Megawati dan SBY Dipastikan Tidak Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Ini Alasannya

TRIBUNNEWS.COM – Presiden kelima dan keenam RI, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tak bisa memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri perayaan HUT RI ke-79. akan dilaksanakan di Ibukota Kepulauan (IKN).

Sementara Megawati tak bisa hadir karena akan menjadi pengamat upacara di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Ibu Mega akan memimpin Upacara Sekolah Partai ke-17, kata Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2024).

Dia mengatakan, ketidakhadiran Megawati pada perayaan HUT RI di IKN merupakan keinginan para anggota partai.

“Iya, itu permintaan dari bawah agar Erupe (Inspektur Upacara) mengarahkan Bu Mega,” jelas Dejarot.

Sementara ketidakhadiran SBY karena ada agenda lain yang sudah direncanakan.

Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthy Yudhyono (AHY) mengatakan ayahnya akan melangsungkan upacara di kampung halamannya di Pasitan, Jawa Timur.

“Beliau (SBY) sudah merencanakan kegiatannya sejak lama,” kata AHY saat ditemui usai sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, IKN, Senin (12/8/2024).

Namun AHY tidak menjelaskan secara detail konsep upacara yang akan dimasuki SBY ke Pacitan.

Lalu, saat ditanya apakah ada undangan Istana agar SBY menghadiri upacara HUT RI di IKN, AHY tak menjawab.

Sebelumnya, Istana Kerajaan mengungkapkan telah mengirimkan undangan kepada Megawati dan SBY untuk menghadiri perayaan HUT ke-79 RI di IKN.

Sekretariat Wakil Presiden Bidang Protokol, Pers dan Media, M Yusuf Permana, Tiongkok (8/8/2024) mengatakan, “Rencananya hari ini para mantan presiden dan wakil presiden akan mengirimkan undangannya secepatnya.

Usai mengirimkan undangan, Yusuf mengatakan DPR akan meminta bukti kehadiran Megawati dan SBY.

“Kami juga akan meminta atau meminta konfirmasi dia ada di sana agar kami bisa menangani situasinya,” ujarnya.

Di sisi lain, Yusuf juga mengungkapkan Megawati dan SBY pernah menyewa hotel untuk menginap di IKN.

“Mantan presiden kita juga mendesain hotel untuk IKN,” ujarnya.

Sebagai informasi, selain sang mantan presiden, upacara IKN juga akan dihadiri oleh Presiden terpilih Prabowo Subianno, para kepala lembaga pemerintah, para menteri, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, dan Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo.

Selain itu, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya, masyarakat umum sekitar IKN dan pegawai IKN juga diundang untuk menghadiri upacara di IKN.

Sementara yang diundang dalam upacara di Istana Merdeka, Jakarta antara lain Wakil Presiden Maruf Amin, mantan Wakil Presiden terpilih Jibran Rakabuming, para menteri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh agama, perwira TNI/Polar, A.S.N. , dan masyarakat setempat di Istana Merdeka, Jakarta.

Delegasi negara sahabat juga akan diundang untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

Seperti diketahui, perayaan HUT RI tahun ini akan digelar serentak di dua tempat, yakni Istana Negara IKN dan Istana Merdeka, Jakarta.

Acara di kedua lokasi akan dihubungkan melalui layar yang menampilkan acara di setiap lokasi.

“Jadi campur aduk. Kalau di Jakarta bukan sekedar nonton (detik-detik pengumuman di IKN lewat layar). Nanti juga ada live performance (siaran di IKN) di Jakarta. Jadi nendangnya juga bagus,” kata Yusuf. dikatakan .

Serangkaian kegiatan ritual juga dilakukan secara berbeda dan saling melengkapi di setiap lokasi.

Jadi kadang-kadang, misalnya acara di Jakarta, maksudnya orang-orang yang ada di IKN menontonnya lewat layar lebar. Begitu pula kalau acaranya di Istana Negara, IKN yang ada di Istana Merdeka, mereka akan menonton acara itu. layarnya,” katanya.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto/Tofik Ismail/Mario Christi Sumampow/Theresia Fellisiani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *