Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 20 Kurikulum Merdeka

TRIBUUNNEWS.COM – Berikut Jawaban Belajar Mandiri Kelas 8 (PKN) Halaman 20 Belajar Mandiri.

Mata pelajaran PKN Kelas 8 Tes Kemampuan Bagian 1 berisi soal-soal tentang status dan tugas Pancasila.

Mintalah siswa mengerjakan latihan terlebih dahulu.

Jawaban ini dapat dijadikan referensi untuk homeschooling. Jawaban PKN Kelas 8 Belajar Mandiri.

1. Rita sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas menyarankan untuk mengunjungi Rita. Semua wali kelas setuju. Sepulang sekolah Mereka pergi mengunjungi rumah Rita. Mereka membawa dua kilogram jeruk sebagai oleh-oleh.

Sesampainya di rumah Rita Semua orang kemudian menuju ruang tamu rumah Rita. Tapi Sella tidak datang. Dia memutuskan untuk menunggu di balkon.

Zella jelas merasa minder saat memasuki rumah cantik Rita. Rita sering bercanda bahwa Zella adalah gadis miskin.

Jika kamu adalah ketua kelas Bagaimana cara mengundang Zella ke ruang tamu Rita? Jelaskan hakikat Pancasila terkait peristiwa ini!

Menjawab:

Sebagai ketua kelas, kamu harus selalu mengundang Sella ke ruang tamu Rita seperti teman lainnya.

Ketua kelas juga perlu menyampaikan pemahaman bahwa setiap orang setara.

Hal ini tercermin dalam Prinsip 5 yang tercermin dalam arti mengembangkan sikap positif terhadap orang lain.

2. Ruth sedang menyapu halaman sekolah, tiba-tiba Andi yang sedang berlari dan Rudi yang sedang memungut sampah melompat masuk.

Akibatnya, Rudi terjatuh dan membuang sampahnya. Sadar akan kesalahannya, Andi segera meminta maaf.

Namun, Rudi tak sekadar mau memaafkan Andi. Rudy pun memarahi Andy karena melampiaskan kekesalannya.

Jika Anda diminta untuk memperbaiki masalah ini Bagaimana cara mengatasi masalah dan mendamaikan Rudi dan Andi? Jelaskan berapa banyak kaitan Pancasila dengan fenomena tersebut!

Menjawab:

Jika Anda diminta untuk memecahkan masalah dan berdamai Sebaiknya masalah tersebut dijelaskan secara perlahan, seperti yang disampaikan oleh Andi dan Rudi pada saat pertemuan, sehingga menyebabkan sampah yang dibersihkan Rudi kembali berserakan.

Dan Anda bisa memberikan pengertian kepada Andi agar kedepannya dia lebih berhati-hati dan tidak mengulangi kesalahannya.

Kemudian Anda bisa menjelaskan kepada Rudy bahwa Andi telah meminta maaf kepadanya. dan kembali saling mencintai

Hal ini tercermin pada sila kedua yang tercermin dalam makna mengenali dan merawat manusia sesuai harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Mengembangkan perasaan cinta terhadap sesama manusia, kesabaran, dan kekejaman terhadap orang lain. dan keberanian membela kebenaran dan keadilan.

3. OSIS melaksanakan kegiatan pertemuan kelas setelah penilaian akhir semester (PAS) yang diperlombakan sebanyak 5 kali.

Pada hari pertunjukan, keempat permainan telah disiapkan oleh pihak penyelenggara. Namun, ada satu orang yang merupakan pengelola permainan yang tidak ikut serta. Akibatnya, pelaksanaan pertandingan menjadi tertunda. Ketua OSIS menuding pimpinan panitia tidak melihat kelompoknya dengan baik. Jika Anda diminta untuk memperbaiki masalah ini Bagaimana Anda memecahkan masalah dan menemukan solusi terbaik? Jelaskan berapa banyak Pancasila yang terlibat dalam pekerjaan ini!

Menjawab:

Beritahu ketua OSIS tentang alasan ketidakhadiran atlet tersebut. Jika Anda hadir karena keadaan darurat Mohon minta pengertian kepada ketua OSIS karena semua orang bisa mengalami keadaan darurat. Hanya saja, jika tidak ada kekuasaan karena kemauan dan tidak ada hak, maka yang terlibat bisa dihukum.

Prinsip yang berlaku dalam situasi ini adalah Prinsip 4: Demokrasi yang berpedoman pada kebijaksanaan debat/representasi. Ketika Anda menemui suatu masalah, sebaiknya Anda mendiskusikannya dengan baik.

*Catatan : Kunci jawaban digunakan sebagai informasi edukasi bagi siswa. Jawaban-jawaban di atas dimaksudkan untuk digunakan oleh orang tua hanya untuk memandu proses belajar anaknya. sebelum melihat jawabannya Siswa harus menjawab sendiri pertanyaannya terlebih dahulu.

(Tribunnews.com/Oktavia WW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *