Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 4 Halaman 10 Kurikulum Merdeka, Ayo Menulis

TRIBUNNEWS.COM – Berikut kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 4 halaman 10 Kurikulum Merdeka.

Pada soal Pendidikan Pancasila pelajaran 4 halaman 10 Kurikulum Merdeka, siswa diminta menjelaskan pendapatnya terhadap kasus yang disampaikan.

Sebelum melihat kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 4 halaman 10 Kurikulum Merdeka, siswa diharapkan mampu mengerjakan soal secara mandiri.

Tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas kesalahan kunci jawaban Pendidikan Pancasila kelas 4 halaman 10 Kurikulum Merdeka. Ayo, tulis

Tulislah pendapatmu mengenai situasi berikut ini dalam buku catatanmu!

Kasus 1

Orang tua Keyso berasal dari suku Jawa dan Manadoni. Keyso adalah seorang Kristen. Dia sudah lama tinggal di Surabaya. Namun, ia harus pindah ke Jakarta bersama orang tuanya untuk bekerja. Dia bermain dengan teman-temannya di sekitar rumahnya. Namun teman-temannya kesulitan dengan bahasa dan gaya bicara Keyso.

Jika kamu adalah temannya Keyso, apa yang akan kamu lakukan dan apa yang akan kamu lakukan?

Nerrin:

Yang perlu dilakukan Kesyo adalah beradaptasi dan belajar memahami bahasa yang sering digunakan anak-anak di sekitar rumahnya, lalu perlahan-lahan mengucapkan bahasa tersebut.

Ketika saya menjadi tim Keyso, saya akan menghormati dan belajar memahami bahasa Kesyo dan meminta Keyso menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Kasus 2

Yana berasal dari Desa Adat Cireundeu, penganut kepercayaan Sunda Wiwitan. Makanan pokoknya adalah singkong/singkong. Dia adalah sahabat Ajat yang beragama Islam dan makanan pokoknya adalah nasi. Mereka mendapat tugas dari sekolah untuk saling berkunjung ke rumah masing-masing dan saling memberi makanan. 

Apa yang harus mereka lakukan untuk memenuhi tugas sekolah mereka? (Mulai dari sikap dan perilaku saat sampai di rumah teman hingga menyajikan makanan).

Nerrin:

Yana mengunjungi rumah Ajat. Yana membawa singkong dari rumahnya untuk diberikan kepada Ajat. Dia mengetuk pintu rumah Ajat untuk melihat apakah Ajat ada di rumahnya.

Ajat membuka pintu dan mempersilahkan Yana masuk ke rumahnya. Setelah Ajat memintanya duduk, Yana dengan lembut masuk dan duduk.

Kemudian di rumah Ajat, Yana disuguhi makanan seperti nasi dan makanan ringan.

Yana dan Ajat makan bersama dan bertukar makanan.

Makanan yang dibawa Yana diberikan kepada Ajat, ia memintanya untuk mencicipi makanan tersebut.

Begitu pula Yana yang menyantap makanan yang dipersembahkan oleh Ajat.

Sebelum makan, keduanya berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

Kasus 3

Malika dan teman-temannya ingin tap dance dalam adegan karnaval sepeda yang dihias. Panitia menginformasikan bahwa sudah ada yang mengatur tariannya. Mereka benar-benar bertindak rajin. Hanya tersisa satu minggu untuk latihan menari lainnya. 

Apa yang harus dilakukan Malika dan teman-temannya?

Nerrin:

Malika dan teman-temannya segera mencari tari alternatif dan yakin akan potensi masing-masing sehingga mereka bisa belajar dan menampilkan tari lain dengan baik dalam waktu singkat.

*) Penyataan: 

– Artikel ini hanya diperuntukkan bagi orang tua untuk membimbing proses belajar anaknya.

– Sebelum melihat kunci jawaban, sebaiknya siswa memeriksa jawabannya, kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Nurkhasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *