Pemprov Jateng Raih Dua Penghargaan Nasional atas Inovasi Pelayanan Publik

TRIBUNNEWS.COM – Pemerintah Daerah Jawa Tengah meraih dua penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Instrumen dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas inovasi pelayanan publik. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Plt Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pada Pameran Pelayanan Baik Tahun 2024 yang berlangsung di Sheraton Grand Hotel Jakarta, Selasa 8 Oktober 2024.

Dua penghargaan yang diterima Pemerintah Pusat Provinsi Jawa tersebut antara lain kategori Badan Pembangunan lingkup daerah untuk pelayanan publik, serta kategori Inovasi Kelompok Berkelanjutan untuk pelayanan publik. Pj Gubernur Nana Sudjana mengungkapkan kebanggaannya atas penghargaan ini dan menegaskan komitmen Pemerintah Pusat Pulau Jawa untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan sosial.

“Penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi seluruh PNS di Jateng. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik,” kata Nana. 

Menurut Nana, penghargaan ini akan menambah motivasi pemerintah daerah dan kabupaten/kota untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Menurutnya, inovasi pelayanan publik merupakan salah satu strategi untuk menjamin kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, pelayanan harus sederhana, murah, cepat, bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Kepala Kantor Serikat Pegawai Negeri Sekretariat Daerah Jawa Tengah Dadang Soemantri mengatakan, penghargaan terkait inovasi pelayanan sosial digelar di Rumah Sakit Umum (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo dan Rumah Sakit Daerah Dr Rehatta (Jepara).

Penemuan yang dibuat oleh Prof. Dr.

Di sisi lain, inovasi RS Dr Rehatta adalah perawatan kusta komprehensif dengan bidang penyembuhan, konseling, dan kolaborasi yang terintegrasi.

“Ini bukti bahwa apa yang dilakukan Pemda Jateng yang dipimpin Pj Gubernur Nana Sujana sudah berjalan sebagaimana mestinya, pelayanan terbaik bagi masyarakat terus kita kembangkan,” ujarnya.

Dadang meyakini penghargaan yang diterima menjadi penyemangat bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Pusat Provinsi Jawa, untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang mudah, cepat dan jujur. 

Pemerintah Pusat Provinsi Jawa terus mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk aktif melakukan inovasi. “Kabupaten/kota melakukan banyak hal,” ujarnya.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan, kolaborasi dan kerja sama antar instansi pemerintah sangat penting untuk terjalin. Tujuannya agar reformasi birokrasi memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *