Profil Belgia di Euro 2024: Generasi Emas Dirombak, Isu Perselisihan Thibaut Courtois Diungkit

TRIBUNNEWS.COM – Profil Timnas Belgia di Piala Eropa 2024, upaya pelatih Dominico Tedesco merombak skuad Generasi Emas Setan Merah, julukan Belgia, dilanda perselisihan dengan kiper Real Madrid Thibaut Courtois, kaget.

Domenico Tedesco berusaha membuat gebrakan di timnas Belgia di Euro 2024.

Sang juru taktik bertaruh pada pemain muda untuk menggantikan generasi emas Belgia sebelumnya.

Belgia penuh dengan pemain hebat dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya, generasi emas yang dipimpin Eden Hazard tidak berhasil meraih gelar utama.

Domenico Tedesco yang menangani Belgia sejak 2023 lalu memutuskan untuk mempercayai pemain muda untuk meningkatkan performa tim. Bisa dikatakan keputusannya berhasil. Timnas Belgia saat sesi latihan tim di pusat latihan Royal Belgian Football Association di Tubize, Jumat 22 Maret 2024. Pada hari Sabtu, Belgia akan memainkan pertandingan persahabatan melawan Irlandia sebagai bagian dari persiapan pertandingan. Euro 2024. FOTO BELGA VIRGINIE LEFOUR (VIRGINIE LEFOUR / BELGA MAG / Belga via AFP)

Di Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2024, Belgia masih menjalani delapan laga tanpa kekalahan.

Kevin De Bruyne dan kawan-kawan mencatatkan delapan kemenangan dan dua kali imbang.

20 poin yang dikumpulkan Belgia membuat mereka mengakhiri perjalanannya sebagai juara Grup F, disusul Austria yang menempati posisi kedua.

Menariknya, mereka total menembus gawang lawan sebanyak 22 kali dan hanya kebobolan empat kali. Salah satu pemain muda di skuad Belgia adalah Jeremy Doku.

Pemain sayap klub Manchester City itu menjadi bagian dari tim yang dipilih Tedesco untuk mengikuti Euro 2024.

“Secara mental saya di sini, secara fisik saya merasa hebat dan tidak ada yang bisa menghentikan Belgia untuk memiliki Jeremy yang hebat,” kata Doku, menurut AP.

Sebagai pemain muda, Doku tidak sendirian di skuad Belgia. Pasalnya Tedesco juga menyebut nama lain seperti Johan Bakayoko, Amadou Onana, dan Lois Openda. Memicu perselisihan di skuad Belgia

Thibaut Courtois berkembang menjadi andalan di gawang Belgia dalam beberapa tahun terakhir. Namun, Tedesco tidak menyebutkan nama kiper Real Madrid untuk Euro 2024 tersebut.

Kabar Courtois tak dipanggil Euro 2024 bukan karena ia belum fit. Masih ada api antara dia dan pelatih.

Perselisihan antara kiper Real Madrid dan Tadesco berkisar pada pemilihan kapten tim.

Dalam duel Belgia kontra Austria, Kevin De Bruyne, kapten pertama Belgia, absen karena cedera. Tedesco kemudian harus menunjuk kapten baru untuk pertandingan tersebut.

Pada laga kali ini, Courtois akan memainkan pertandingannya yang ke-102 melawan Belgia dan akan menjadi simbol kesuksesan Courtois yang telah memainkan 100 pertandingan untuk timnas. Namun, Tedesco rupanya sudah memutuskan Lukaku sebagai kapten.

Hal ini disebut-sebut memicu situasi di dalam tim.

Tedesco kemudian mengatakan sudah ada pembicaraan bahwa Courtois akan menjadi kapten dalam pertandingan melawan Estonia.

Namun Courtois tidak akan datang ke Belgia lagi setelah melakukan pembicaraan dengan Tedesco di ruang ganti.

Courtois adalah salah satu generasi emas Belgia yang tersisa di skuad.  Kekalahan pasti akan menimbulkan konsekuensi negatif.

Beruntung bagi Tedesco, ada nama lain seperti Jan Vertonghen, Romelu Lukaku, dan Kevin De Bruyne.

“Anda bisa melihat para pemain muda memberi kami energi baru. “Mereka datang ke sini sekarang dengan perasaan memiliki peluang dan berjuang untuk tim nasional,” kata De Bruyne seperti dikutip Aljazeera.

Tedesco pun berhasil meyakinkan Axel Witsel untuk tidak pensiun dulu. Euro 2024 akan menjadi yang terakhir baginya untuk Belgia.

“Tidak ada keraguan bahwa dia adalah pemain berkualitas. Kami membutuhkannya, dia pemain berpengalaman, dia bisa membantu para pemain muda,” kata Tedesco tentang Witsel. Daftar pemain Belgia di Euro 2024

Kiper: Koen Casteels (Wolfsburg), Thomas Kaminski (Luton Town), Matz Sels (Nottingham Forest)

Bek: Timothy Castagne (Fulham), Zeno Debast (Anderlecht), Maxim De Cuyper (Club Brugge), Wout Faes (Leicester City), Thomas Meunier (Trabzonspor), Arthur Theate (Rennes), Jan Vertonghen (Anderlecht)

Gelandang: Kevin De Bruyne (Manchester City), Orel Mangala (Lyon), Amadou Onana (Everton), Youri Tielemans (Aston Villa), Arthur Vermeeren (Atletico Madrid), Aster Vranckx (Wolfsburg), Axel Witsel (Atletico Madrid)

Striker: Johan Bakayoko (PSV Eindhoven), Yannick Carrasco (Al Shabab), Charles De Ketelaere (Atalanta), Jeremy Doku (Manchester City), Romelu Lukaku (Roma), Dodi Lukebakio (Sevilla), Lois Openda (RB Leipzig), Leandro Trossard (Arsenal)

(TRIbunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *