Ali Khamenei Memperingatkan Israel dalam Khutbah Jumat di Teheran, Kesabaran Iran Telah Berakhir

Dalam khotbahnya di Teheran, Ali Khamenei memperingatkan bahwa kesabaran Iran sudah habis

TRIBUNNEWS.COM- Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei memperingatkan dalam khotbah yang jarang terjadi di Teheran bahwa kesabaran strategis Iran sudah berakhir.

Khotbah tersebut memberikan penghormatan kepada mendiang pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, yang disebut Khamenei sebagai “mutiara Lebanon yang bersinar”.

Pada tanggal 4 Oktober, sejumlah besar orang berkumpul di Teheran untuk menghadiri khotbah dan salat Jumat yang dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei. 

Ini adalah pertama kalinya seorang pejabat memimpin salat Jumat sejak pembunuhan Qasem Soleimani, komandan Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) AS pada tahun 2020. 

Khamenei mengatakan dalam khotbahnya: “Kesabaran strategis Iran akan segera berakhir. Dia mengatakan bahwa semua negara Muslim memiliki “musuh bersama” dan meminta mereka untuk “memperkuat sabuk pertahanan mereka mulai dari Afghanistan hingga Yaman, dari Iran hingga Gaza dan Lebanon.” 

“Setiap negara mempunyai hak untuk membela diri,” lanjut pemimpin tertinggi tersebut, “Tindakan Israel telah memperkuat perlawanan terhadap pohon ek dan memperkuat tekadnya.”

Pertemuan itu terjadi tiga hari setelah Iran melancarkan serangan rudal balistik besar-besaran terhadap beberapa pangkalan militer sensitif Israel. Serangan tersebut menghantam beberapa lokasi strategis milik tentara dan angkatan udara Israel.

Teheran telah menunda menanggapi pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh oleh Israel di Teheran awal tahun ini untuk mengamankan gencatan senjata di Gaza. Namun, Israel menghalangi perundingan tersebut dan terus mengobarkan perang di wilayah yang terkepung. 

Pada tanggal 1 Oktober, operasi rudal balistik diumumkan sebagai tanggapan terhadap Haniya dan Nasrallah. 

Khamenei mengatakan sambil berduka atas kematian pemimpin oposisi: “Saya pikir pantas untuk menghormati saudara saya, harga diri saya, seorang tokoh terkenal di dunia Islam… dan mutiara Lebanon yang bersinar, Seyyed Hassan Nasrallah.” Setelah pembunuhan itu, Lebanon dan wilayah sekitarnya terkejut. 

Ribuan orang menghadiri upacara yang didedikasikan untuk Nasrallah sebelum doa yang dipimpin oleh Khamenei. 

“Kami semua sedih dan sedih atas kemartiran Syed. Ini adalah kehilangan yang besar dan kami sangat sedih, namun duka kami tidak berarti depresi, kesedihan dan keputusasaan… Itu adalah sesuatu yang memberdayakan, mendidik, menyemangati dan memberi harapan. , “kata pemimpin. atas 

“Kepribadian, jiwa, gaya hidup, dan suara ekspresifnya yang sebenarnya ada di antara kita dan akan selalu bersama kita,” tambahnya, memuji Nasrallah sebagai “bendera perlawanan” dan “pembela kaum tertindas.”

Nasrallah terbunuh pada tanggal 27 September dalam serangan biadab di Beirut selatan yang menghancurkan beberapa rumah dan menggunakan sekitar 80 ton senjata.

Pembunuhan tersebut merupakan bagian dari serangan besar-besaran Israel terhadap Lebanon yang dimulai bulan lalu, menewaskan hampir 2.000 orang dan membuat lebih dari satu juta pengungsi mengungsi. 

TUJUAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *