Telkom Pastikan Kesiapan Infrastruktur dan Layanan Telekomunikasi Jelang HUT RI ke-79 di IKN

TRIBUNNEWS.COM – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom ) siap menjalani uji coba (gladi) yang akan digelar di Balikpapan pada Rabu (17/7) pukul kerja. Rangkaian ini diawali dengan uji coba rehearsal yang meliputi pengujian transmisi dan layanan, pengujian daya, serta pengujian jaringan Telkomsel secara live.

Tim uji coba dipimpin langsung oleh Harlan Wijnarko, Direktur Jaringan dan Solusi IT Telkom Indonesia, serta pimpinan senior Telkom Group. Acara tersebut dihadiri oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Direktur Jenderal Teknologi Informasi (PPI) Wayan Toney, pejabat Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Wakil Perwakilan Pengendalian Pembangunan OIKNK Thomas Ambopati Tina. Karyawan Bolodi dan OIKNK.

Harlan Wijnarko, Direktur Solusi Jaringan dan TI Telkom Indonesia, mengatakan: “Telkom telah membangun infrastruktur jaringan untuk mendukung IKN dan baru saja akan diluncurkan. Kami berkomitmen untuk kehadiran IKN di ibu kota negara. Kami akan terus mendukung penuh pembangunan.

Secara keseluruhan, IKN memiliki kapasitas, keragaman dan keamanan jaringan terbaik dan terbaik di seluruh infrastruktur dan layanan TelkomGroup. Infrastruktur dan layanan meliputi jaringan berkapasitas 200 Gbps yang terhubung ke 2 gerbang internasional (Batom dan Manado) melalui 3 jalur (Batu Ampar, Sepako dan Labangka), 23 pusat data dan 1 pencarian hyperscale center (HDC); Termasuk 6 jalur masuk/keluar. Titik pendaratan sistem kabel bawah laut di 3 lokasi (Takisung, Sei Kakap dan Sangatta) Firewall generasi berikutnya dan bentuk perlindungan DDoS.

Lebih lanjut Harlan menambahkan: “Alhamdulillah, rehearsal test berjalan dengan baik, membuktikan kehandalan infrastruktur dan layanan yang diberikan Telkom telah teruji terhadap potensi gangguan, khususnya putusnya koneksi sukses terselenggara hingga HUT ke-79 Berdirinya Negara Republik Indonesia (NSOC). Pemeliharaan dan pemantauan kualitas jaringan akan diperkuat oleh posko TelkomGroup pada 17 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (PPI) Wayan Toni menyampaikan apresiasi atas semangat dan dukungan Telkom dalam memberikan IKN infrastruktur dan layanan telekomunikasi terbaik. Kementerian Komunikasi dan Informatika juga berharap Telkom terus menjaga kualitas layanan telekomunikasi, terutama menjelang HUT ke-79 Republik Indonesia mendatang dan tuntutan layanan digital dan smart city di masa depan.

Kehadiran Telkom di IKN diharapkan dapat memperkuat konektivitas digital dan menjadikan IKN sebagai kota teknologi, informasi, dan komunikasi kelas dunia. IKN Telkom juga memastikan tersedianya beberapa jaringan telekomunikasi fiber optik di Kawasan Inti Pemerintahan Pusat (KIPP) yang mencakup 28 lokasi utama. Uji coba juga dilakukan di 5 lokasi utama yaitu Hotel Nusantara, Event Square, Istana Kepresidenan IKN, Landing Building Kantor Kementerian dan Telkom Smart Office (TSO).

#tingkatkan masa depanmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *