Jankle Fox hingga P23 Tiger Kopassus Ramaikan Defile Alutsista TNI AD di HUT Ke-79 TNI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Deretan Peralatan Pertahanan Kopasos dari jajaran TNI Angkatan Darat di Lapangan Perayaan HUT TNI ke-79 di Lapangan Lintas Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024) Pawai sudah dimulai. ).

Jajarannya mencakup beberapa sepeda motor listrik dan 10 unit Kopassos ATAV.

Di bawah ini adalah Kendaraan Taktis Junkel Fox, SOTM (Satellites in Motion, ILSV) (Kendaraan Ringan Indonesia) dan tangga Dmax yang tampak menakutkan.

Kemudian terlihat RHIB yang merupakan kapal motor cepat.

Kemudian rombongan Innova, Komodo dan Kopassus Komob juga diobservasi dan tiga unit P2 Tiger ditutup.

Selain itu, kendaraan tempur lapis baja yang terdiri dari Anoa APC dan Anoa Morse dilengkapi dengan sistem mortir terintegrasi.

Panzer Pandor juga digunakan oleh infanteri di Garis Kustrad. 

Pada fase selanjutnya muncul kendaraan tempur kavaleri, antara lain meriam Panzer V-150 yang terintegrasi dengan kendaraan tak berawak dan dilengkapi senjata anti drone. 

Kerang Badak juga banyak terlihat di tangan masyarakat. Masyarakat berinteraksi langsung dengan prajurit TNI saat HUT TNI ke-79 di Lapangan Lintas Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Tribunnews.com/Geeta Erwan)

Selain itu, delapan unit tank “Harimau” ditugaskan untuk melakukan operasi tempur.

Lalu ada unit tank killer, unit tank lapis baja, dan unit tank engineer lapis baja.

Tak ketinggalan tank Leopard 2 RI, kavaleri andalan Divisi Infanteri 1 Kostrad, dan 6 unit tank Scorpion.

Tak mau kalah, satuan bersenjata Kustrad juga mencakup enam senjata Caesar 155 mm, satu peluncur roket Astros, dan dua senjata GS 155 mm.

Sementara Arkhanud memperkenalkan LML (Lightweight Multiple Launcher) TNI AD dan RapidRanger Multi Mission System (RapidRanger MMS) yang dilengkapi dengan sistem peluncuran rudal Starstrike.

Rudal ATLAS Mistral dan kendaraan tempur multiguna juga terlihat kemudian.

Selain itu, Mobile Radar CM200/Shikra dan MCP (Pos Koordinasi Mistral) Arganod juga diperkenalkan bersama dengan Unit Pemurnian Air, Unit Diakon Nobica (Nuklir, Biologi, Kimia) dan Unit Probe Nobica. 

Terlihat juga Spider Ekskavator yang digunakan untuk penggalian dan konstruksi di medan kasar bersama dengan Unit Pontoon Amfibi M3I, Unit Triva, dan Unit Fawn Tracav.

Nanti juga terlihat Monob Hobad, Kumob Hobad, SOTM Hobad, ECS Hobad dan Jamar Hobad.

Disusul kendaraan ambulans dan logistik, kendaraan medis lapangan, dan kendaraan dapur lapangan yang melekat pada unit RHIB, jet ski, dan perahu rawa.

Kepala Pusat Penerangan TNI (Capspin) Mayjen TNI Hariantha mengatakan, sekitar 100.000 prajurit TNI selaku prajurit dinas beserta seluruh pendukungnya mengikuti perayaan HUT TNI ke-79.

Selain itu, kata Hariyanta, TNI juga mengerahkan 1.059 unit alutsista pada gelaran TNI Grand Festival tersebut.

Dalam latihan bersih-bersih kedua HUT TNI ke-79 di Lapangan Lintas Monas, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024), Hariyanutu mengatakan, “Kami telah mengerahkan alutsista sebanyak 1.059 alutsista.

“Ulang tahun hari ini luar biasa, jumlah personel, jumlah alutsista, dan aksi-aksi yang dikerahkan agar masyarakat bisa melihat bahwa ini adalah TNI. Peruntukannya untuk pemeliharaan,” lanjut Hariyanta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *