Netanyahu Jawab Ancaman Iran: Kami Siap Hadapi Skenario Apapun, Ofensif Maupun Defensif

TRIBUNNEWS.COM, ISRAEL – Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya siap menghadapi apa pun dan akan merespons dengan tegas jika Iran menyerang.

“Kami siap menghadapi situasi apa pun, secara ofensif atau defensif,” kata Netanyahu pada Minggu (8/4/2024), membuka pertemuan mingguan pemerintah di Kantor Perdana Menteri di Yerusalem.

Iran mengancam akan menyerang Israel setelah pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada hari Selasa, dan kematian pemimpin Hizbullah Fuad Shukr di Beirut.

Israel mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Shuk, namun tidak mengatakan apa pun secara resmi tentang Haniyeh, yang dibunuh oleh Israel.

“Negara Israel sedang memerangi poros kejahatan di Iran,” kata Netanyahu seperti dikutip Times of Israel.

“Kami menyerang setiap lengannya dengan kekuatan besar.”

“Saya mengatakan ini kepada musuh-musuh kami. Kami akan membalas dan menuntut akibat yang besar atas setiap tindakan kekerasan terhadap kami, dari pihak mana pun,” kata Netanyahu. Baca juga: Shin Bet Siapkan Bunker Rahasia Netanyahu di Tengah Ancaman Perang Iran Menlu AS: Serangan dalam Waktu Dekat.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan kepada sesama anggota negara-negara G7 bahwa Washington yakin serangan Israel terhadap Iran dapat dimulai dalam 24 hingga 48 jam ke depan, lapor Axios, mengutip sumber yang terlibat dalam pertemuan para menteri -G7.

Menurut laporan tersebut, Blinken berbicara dengan rekan-rekannya di tengah upaya AS untuk mengakhiri ketegangan di kawasan dan mencegah perang.

AS percaya bahwa serangan terhadap Iran tidak bisa dihindari setelah pembunuhan pejabat tinggi Hizbullah dan Hamas pekan lalu.

Blinken mengatakan dalam panggilan telepon bahwa memaksa Teheran mengurangi agresinya adalah cara terbaik untuk mencegah perang di kawasan.

Blinken mengatakan AS tidak mengetahui waktu pasti rencana serangan terhadap Iran, tambah Axios, tetapi yakin serangan itu bisa dimulai secepatnya pada hari Senin. IDF dalam keadaan siaga tinggi

Badan keamanan Israel di bawah IDF sangat waspada terhadap respons Iran, yang dapat diprediksi dari berbagai arah.

Beberapa jam setelah komentar Netanyahu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan Israel “sepenuhnya siap” dan siap merespons dengan cepat terhadap serangan apa pun.

“Kami sudah mempersiapkan diri dengan baik dalam bertahan, baik di darat maupun di udara, dan kami siap bergerak cepat untuk menyerang atau merespons,” ujarnya saat berkunjung ke Divisi Teknologi Darat IDF.

“Kami akan menuntut harga dari musuh, seperti yang kami lakukan beberapa hari lalu. Jika mereka berani menyerang kami, mereka akan membayar mahal.” AS siap membela Israel

Amerika Serikat (AS) telah memindahkan kapal induk ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ancaman untuk membunuh dua komandan Hizbullah di Beirut, Fuad Shukr, dan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

The Jerusalem Post mengatakan AS siap membela Israel seperti yang dilakukannya ketika Iran menyerang pada malam 13 April.

AS memimpin koalisi lima pasukan darat yang menembakkan 300 rudal dan drone ke langit Israel.

“Amerika Serikat sedang bersiap menghadapi semua hal yang akan terjadi, seperti yang kami lakukan hingga 13 April, ketika Iran menyerang Israel, dan Amerika Serikat serta koalisi sekutu dan mitra kami bekerja sama dengan Israel untuk mengalahkan serangan itu,” kata dia. Penasihat Keamanan Nasional AS. seorang konselor. Jonathan Finer mengatakan kepada ABC Minggu Ini.

“Pentagon memindahkan pasokan penting ke wilayah tersebut untuk mempersiapkan kebutuhan lain guna melindungi Israel dari serangan,” katanya.

“AS juga bekerja sangat keras untuk meredakan situasi ini secara politik,” tambahnya.

“Karena menurut kami perang di kawasan ini tidak akan membantu siapa pun saat ini, dan itulah yang kami coba hindari sejak 7 Oktober.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *