Rusia Kembali Serang Ukraina dengan Drone dan Rudal

Pada Minggu (10 Juni), Rusia kembali menyerang Ukraina dengan 87 drone Shahed dan empat jenis rudal. Seorang pria berusia 49 tahun tewas di wilayah Kharkiv setelah mobilnya ditabrak drone, kata Gubernur Oleg Zinegubov, AP melaporkan. Menurut pihak berwenang, pipa gas di Odessa juga rusak dan sebuah gudang terbakar.

Menurut pernyataan Angkatan Udara Ukraina, pertahanan udara menghancurkan 56 dari 87 drone dan dua rudal di 14 wilayah Ukraina, termasuk ibu kotanya, Kyiv.

Sebanyak 25 drone lainnya hilang dari radar, “mungkin karena keberhasilan pertahanan rudal anti-pesawat,” kata pernyataan itu.

Serangan itu terjadi sehari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan dia akan mempresentasikan “rencana kemenangannya” pada pertemuan 12 Oktober di Ramstein, Jerman, di mana sekelompok negara yang memasok senjata ke Ukraina mengatakan dia harus hadir jika dia menjadi presiden. Tanpa kehadiran Ukraina, tidak akan ada perundingan dengan Putin

Kandidat presiden AS dari Partai Demokrat Kamala Harris mengatakan dalam sebuah wawancara Senin (10 Juli) bahwa jika terpilih sebagai presiden, dia tidak akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk perundingan perdamaian kecuali Ukraina diikutsertakan.

“Tidak secara bilateral tanpa Ukraina, tidak. “Ukraina harus mempunyai suara dalam masa depan Ukraina,” kata wakil presiden AS itu kepada CBS dalam acara 60 Minutes ketika ditanya apakah ia akan bertemu langsung dengan pemimpin Rusia itu untuk membicarakan mengakhiri perang.

Pemerintahan Presiden Joe Biden sebelumnya menghentikan pembicaraan dengan Putin. Harris juga mengulangi kritiknya terhadap kebijakan Ukraina yang diajukan rivalnya dari Partai Republik, Donald Trump, dengan menyebutnya sebagai “kapitulasi” terhadap invasi Moskow pada Februari 2022.

Trump sebelumnya mengkritik dukungan militer dan keuangan besar-besaran yang diberikan Washington kepada Ukraina dan menegaskan bahwa ia dapat segera menengahi perjanjian damai dengan Putin.

“Donald Trump, jika dia adalah presiden, Putin akan duduk di Kiev saat ini. Dia berkata, “Oh, itu bisa saja berakhir pada hari pertama.” Tahukah kamu apa ini? Ini tentang menyerah,” katanya.

Menurut AFP, Kiev khawatir kesepakatan semacam itu akan mencakup penyerahan wilayah di Ukraina timur yang direbut Rusia setelah invasi.

Sementara itu, Harris mengatakan dia akan mempertimbangkan usulan Ukraina untuk bergabung dengan aliansi militer NATO “jika dan ketika hal itu terjadi.” Ribuan warga sipil tewas dalam perang Rusia-Ukraina

Putin, yang memerintahkan invasi ke Ukraina pada tahun 2022, menang telak dalam pemilu pada bulan Maret. Jika ia menyelesaikan masa jabatan enam tahunnya yang baru, Putin akan menjadi pemimpin Rusia yang paling lama menjabat dalam 200 tahun sejak tsar dan permaisurinya memerintah negara tersebut.

Menurut Reuters, kemenangan Putin dalam pemilu semakin mengkonsolidasikan kekuasaannya dan dipandang sebagai bukti bahwa Moskow melakukan hal yang benar dalam melawan Barat dan mengirim pasukan ke Ukraina.

Barat menganggap Putin sebagai seorang otokrat dan pembunuh. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga menyebut pemungutan suara pada bulan Maret tidak sah.

Putin memandang perang di Ukraina sebagai bagian dari pertempuran selama berabad-abad dengan Barat, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia pasca-Perang Dingin dengan melemahkan pengaruh Moskow.

Konflik antara Rusia dan Ukraina telah menewaskan ribuan warga sipil, sebagian besar adalah warga Ukraina. Konflik juga menyebabkan kota-kota hancur dan jutaan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Serangan yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina pada Minggu (6/10) terjadi tepat pada malam ulang tahun Putin. Selama hampir seperempat abad, pemimpin tertinggi Rusia itu mendapat ucapan selamat dari berbagai pihak, termasuk pendukung dan pengkritiknya.

Serangan Rusia terhadap Ukraina pada Minggu (10 Juni) terjadi menjelang ulang tahun Putin. Selama hampir seperempat abad, pemimpin tertinggi Rusia itu mendapat ucapan selamat dari berbagai pihak, termasuk pendukung dan pengkritiknya.

Kapur/tahun (AP, AFP, Reuters)

Artikel diperbarui pada Selasa: 10/08/24.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *