5 Makanan Alami untuk Menurunkan Kadar Asam Urat, Termasuk Kacang Mete dan Kurma

TRIBUNNEWS.COM – Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat memicu gangguan kesehatan seperti asam urat dan batu ginjal.

Sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar asam urat dengan mengonsumsi makanan seimbang, terutama yang kaya nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Kacang merupakan sumber vitamin, mineral, dan lemak sehat yang sangat baik, yang mungkin berperan dalam menurunkan kadar asam urat.

Melansir Times of India Health Channel, berikut lima jenis kacang-kacangan yang mampu membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Ilustrasi Jambu Mete (BLODSKY)

Kacang mete mengandung lemak tak jenuh tunggal yang meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mengatur metabolisme lemak tubuh.

Metabolisme yang terkontrol dengan baik dapat membantu menyeimbangkan kadar asam urat.

Kacang mete juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi ginjal, sehingga membantu tubuh membuang kelebihan asam urat dengan lebih efisien.

Namun, karena kacang mete mengandung purin sedikit lebih banyak dibandingkan kacang lainnya, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Pistachio

Pistachio kaya akan antioksidan seperti polifenol dan flavonoid yang berperan dalam mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Stres oksidatif yang tinggi dapat meningkatkan peradangan dan kadar asam urat.

Antioksidan dalam pistachio menetralkan radikal bebas, sehingga membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan kadar asam urat tinggi.

Pistachio rendah purin, menjadikannya pilihan yang aman dan sehat bagi penderita asam urat.

Kacang Kacang (freepik.com)

Kacang kenari dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, yang memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan akibat kadar asam urat yang tinggi.

Artritis adalah gejala umum asam urat, penyakit yang berhubungan dengan peningkatan kadar asam urat.

Selain itu, kenari juga rendah purin, menjadikannya pilihan camilan yang baik bagi mereka yang ingin mengontrol kadar asam urat tanpa menumpuk lebih banyak di dalam tubuh.

Kacang almond

Almond adalah sumber serat makanan yang sangat baik, yang membantu menjaga pencernaan tetap baik dan membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari ginjal.

Almond juga kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang mendukung kesehatan jantung dan membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

Karena kacang almond rendah purin dan mendukung pencernaan yang sehat, kacang almond merupakan tambahan yang bagus untuk diet yang bertujuan menurunkan kadar asam urat.

Pedagang Kurma melayani pembeli kurma di salah satu toko kurma di Pasar Tanah Abang Jakarta pada Sabtu (30/03/2024). Menurut pedagang, penjualan kurma di awal bulan suci Ramadhan meningkat 50 persen sehingga pedagang menyiapkan stok barang dua kali lipat untuk memenuhi permintaan Ramadhan 1445 H. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kurma adalah sumber yang kaya serat makanan dan potasium, yang diperlukan untuk fungsi ginjal yang baik.

Fungsi ginjal yang optimal sangat penting dalam proses pembuangan asam urat dari darah.

Meskipun kurma memiliki rasa manis alami dan lebih tinggi gula dibandingkan kacang lainnya, kurma hampir tidak mengandung purin, menjadikannya pilihan yang aman bagi mereka yang perlu mengontrol kadar asam urat.

(TribuneHealth.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *