Zumi Zola Unggah Foto Berdua dengan Putri Zulkifli Hasan: Ajak ke Jambi Ngga Ya?

Penciptaan lapangan kerja menjadi ujian utama bagi masa jabatan ketiga Perdana Menteri India Narendra Modi. Saat ini, angkatan kerja muda di India kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Lebih dari 40% dari 1,4 miliar penduduk India saat ini berusia di bawah 25 tahun. India menyalip Tiongkok sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia pada tahun lalu.

Masalah pengangguran juga sebelumnya disebut-sebut menjadi alasan utama Modi dan pendukungnya, Partai Bharatiya Janata (BJP), tidak meraih suara mayoritas dalam pemilu India baru-baru ini. Perolehan suara BJP berada di atas ekspektasi partai.

Namun, saat mengumumkan anggaran tahun 2024 pada Selasa (23/07), pemerintah India mengakui akan mengalokasikan $24 miliar (sekitar Rp 388,8 triliun) selama lima tahun untuk meningkatkan penciptaan lapangan kerja.

“Dalam anggaran ini, kami memiliki fokus khusus pada lapangan kerja, keterampilan, usaha kecil dan kelas menengah,” kata Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman.

Menteri Keuangan Sitharaman mengumumkan dalam anggaran bahwa pemerintah akan meluncurkan skema untuk memberikan kesempatan magang kepada 10 juta pemuda di 500 perusahaan terkemuka selama lima tahun.

Namun anggaran yang dilaksanakan pemerintah langsung mendapat kritik dari Sekretaris Jenderal partai oposisi, Jairam Ramesh.

“Setelah sepuluh tahun menyangkal… pemerintah pusat akhirnya secara implisit mengakui bahwa pengangguran massal adalah krisis nasional yang memerlukan perhatian segera,” kata Ramesh.

“Sudah terlambat dan terlalu sedikit, pidato anggaran lebih fokus pada pencitraan dibandingkan tindakan nyata,” imbuhnya.

Shrijay Sheth, pendiri konsultan LegalWiz, mengatakan kepada DW bahwa ia memperkirakan “perusahaan akan menerima lebih banyak insentif untuk memilih India karena keuntungan biaya yang jelas dan akses terhadap sejumlah besar pekerja muda, serta akses istimewa ke pasar India.”

“Ini penting. Hyundai yang menginginkan IPO di India atau pembicaraan dengan Tesla untuk mendirikan manufaktur di India adalah contoh yang menunjukkan hal ini,” tambah Sheth. Krisis pengangguran di India semakin parah

Acara rekrutmen Layanan Bandara Air India di Mumbai dibatalkan minggu lalu setelah 25.000 pencari kerja muncul untuk melamar 2.220 pekerjaan pemeliharaan.

Sementara itu, pada bulan Februari, hampir 4,7 juta kandidat mengikuti ujian untuk merekrut sekitar 60.000 petugas polisi di negara bagian Uttar Pradesh di utara.

Hal ini bukanlah suatu kejadian yang tidak biasa karena India sedang menghadapi krisis pengangguran yang semakin parah.

“Pemerintah dan seluruh lembaganya tetap teguh menolak adanya pengangguran,” kata ekonom Arun Kumar kepada DW. “Semua laporan dan data di lapangan menunjukkan bahwa pengangguran merupakan masalah besar, karena generasi muda sulit mendapatkan pekerjaan,” tambahnya.

Tingkat pengangguran India telah mencapai 9,2% pada Juni 2024, meningkat tajam dari 7% pada Mei tahun ini, menurut data terbaru dari Pusat Pemantauan Perekonomian India (CMIE), sebuah lembaga pemikir independen.

“Semua ini bertentangan dengan narasi resmi [pemerintah] mengenai penciptaan lapangan kerja secara besar-besaran. Mengapa mereka tidak menyadari masalah ini dan mengambil tindakan, mengapa kekecewaan di kalangan generasi muda tidak meledak?” Kumar menambahkan. Pertumbuhan ekonomi tidak menghasilkan penciptaan lapangan kerja

Setelah pertumbuhan sebesar 8,2% pada tahun fiskal sebelumnya yang berakhir pada bulan Maret 2024, pemerintah India memperkirakan pertumbuhan PDB antara 6,5% dan 7% untuk tahun fiskal 2024.

Meskipun angkanya tinggi, India sedang berjuang untuk menciptakan lapangan kerja yang cukup bagi jutaan generasi muda yang memasuki pasar tenaga kerja setiap tahunnya.

Ekonom pembangunan Santosh Mehrotra mengatakan kepada DW bahwa India perlu mengembangkan strategi manufaktur padat karya seperti Tiongkok.

“Di India, permintaan akan lapangan kerja hanya akan ada jika banyak faktor yang berbeda bersatu. Aktivitas konstruksi harus berlanjut dengan kecepatan yang tinggi seperti saat ini. Namun untuk satu atau dua tahun ke depan, hal ini harus dipimpin oleh investasi sektor publik karena sektor swasta masih lesu,” kata Mehrotra, seorang profesor tamu di Pusat Studi Pembangunan di Universitas Bath di Inggris.

Menurut Bank Dunia, sektor manufaktur India menyumbang 13% terhadap PDB. Di Tiongkok, manufaktur menyumbang lebih dari seperempat PDB.

Menhrotra menambahkan, produksi usaha kecil dan menengah (UKM) padat karya memerlukan dukungan berkelanjutan melalui program pengembangan yang mendukung UKM manufaktur dan program pelatihan pemuda.

“Hak untuk belajar itu penting,” tambahnya.

Lekha Chakraborty, seorang profesor di Institut Nasional Keuangan dan Kebijakan Publik, mengatakan program pelatihan adalah kunci untuk memerangi pengangguran.

“Pasar tenaga kerja bersifat dinamis dan jika kita tidak mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan yang diperlukan, maka masalah pengangguran tidak dapat diselesaikan,” katanya. Beliau juga menekankan pentingnya menjembatani kesenjangan antara pendidikan formal dan pengembangan keterampilan di sektor pertanian, industri dan jasa. Formalisasi Ekonomi di India

Sektor informal di India, yang memiliki jumlah lapangan pekerjaan terbesar, kehilangan 16 juta pekerjaan, dengan 6,3 juta usaha sektor informal tutup antara tahun fiskal 2016 dan 2023, menurut laporan lembaga pemeringkat India Ratings.

Perekonomian bayangan terdiri dari bisnis keluarga yang tidak berbadan hukum atau pekerjaan yang tidak dikenakan pajak atau diatur secara resmi, termasuk pekerja rumah tangga, pedagang kaki lima, dan jurnalis.

“Periode ini juga bertepatan dengan peningkatan formalisasi perekonomian, sehingga menghasilkan pengumpulan pajak yang kuat. Meskipun formalisasi perekonomian merupakan sebuah langkah maju, berkurangnya jejak sektor informal mempunyai implikasi terhadap penciptaan lapangan kerja,” kata Sunil Kumar. Sinha. kepala ekonom di India Ratings.

Menteri Keuangan India mengatakan pada hari Selasa (23/07) bahwa anggaran pemerintah akan menerapkan skema insentif lapangan kerja, termasuk gaji sebulan bagi pendatang baru di semua sektor formal.

Skema ini bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja di sektor manufaktur dengan mendorong lapangan kerja pertama. (rs/gtp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *