Jokowi akan Lantik 3 Wakil Menteri, Pengamat: Sarat Kepentingan Politik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tiga Wakil Menteri hari ini pukul 15.00 WIB, Kamis (18 Juli 2024).

Dua dari tiga calon wakil menteri merupakan politisi Gerindra.

Penunjukan ketiga wakil menteri itu sarat dengan kepentingan politik, kata pendiri lembaga penelitian KDaikopi, Hendri Satrio.

Tampaknya untuk kepentingan politik, jadi sarat dengan kepentingan politik, kata Hendry saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2024).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribunnews.com, dua dari tiga Wakil Menteri yang akan dilantik adalah Thomas Dziwandono dan Sudaryono. Thomas diangkat menjadi Wakil Menteri Keuangan II dan Sudaryono sebagai Wakil Menteri Keuangan menggantikan Harvick.

Thomas Dziwandono dan Sudaryono dikenal sebagai politikus Gerindra.

Hendry mengatakan Thomas masuk ke pemerintahan untuk menyiapkan anggaran termasuk makan gratis saat Prabowo menjadi presiden.

Kesang dan Ahmad Lutfi dekat dengan Jokowi dan digantikan Sudaryono setelah jelas-jelas tidak memimpin di Jawa Tengah, ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Presiden Jokowi akan melantik tiga Wakil Menteri siang ini.

“Hari ini tanggal 18 Juli 2024 pukul 15.00 WIB agendanya adalah pelantikan beberapa Wakil Menteri Kabinet Indonesia Reformasi di Istana Negara,” kata Ari.

Fungsi Wakil Menteri yang akan diangkat adalah Wakil Menteri Keuangan. Selain Wakil Menteri yang saat ini menjabat Swahsil Nazara, terdapat Wakil Menteri lainnya yang membantu Menteri Keuangan Pak Mulyan dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, Wakil Menteri Pertanian juga akan dilantik. Harwick Harwick Hasnul Colby akan ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pertanian.

Wakil Menteri terakhir yang dilantik adalah Wakil Menteri Investasi. Lokasi ini saat ini masih terbuka.

Untuk menyebutkan nama tunggu sampai pukul 15.00 WIB, ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh TribuneNews, dua dari tiga Wakil Menteri yang akan dilantik adalah Thomas Jiwandono dan Sudaryono. Thomas diangkat menjadi Wakil Menteri Keuangan II dan Sudaryono sebagai Wakil Menteri Keuangan menggantikan Harvick.

Thomas Dziwandono dan Sudaryono dikenal sebagai politikus Gerindra.

Sudaryono, mantan ajudan Presiden terpilih Prabowo Subianto dari Republik Indonesia, dikabarkan menjadi bagian dari Pemerintahan Indonesia Progresif (KIM).

Ia akan dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian siang ini, Kamis (18 Juli 2024) di Istana Negara.

Kabar tersebut dibenarkan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmed. Dia memastikan Sudaryono akan dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian RI hari ini.

“Iya, tadi malam saya dengar kabarnya,” kata Dasco saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2024).

Dasko memastikan keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Thomas Dziwandono, akan menjadi bagian dari Pemerintahan Progresif Indonesia (KIM).

Kemudian diangkat menjadi Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Upacara penobatan Thomas dikabarkan akan digelar siang ini, Kamis (18/7/2024) di Istana Negara Jakarta.

“Iya, tadi siang kami mendapat kabar bahwa Thomas Dziwandono akan dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan,” kata Dasco kepada wartawan, Kamis (18/07/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *