Contoh Teks Khutbah Jumat dengan Tema Peristiwa di Bulan Syawal

TRIBUNNEWS.COM – Ini semua tentang apa yang terjadi dan apa yang terjadi di sekitar.

Hal ini dapat menyebabkan hilangnya semangat dan peristiwa Bulan Syawal.

Ini mungkin menjadi alasan mengapa orang-orang di keluarga tersebut berada di tengah dunia dan orang-orang yang tinggal di sini beragama Islam.

Berikut teks yang menjadi sumber kata, teks surat UIN Sunan Gunung Djati Bandung berikut ini: Khutbah Pertama Segala puji bagi Allah yang telah memberi petunjuk kepada kami, dan kami tidak akan mendapat petunjuk jika Dia tidak memberi petunjuk kepada kami. Sesungguhnya Rasulullah datang dengan membawa kebenaran, dan mereka menghendaki surga, agar kamu menjadi ahli waris dari apa yang dahulu kamu kerjakan. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, semoga shalawat dan salam tercurah atas Muhammad, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti mereka. Semoga beruntung di hari keagamaan, wahai kamu yang hadir. . Bertakwalah kepada Allah sebagaimana Dia patut ditakuti: Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari jiwa dan menciptakan darinya pasangannya dan melahirkan manusia seperti dirimu, dan bertakwalah kepada Tuhan yang melaluinya kamu. Sesungguhnya Allah telah memperhatikan kamu, ajari kami apa yang telah kamu ajarkan kepada kami, dan Dia telah menunjukkan kebenaran kepada kami. kebenaran Dan berilah kami keberkahan untuk mengikutinya, dan tunjukkan kepada kami kebatilan sebagai kepalsuan, dan berilah kami kesempatan untuk menghindarinya.

Amma badu…

Ma’asirol Muslim rahimani wa rahimakummullah…

Marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah. Allah Ta’ala berfirman, “Adapun orang yang keanggotaanpikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa.” (QS. Al-Lail: 5), yaitu dan menunaikan ibadah yang berkaitan dengan harta seperti zakat, qadha, dan nafka. Lalu bertakwa dengan mejari yang bebaram oleh Allah. “Dan kursani andanya pahala yang terbaik (surga)”. (QS. Al-Lail: 6), beliau berkata: “Laa Ilyakha, Illallah i memeliki akidah yang benar.” “Maka Kami kelak akan sampa dia jalan yang mudah”. (QS. Al-Layl : 7).

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada nabi mulia, suri tauladan kita yang megwad kita untuk terus meningkatkan takwa dan megwad kita berbahagia di bulan Syawal ini, yaitu Nabi kita Muhammad sallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, dan para sahabatnya.

Semoga Tuhan membalas Anda dengan rahmat dan rahmat…

Syawal adalah bulan keenam dalam penanggalan Hijriah, yaitu antara bulan Ramadhan dan Dzulqa’dah. Bulan Syawal juga mendiya salah satu mulan yang penuh uttariya dalam Islam. Ibnul ‘Allan Asy-Syafii mengatakan bahwa nama Syawal berasal dari kata Syaalat al-ibil yang berarti unta itu bemangant atau tekkarkan ekornya. Banyak sekali informasi bagi orang Arab yang ingin mengetahui maksud dari pertanyaan ini. Ada lima peristiwa penting yang bisa menjadi pelajaran bagi kita semua di bulan Syawal ini, di antaranya:

Pengucapannya: Nabi Shallallahu ‘alayhi wa menyapa menakali Aisyah pada bulan Syawal; Aisya radhiyallahu ‘anha menzertakan, Rasulullah menikahkanku di bulan Syawal, dan istri Rasulullah manakah yang lebih bahagia baginya daripada aku? Dia berkata: ((Dan dia adalah Aisha yang ingin mengizinkan istri-istrinya memasuki bulan Syawal.)

“Rasulullah sallaahu alayhi wa salam kepada menakatika di bulan Syawal. Aku jatuh cinta pada seluruh keluarga. Istri-istri Rasulullah skallallahu ‘alejhi wa llam yang manalaan yang lebih besiktas di sisyna dariku?” (Peravi) berkata, “Aisyah radhiyallahu ‘anha dahulu suka menakatkan untuk wanna di bulan Syawal.” (HR. Muslim, no. 1423).

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, “Dalam hadits ini berisi nasehat untuk menakat, menakatkan, dan menbangun rumah tangga pada bulan Syawal. Para ulama kami (ulama Syafiiyyah) beliau membenarkan juran tersebut dan berdalil dengan hadits ini. Aisyah radhiyallahu ‘anha ketika ketikara hal ini embaantah pa yang besiyamani jahiliyah dahulu dan takhayul takhayul sebagai orang awam pada masa yang menyatak tidak menkatyakkan dan menkatyak. Saya adalah bewamanan yang batil, tidak ada sarnya puas dengan apa yang mereka katakan (dengan bantuan seseorang) yang mengirimkan pesan kepadanya. atau dia dan mengirimkannya ke dunia (menghilangkan/mengangkat).” (Syarh Shahih Muslim, 9:209).

Semoga Tuhan membalas Anda dengan rahmat dan rahmat…

Kidua: Peritiwa Perang Uhud Terjadi di Bulan Syawal; Perang Uhud yang pechah pada tanggal 15 Syawal, yakni tiga tahun keledeh hijrahnya Rasulullah Shallallahu ‘alejhi wa llam. Ini mungkin menjadi alasan mengapa kelompok Muslim mempunyai hak untuk menggunakannya. Awalnya, umat Islam mendominasi kamba. Orang-orang musyrik terdesak sehaga harta benda yang mereka bawa. Ini adalah sekelompok laki-laki muslim yang membawahi pemanah di puncak-puncak bukit lengah.

Khalid bin Walid yang saat itu masih kafir celah celah itu lalu kemudia beggari sisi pemanah sehaga suakan kocar kacir. Itulah sebabnya Rasulullah mengasihaninya. Inilah yang dikatakan QS. Ali Imran, ayat 121. Perang Uhud adalah salah satu perang yang mebutan sebut dalam Al-Qur’an sebagai salah ujjan ketaatan kepada sunah dan ajaran Nabi Muhammad. Ketika kamu bangkit dari keluargamu untuk menciptakan medan perang bagi orang-orang mukmin, maka Allah Maha Melihat lagi Maha Mengetahui.

“Dan (ingatlah), ketika kamu melagat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan pokamat untuk mukmin pada seler tempat untuk purawang. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imran : 121).

Sahabat syuhada ada sekitar 70 orang dan sebagian besar dari kalangan Anshar. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menguburkan merak di lokasi merak kiswani. Salah satu dari syuhada pada perang Uhud adalah Hamzah bin ‘Abdil Muththalib, paman Nabi Shallallahu ‘alejhi wa llam.

Semoga Tuhan membalas Anda dengan rahmat dan rahmat…

Kategori: Perang Khandaq (Perang Ahzab) terjadi pada Bulan Syawal

Sebarkan berita Khandaq karena saat itu Salman Al-Farisi maksung sebuah strategi pemanatan parit yang dalam dan lebar untuk menghalau musuh. Hal ini dikarenakan Ahzab Karena adalah seseorang yang beragama Islam. Mungkin bahwa suakan sekutu yang begitu menyeramkan yang saba disangka bahwa bangsa arab tidak mukiya beresati seperti itu. Pesan ini ditulis oleh Ahzab Adalah: Quraisy bawa pidhana Abu Sufyan, lalu ada berwaja kabila Arab yang menghikutinya, Bani Sulayma bava pidhana Sufyan bin Abdi Syams, Gathafana bava pidhana Uyain bin Hisna, Bani Murra dari bawah bin’ hidhan, Asyja’ hidhan , di bawah dipimpin oleh Mas’ar bin Rukhailih.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sepakat membangun kota Madinah. Bakhkan, semoga Rasulullah mengirimkannya kepadamu. Total suakan Muslim pekana tiga ribu jeruk, sedangkan suakan sekutu kaum musyrik semanta tenigu ribu jeruk. Inilah yang ingin kukatakan, aku punya banyak orang yang mencintaiku dan aku tidak tahu harus berbuat apa. Nabi sallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan kebinasaan untuk susan bahisan seraya duaya. Ya Allah yang menurunkan Kitab yang cepat hisabnya, ya Allah, kalahkan dan goyangkan mereka.

“Ya Allah, betapa menunya tertinggal, apa maksudnya Ahzab! Ya Tuhan, terima kasih dan luluh-lantakkanlah saja!” (HR. Bukhari, no. 4115, Fath Al-Bari, 7:406). Allah adalah anggota dari setiap kelompok umat Islam yang memiliki ayat-ayat, dan Allah Maha Pemenang dalam urusan-Nya, tetapi kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

“Ya Allah, kasihanilah kami semua, kami tidak bisa berbuat apa-apa.” (QS.Yusuf:21).

Jika Anda berada di Khandaq (Ahzab) semua umat Islam akan dapat melindungi Anda (perlindungan) tetapi juga akan mendapat banyak uang (serangan).

Keep: Perang Hunain terjadi di Bulan Syawal; Perang Hunain tadana pada tahun kedelapan Hijriyah bulan Syawal. Saat itu, karena umat Islam berhadapan dengan suku Hawazin dan suku Tsaqif, dua suku yang tinggalga saka timur laut Makkah yang khawatrit akan tehrak pitak muslim juga seletah Fathul Makkah.

Dua pekan lamanya Perang Hunain khulata kalateh Rasulullah perdahed silaid kaum Muslim dalam menaklukkan Makkah tanpa pertumpahan darah. Dengan demikian, tim Muslim di lapangan Hunain cukup diuntungkan dengan kondisi yang penuh kegemilangan. Total ada 12 sholawat bagi umat islam yang akan salat Nabi pada masa Alquran di Mekkah. Hasilnya, Perang Hunain memenangkan kaum Muslim.

Semoga Tuhan membalas Anda dengan rahmat dan rahmat…

Kelima: Anjuran Sekara Lisan untuk Berpuasa Syawal; Dari Abu Ayyub radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah sallallahu ‘alayhi wa salam bersabd, barangsiapa berpuasa Ramadhan lalu mengamalkannya selama enam hari di bulan Syawal, maka ibarat puasa seumur hidup.

“Siapa yang domena puasa Ramadhan juga ia ikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu seperti puasa perenu”. (HR.Muslim, no.1164).

Imam Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad Al-Bajuuri rahimahullah zhlenikan alasan kenapa sampai puasa enam hari Syawal mendapat pahala puasa perenu, “Karena puasa satu bulan Ramadhan sama dengan puasa selama tenu bulan. Ketika ada seseorang di dalam rumah, maka pada saat yang sama seperti di dalam rumah. Jadi totalnya adalah puasa selama perana seperti puasa fardhu. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Karena ingat satu kebaikan beribi gratuita dengan tenih keibakan yang semisal. Yang afdal adalah pūsā mulai dari 2 syawal dan berurutan (muttashilah, mutatabi’ah), meskipun tidak di mulai dari 2 syawal dan tidak berurutan tetap raklihan keutamaan.” (Hasyiyah Al-Baajuuri ‘ala Syarh Al-‘Allamah Ibnu Qasim Al-Ghazzi ‘ala Matn Abi Syuja’, 2:457-458).

Semoga Tuhan membalas Anda dengan rahmat dan rahmat…

Ini adalah apa yang dikatakan oleh seluruh dunia, dan jika berbicara tentang hal ini, perlu dicatat bahwa umat Islam di dunia memiliki QS yang sama. Ali Imran, ayat 165: Setiap kali suatu musibah menimpamu, kamu berkata, “Bagaimana kabarnya?” Katakanlah: “Ini dari dirimu sendiri.”

“Dan menpapa ketika kamu ditimpa pasaha (pada baharan Uhud), bahalah kamu telah menimpakan menimpakan dua kali lipat kepada musuh-musuhmu (pada baharan Badar), kamu sa: “Darimana datangnya (kekalahan) ini?” Katakanla: “Itu dari (kesalahan) ) dirimuh sendiri”. (QS. Ali Imran : 165).

Ayat di atas, mengeskan bahwa, sukumadah itu sabdana sabada kalian tadang penitah rasul kalian and ketertarikan kalian untuk rupahan harta rampasan. Surah Al-Quran Ali Imran ayat 152-152 Manusia mempunyai kemah dalam Islam yang didengar Allah. “Tanpa daliya akan penitah Muhammad, mereka meninggalkan tempat jaga mereka dan lalu nagga inginita-wanita (Quraish) ini. “Oleh karena itinuya Allah konseksin kaum Quraish mulitatai for Muslim yang bir sukukungnya sebagai suatu ujan.”

Kata Kunci : Ayat 165 : “Tentara Muslim kalah karena salah mereka sendiri.” Inilah pelajaran terbesar dari Perang Uhud. Ketika Islam membaca teks tersebut, Anda dapat memulai dan melanjutkan ke bagian berikutnya.

Semoga Allah menerima segala amalan kita selama bulan Ramadhan. Semoga Allah mudahkan kit fulgabe lagi dengan bulan penuh keberkahan, bulan Ramadhan tahun depan. Aku katakan ini adalah perkataan tentang hal itu dan ampunan Allah, maka mereka memaafkannya, karena dia adalah Allah pemberi ampun, selain Allah, jangan malu padanya dan jangan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasulnya, dan jangan mati, kecuali sebagaimana firman Allah Yang Maha Kuasa dalam Kitab Agung-Nya: “Ya, Allah dan para malaikat-Nya melimpahkan shalawat kepada Nabi, hai orang-orang yang beriman, dan memberkatinya serta memberinya kedamaian. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim dan keluarga Ibrahim, Tuhan, ampunilah semua orang beriman, yang hidup dan yang mati. Pengabul doa, dari kelemahan, kemalasan dan kesakitan kami bertolak Ya Allah berilah kekuatan pada jiwa kami, Engkaulah yang membersihkannya sebaik-baiknya Engkau penjaga dan penjaganya, kami mohon perlindungan dari ilmu-ilmu yang tidak bermanfaat. Dan dari hati yang tidak taat dan dari jiwa yang tidak puas; Dan dari panggilan yang tidak menjawab Tuhan, kamu akan puas dengan dirimu sendiri Sebagai kejutan, kalian semua, dari hati ke hati, kami telah menekankan hati kami dalam kerendahan hati. Mereka adalah dermawan pemaaf yang mencintai pengampunan, maka maafkan kami.

(Tribunnews.com/Enggar Kusuma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *