Surya Paloh Ingatkan Semua Pihak Hormati Perangkat Hukum Termasuk Mahkamah Konstitusi

Laporan jurnalis Tribunnews.com Mario Christian Sumampov

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengingatkan semua pihak untuk menghormati semua instrumen hukum, termasuk Mahkamah Konstitusi (MC).

Hal itu diungkapkannya dalam pidatonya pada pelantikan Pengurus DPP Garnita Malahayati di Menara NasDem, Jakarta, Rabu (21 Agustus 2024).

Surya awalnya menyebut Tanah Air memiliki potensi besar baik dari segi geografi, luas wilayah, sumber daya, dan kekayaan alam.

Namun, ia menyayangkan keadaan tidak berjalan baik karena oknum masyarakat yang tidak terbuka dan jujur.

“Tidak semua negara memiliki keunggulan seperti yang kita miliki saat ini. “Geografi, strategi, wilayah, jumlah penduduk, sumber daya, kekayaan alam – kita punya semuanya,” kata Surya Paloh.

“Tapi sayang, seribu kali lebih mahal. Andai saja kita mengenal diri kita lebih obyektif, dengan pikiran kita lebih benar, lebih terbuka, lebih jujur. “Kemajuannya bisa 10 kali lipat lebih besar dari apa yang kita capai saat ini,” lanjutnya.

Hal ini kemudian berdampak pada banyak produk hukum di Indonesia dan hal ini harus dihormati.

Surya bahkan menyebut MK Institute dalam sambutannya.

“Dalam sistem ketatanegaraan kita ada undang-undangnya. “Produk hukum ada di tingkat pengadilan, pengadilan tinggi, mahkamah agung, bahkan sekarang sudah ada Mahkamah Konstitusi,” kata pria yang juga seorang wirausaha ini.

“Jika kita tidak menghormati dan menghargai instrumen hukum tersebut. “Orang Medan ini berkata: Hajab Sirajab bin Mustajab,” imbuhnya.

Proses penghormatan ini, tegasnya, harus ditanamkan pada diri sendiri sebagai bentuk perjuangan memenuhi misi perubahan dan menjaga kewarasan.

“Ini hak dan tanggung jawab kami,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *