Tol Jogja-Solo Segmen Kartasura-Klaten Masih Gratis, Pengguna Tetap Diminta Siapkan E-Toll

 

Laporan reporter Tribunnews.com Endrapta Pramudhiaz 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) belum mengumumkan tarif Tol Solo-Jogjakarta-YIA Kulonprogo (Tol Jogja-Solo) ruas Kartasura-Klaten sejak beroperasi pada 20 September 2024. 

Meski demikian, pengguna jalan tetap perlu menggunakan kartu tol elektronik (E-Toll) saat melintasi tol. 

CEO PT JMJ Rudy Hardiansyah menjelaskan, kini ruas Kartasura-Klaten terintegrasi dengan Tol Trans Jawa dengan sistem bisnis tertutup. 

Para penumpang akan menempelkan kartu tol elektronik mereka di gerbang tol untuk membayar. 

“Kami ingatkan kepada seluruh pengguna tol untuk tetap memiliki kartu tol elektronik karena ruas Kartasura-Klaten terintegrasi langsung dengan Jalan Trans Jawa untuk pengambilan tol, sehingga pengguna jalan harus menyentuh kartu tol elektroniknya untuk menunjukkan asal muasal pintu tol tersebut.” mereka mengaku Rudy, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (10/2/2024). 

Begitu pula bagi warga sekitar yang masuk dari gerbang Tol Banyudono (GT), GT Polanharjo, dan GT Klaten. 

Untuk perjalanan keluar masuk ketiga gerbang tol tersebut, pengguna cukup mengetuk kartu tol elektronik untuk bertransaksi di gerbang tersebut.

Meski nilai tukarnya masih nol rupee, namun tetap wajib bertransaksi dengan e-card, kata Rudy. 

Dalam dua hari kerja, tepatnya Jumat hingga Sabtu (20 September 2024-21 September 2024), PT JMJ mencatatkan sebanyak 74.518 kendaraan segala jenis golongan yang memasuki tol Jalan Jogja-Solo ruas Kartasura-Klaten. 

Tol ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (19 September 2024). Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

74.518 kendaraan merupakan angka kumulatif arus (lalu lintas) dari ketiga GT yaitu GT Banyudono, GT Polanharjo dan GT Klaten.

JMJ mencatat jumlah kendaraan yang melewati setiap pintu keluar dan masuk GT.

Jumlah kendaraan yang terdaftar di pintu keluar sebanyak 38.938 kendaraan dan di pintu masuk ketiga mobil GT sebanyak 35.580 kendaraan.

Lebih spesifik, total kendaraan yang melewati pintu keluar GT Banyudono tercatat sebanyak 12.260 kendaraan.

Lalu exit GT Polanharjo sebanyak 11.263 unit dan GT Klaten sebanyak 11.724 mobil.

Sedangkan jumlah kendaraan yang tercatat di pintu masuk GT Banyudono sebanyak 14.527 kendaraan, GT Polanharjo 5.619 kendaraan, dan GT Klaten 18.792 kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *