Rangkuman Sejarah Konflik antara Hizbullah dan Israel

TRIBUNNEWS.COM – Berikut kisah konflik Israel-Hizbullah yang dihimpun Tribunnews.com dari berbagai sumber.

Konflik antara Israel dan Hizbullah bukanlah hal baru, namun telah berlangsung hampir setengah abad.

Hizbullah telah berselisih dengan Israel selama hampir satu tahun, sejak 8 Oktober, ketika kelompok tersebut mulai berjuang untuk menghentikan perang Israel di Gaza yang telah menewaskan sedikitnya 41.000 orang.

Faktanya, pada Selasa (17/2024), sepekan lalu, sekitar 2.800 orang di Lebanon terluka akibat peralatan listrik mereka meledak.

Selengkapnya, simak kronologi konflik Israel-Hizbullah di artikel ini. 1982 – Awal dan mapan

Israel menginvasi Lebanon pada bulan Juni 1982, seolah-olah sebagai respons terhadap serangan PLO dari Lebanon selatan.

Sementara itu, perang saudara di Lebanon telah berkecamuk selama tujuh tahun.

Berharap untuk membentuk pemerintahan yang bersahabat di Lebanon, Israel bergerak ke selatan dan mencapai Beirut barat, tempat basis PLO, yang kemudian ditutup.

Setelah perjanjian tersebut, PLO berangkat ke Tunisia, namun tentara Israel tetap berada di Lebanon, mendukung perwakilan lokal dalam perang saudara dan berkontribusi terhadap pembantaian Sabra dan Shatila.

Pasukan sayap kanan Lebanon, bekerja sama dengan pasukan Israel, membunuh antara 2.000 hingga 3.500 pengungsi Palestina dan warga sipil Lebanon dalam dua hari.

Beberapa kelompok di Lebanon telah terbentuk untuk melawan invasi tersebut, salah satunya berasal dari komunitas Muslim Syiah, kelompok yang relatif tenang.

Hizbullah adalah gagasan para pemimpin Muslim yang diduga didukung oleh Iran dan diberi kekuatan untuk mengusir Israel.

Didukung oleh kaum muda dan kelompok yang tidak terpengaruh di Lembah Bekaa dan pinggiran selatan Beirut – daerah marginal dengan populasi dominan Syiah – Hizbullah telah menjadi kekuatan besar di Lebanon. 1983 – Pemogokan

Antara tahun 1982 dan 1986, banyak serangan terhadap pasukan asing dilakukan dan diklaim oleh berbagai kelompok, namun banyak yang menyalahkan Hizbullah.

Pada tanggal 23 Oktober 1983, pemboman beberapa bangunan di kota Beirut menewaskan lebih dari 300 penjaga perdamaian Perancis dan Amerika.

Kelompok Jihad Islam, yang diyakini banyak orang sebagai kedok Hizbullah, mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. 1985 – Pertumbuhan Hizbullah

Pada tahun 1985, kekuatan tempur Hizbullah telah berkembang hingga mereka, bersama dengan kelompok sekutunya, mampu memaksa tentara Israel mundur ke Sungai Litani di selatan.

Israel telah mendeklarasikan apa yang mereka sebut sebagai “zona keamanan” di sepanjang perbatasan antara Lebanon dan Israel.

Yang mengawasi zona keamanan adalah Tentara Lebanon Selatan (SLA) yang dikuasai Kristen, yang sering dilaporkan sebagai kekuatan proksi Israel yang terus mendukung pendudukan Lebanon selatan hingga Israel mencabut pendudukannya pada tahun 2000. 1992 – Politik

Pada tahun 1992, setelah berakhirnya Perang Lebanon (1975-1992), Hizbullah memasuki dunia politik, memenangkan delapan kursi di parlemen Lebanon yang beranggotakan 128 orang.

Kursi Hizbullah bertambah, dan kelompok tersebut serta sekutunya kini memiliki 62 kursi di parlemen.

Ia juga menyediakan layanan sosial di wilayah yang paling berkuasa, sehingga meningkatkan pengaruhnya. 1993 – Perang Tujuh Hari

Pada bulan Juli 1993, Israel menyerang Lebanon dalam apa yang disebut “Operasi Akuntabilitas”, yang dikenal sebagai Perang Tujuh Hari di Lebanon.

Serangan itu terjadi setelah Hizbullah membalas serangan Israel terhadap pengungsi dan desa-desa di Lebanon dengan menyerang Israel utara sehingga menimbulkan korban jiwa.

Konflik tersebut menewaskan 118 warga Lebanon dan melukai 500 lainnya serta menghancurkan ribuan rumah. 1996 – April dan kekerasan di Kana

Tiga tahun kemudian, pada 11 April 1996, Israel mengumumkan serangan selama 17 hari untuk memaksa Hizbullah menyeberangi Sungai Litani dan menarik diri dari banyak sasaran Israel.

Apa yang disebut oleh orang Lebanon sebagai Hari April Mop oleh Israel dijuluki sebagai “Operasi Anggur Kemarahan”, mengacu pada novel tahun 1939 karya penulis Amerika John Steinbeck.

Ada banyak korban sipil dan militer di kedua sisi, dan infrastruktur Lebanon hancur.

Pada tanggal 18 April, Israel menyerang kamp PBB di dekat desa Qana di Lebanon selatan – sekitar 800 pengungsi pindah ke sana.

Serangan ini menewaskan 106 warga sipil, termasuk sedikitnya 37 anak-anak, dan melukai sekitar 116 orang.

Empat tentara Fiji yang ditugaskan sementara di pasukan penjaga perdamaian PBB juga terluka parah. 2006 – Perang Juli

Pada tahun 2006, beroperasi di wilayah Israel, Hizbullah membunuh tiga tentara Israel, Wasim Nazal, Eyal Benin, dan Shani Turgeman, serta menangkap dua pria, Ehud “Udi” Goldwasser dan Eldad Regev.

Hizbullah menuntut pembebasan tahanan Lebanon dengan imbalan tentara Israel.

Akhirnya, jenazah Goldwasser dan Regev dikembalikan dua tahun kemudian dengan imbalan lima tahanan Lebanon.

Belakangan bulan itu, Perang Juli pecah, yang berlangsung selama 34 hari.

Sekitar 1.200 warga Lebanon tewas dan 4.400 lainnya luka-luka, sebagian besar warga sipil.

Sementara itu, Israel melaporkan 158 orang tewas, sebagian besar tentara. 2009 – Manifesto yang Diperbarui

Pada tahun 2009, sambil tetap mempertahankan sikap oposisinya terhadap Israel dan terus mendukung Iran, Hizbullah merevisi manifestonya, berjanji untuk berintegrasi ke dalam pemerintahan yang mewakili persatuan nasional dan bukan kepentingan sektarian.

 Ini merupakan penerbitan keduanya setelah Surat Terbuka tahun 1985, yang mempunyai tujuan berbeda.

Manifesto tahun 2009 menegaskan gagasan menyerang Israel sekaligus menunjukkan bagaimana Hizbullah ada di seluruh Lebanon. 2012 – Perang di Suriah

Hizbullah memasuki perang di Suriah untuk mendukung pemerintah di Damaskus pada tahun 2012, sebuah tindakan yang dikritik oleh banyak mantan pendukung Arab dan dikutuk oleh beberapa kelompok yang dibentuk oleh pemimpin senior Subhi al-Tufaili.

Namun, para pendukung mereka mengatakan pengerahan tersebut berperan dalam mencegah kelompok bersenjata, khususnya ISIS, memasuki Lebanon, sehingga memberikan pertempuran yang sama bagi Hizbullah. 2023 hingga 2024 – Gaza

Pada Oktober 2023, Hizbullah melancarkan serangan roket ke Israel untuk mendukung Gaza, yang dibom oleh Israel menyusul serangan mendadak Hamas terhadap rakyat Israel, yang mengakibatkan kematian 1.139 orang dan pemenjaraan sekitar 250 orang.

Israel membalas tembakan.

Di Lebanon, 97.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan 566 orang terbunuh, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon. Setidaknya 133 orang adalah warga sipil.

Sekitar 60.000 warga Israel telah meninggalkan perbatasan utara Israel. Orang-orang di kedua sisi belum pulang.

Israel melakukan serangan dan pembantaian di Lebanon dan Suriah, menewaskan banyak pemimpin tinggi Hizbullah dan Hamas.

Hizbullah telah berperan dalam apa yang dianggap sebagai salah satu elemen paling berbahaya dalam konflik tersebut sejak Israel diduga menyerang gedung konsulat Iran di Damaskus pada 1 April 2024.

Ketika Iran membalas Israel dua minggu kemudian, Hizbullah adalah sumber utama dukungan bagi Teheran.

Pada tanggal 28 Juli, 12 anak-anak dan orang dewasa Suriah tewas dalam pertandingan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, sebuah situasi yang berujung pada kekerasan.

Israel dan Hizbullah membantah bertanggung jawab atas insiden tersebut, namun Israel menyalahkan insiden tersebut pada pembunuhan pemimpin Hizbullah Fouad Shukr di Beirut selatan pada hari berikutnya.

Pembunuhan Shukr, bersamaan dengan pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh dalam beberapa hari, membuat wilayah tersebut waspada.

Hizbullah menembakkan roket pada akhir Agustus sebagai tahap pertama tanggapannya terhadap pembunuhan Shukr. September 2024 – pager berhenti

Pada 17 September 2024, ribuan orang yang bergandengan tangan tergabung dalam kelompok Hizbullah di Lebanon dibubarkan.

Sejauh ini, sedikitnya 11 orang, termasuk tiga warga sipil, tewas akibat serangan tersebut, dan sekitar 2.750 orang mengalami luka-luka.

Hizbullah mengklaim mereka menganggap Israel bertanggung jawab dan bersumpah akan membalas dendam.  

(Tribunnews.com, Andari Ulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *