri.”

Ia meyakinkan, calon anggota tidak boleh menyontek dalam tes tertulis ini karena sudah ada aturannya.

“Sekarang Insya Allah tidak boleh ada penipuan, tidak boleh ada kecurangan, tidak boleh ada chatGPT apa pun karena akses kita diblokir, tidak ada internet, tidak ada komunikasi. “Tidak, mereka tidak diperbolehkan membawa ponsel selama tiga hari ke depan.”

Selain itu, Hermawan mengatakan komisi akan menggunakan metode blind review dalam proses evaluasi untuk menghindari bias terhadap isu tersebut.

“Nah, teknis prosesnya kita menyaring secara membabi buta, jadi yang menilai kita nanti di panel tidak tahu siapa yang dinilai karena namanya disembunyikan dan identitasnya disembunyikan. “Sebaliknya, artikel yang mereka tulis, saya tidak tahu siapa yang mereka nilai. Ini untuk menyediakan semua bahan baku dan peralatan teknis.” .

Sementara itu, Sekretaris sekaligus Anggota Komisi Kepolisian Nasional Yenti Garnasih mengatakan, hasil pemeriksaan tertulis akan diumumkan pada 2 Agustus 2024.

Nantinya akan diumumkan bahwa calon anggota Kompolnas yang lolos tahap ini hanya 50 orang.

“Kita sudah punya programnya, saya kirimkan ke presiden dan kita semua ambil nomor 50 lalu kita ambil nomor 36. Semoga bagus, begitulah aturannya. Lalu dari nomor 36. Kita ambil 12.

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Standar) Komisi Kepolisian Nasional (Kompolri) resmi menutup pendaftaran calon anggota Kompolnas tahun 2024-2029.

Ketua Pansel Hermawan Sulistyo mengatakan, ada 137 orang yang mendaftar pada masa pendaftaran yang berlangsung 27 Juni hingga 19 Juli 2024.

“Pendaftaran calon anggota Kompolnas periode 2024-2028 ditutup pada 19 Juli 2024. Jumlah yang terdaftar sebanyak 137 orang,” kata Hermawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (20 Juli 2024).

Hermawan mengatakan, dari ratusan orang yang mendaftar, 37 orang merupakan ahli kepolisian. Sedangkan 100 orang lainnya merupakan tokoh masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya sedang melakukan seleksi administrasi terhadap 137 calon.

Kemudian akan ada tahap latihan menulis dan ujian menulis. Ini diikuti dengan fase uji medis dan psikologis.

Pengumuman hasil pemilihan administratif akan dilakukan pada 23 Juli 2024. – katanya.

Hermawan menambahkan: “Kemudian tibalah tahap penilaian dan kesempatan belajar. Calon anggota selanjutnya akan menjalani tes wawancara,” tambah Hermawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *