Israel Siaga Tinggi di Pelabuhan dan Bandara setelah Operasi Pager Hizbullah

TRIBUNNEWS.COM – Pada Selasa (17 September 2024), Israel meningkatkan situasi keamanan setelah dugaan ledakan ribuan “pager” yang digunakan oleh Hizbullah Lebanon.

Pager adalah perangkat nirkabel kecil yang mirip dengan telepon seluler yang dapat menerima pesan dan menggunakan frekuensi radio.

The New York Times melaporkan bahwa ledakan serentak menewaskan sedikitnya 11 orang dan melukai lebih dari 3.000 orang.

Menanggapi ledakan pager Hizbullah, Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Helj Halevi bertemu dengan anggota Kepala Staf IDF untuk menilai situasi keamanan dan mendiskusikan kemampuan baik di tingkat ofensif maupun defensif.

Israel juga menghentikan operasi penerbangannya dan meningkatkan keamanan di pelabuhannya.

“Meskipun tidak ada perubahan pada arahan domestik, kami mendesak Israel untuk tetap waspada, mewaspadai perubahan kebijakan, dan segera mematuhinya,” kata juru bicara Pasukan Pertahanan Israel, Selasa (September 2024) setelah ledakan. ).

Kementerian Pertahanan Israel juga melakukan penilaian situasi keamanan bersama para pejabat senior pada hari yang sama.

Kantor Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan “menteri sedang menilai situasi operasional bersama dengan kepala staf dan pejabat keamanan senior lainnya,” namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Surat kabar Israel Israel Today melaporkan bahwa tujuan penilaian situasi yang dilakukan oleh Yoav Gallant adalah untuk membahas persiapan untuk semua skenario yang mungkin terjadi, termasuk serangan oleh Hizbullah. Hizbullah menuduh Israel berada di balik ledakan perangkat paging

Hizbullah menyalahkan Israel atas serangan itu, namun Israel belum secara resmi mengaku bertanggung jawab.

“Setelah mempertimbangkan semua fakta dan informasi yang tersedia, kami menganggap pendudukan Israel bertanggung jawab atas serangan berdosa terhadap rakyat Lebanon,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

“Musuh kita yang pengkhianat dan kriminal pasti akan menerima balasan yang adil atas agresi berdosa ini, diperhitungkan atau tidak,” lanjutnya.

Sementara itu, surat kabar Israel Walla mengakui Israel berada di balik serangan tersebut.

“Operasi pelacakan bom disetujui awal pekan ini sebagai bagian dari pembicaraan keamanan yang diadakan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan para menteri senior, ketua Dewan Keamanan dan kepala intelijen,” kata Walla. Sumber-sumber Israel mengetahui rincian kasus tersebut.

Pejabat Israel lainnya mengatakan Israel melakukan operasi tersebut untuk membuka fase baru dalam perang melawan Hizbullah, sekaligus menjaga ambang perang habis-habisan tetap rendah.

Hizbullah bergabung dengan perlawanan pada 8 Oktober 2023, menyerang sasaran militer Israel di perbatasan antara Lebanon selatan dan wilayah pendudukan Palestina di Israel utara.

Hizbullah telah bersumpah bahwa mereka tidak akan mengakhiri serangannya sampai Israel mengakhiri serangannya di Jalur Gaza, mencabut pengepungan Jalur Gaza dan menjamin kedatangan bantuan kemanusiaan ke Palestina. Korban di Jalur Gaza

Saat ini Israel terus melancarkan serangan di Jalur Gaza, dan sejak Sabtu (10 Juli 2023) hingga Rabu (18 September 2024), jumlah korban tewas warga Palestina meningkat menjadi lebih dari 41.252 orang, dan 95.497 lainnya luka-luka. Menurut kutipan dari Palestine News Network, jumlah korban tewas di wilayah Israel sebanyak 1.147 orang.

Sebelumnya, Israel menyerang Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina Hamas melancarkan Operasi Al-Aqsa pada Sabtu (10 Juli 2023) untuk melawan pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa sejak tahun 1948. Mereka mulai menembaki daerah tersebut.

Israel mengklaim Hamas menyandera 101 sandera, baik mati maupun hidup, di Jalur Gaza setelah menukar 105 sandera dan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

(Tribunnews.com/Unita Ramayanti)

Berita lainnya terkait konflik Palestina-Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *