OPD Didorong Gunakan Platform Digital dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkup Pemda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Organisasi Kantor Wilayah (OPD) diimbau menggunakan platform digital dalam setiap kegiatan lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah. Tujuannya untuk menciptakan transparansi dan efisiensi dalam proses pengadaan.

Oleh karena itu, pendidikan dan pelatihan pengadaan barang dan jasa melalui digital terus dilakukan di kalangan OPD, termasuk melalui pemberian bimbingan teknis atau bimtek.

“Tentunya hal ini sangat penting, karena melalui kegiatan seperti ini kita dapat menciptakan kesatuan pemahaman antara penyedia dan petugas pengadaan terkait proses pembelian barang dan jasa,” ujar Kepala LKPP RI Hendrar Prihadi saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis. Katalog Elektronik BIMTEK V6. 0″ dikunjungi kurang lebih 250 pejabat daerah dari kementerian, lembaga, dan instansi di Provinsi DKI Jakarta.

Hendrar mengatakan LKPP akan terus berupaya mengembangkan sistem dan platform terbaik dalam rangka pengadaan barang dan jasa yang transparan, efisien, dan produktif. “Pastinya dengan mengedepankan produk lokal, juga mendukung usaha mikro, kecil, dan koperasi,” kata Ketua LKPP.

Pada kegiatan ini materi bimbingan teknis e-katalog versi terbaru dikirimkan oleh Yulianto Prihandoyo, ST., MT, Direktur Pasar Pengadaan Digital.

Seperti halnya kegiatan bimtek di kota lain, Yulianto menekankan pentingnya perangkat daerah untuk mewaspadai kebijakan yang ada dan selalu mengoptimalkan transparansi dalam seluruh kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Beliau sangat mengapresiasi peserta yang cukup aktif dan kritis dalam sesi tanya jawab. Mereka juga mengapresiasi peran Ayooklik Airmas karena cukup memberikan kesempatan pembelajaran interaktif dalam konteks pembelian barang dan jasa.

“Tentunya acara seperti ini sangat membantu LKPP, karena bisa langsung memberitahukan kepada pejabat pengadaan kementerian, lembaga, dan lembaga agar pemahaman yang didapat sama,” ujarnya pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Kegiatan manajemen teknis ini juga ditandai dengan presentasi berbagai barang dan jasa dari beberapa perusahaan yang produknya termasuk dalam katalog elektronik pembelian barang dan jasa, seperti Magnustek, Panasonic, Cobasstore, ATOZ, Asus, Acer, Axioo. , HP, EPSON, Zyrex, Indovisual, Maleo, Surya Mandiri Solusindo, AyooMall, Kings Travel dan Dragon.

Beberapa peserta berharap agar Bimtek E-Catalogue V6.0 dapat diadakan rutin setiap tahunnya agar pengajarannya terus terupdate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *