Bursa Transfer Pembalap MotoGP: Maverick Vinales Merapat ke Pramac, Ducati Depak Enea Bastianini

TRIBUNNEWS.COM – Bursa transfer pebalap MotoGP 2025 kembali memanas, dengan tim Pramak Ducati dikabarkan sedang bekerja keras mencari pengganti Jorge Martin. Sementara itu, bos tim Ducati Lenovo Luigi Dall’Igna telah menutup pintu terhadap Ennea Bastiani.

Tahun 2024 garasi tim MotoGP sudah diguncang para pebalap alias 2025. Musim MotoGP yang Gila, transisi dari Jorge Martin dan Marco Marquez.

Siapa sangka bakal terjadi plot twist, nyatanya Jorge Martin tak terpilih menjadi tandem Francesco ‘Pecco’ Bagnia untuk musim depan. 

Saat di Grand Prix Catalan di Spanyol, petinggi Ducati menunjuk JM89. Namun penyakit Marco Marquez menghancurkan segalanya.

Alhasil, Jorge Martin segera memutuskan bergabung dengan pabrikan Noel, Aprilia. Rider asal Madrid (Spanyol) itu menandatangani kontrak berdurasi dua tahun hingga 2026. MotoGP.

Sementara Carlo Pernat selaku manajer Enea Bastianini sudah memastikan kliennya akan mengendarai KTM RC-16 di MotoGP 2025. Nantinya, pebalap berjuluk The Beast itu akan memperkuat GASGAS KTM Tech3 dan menerima spesifikasi motornya dari tim pabrikan.

Pertanyaan yang paling mengundang adalah siapa saja pebalap yang bisa bergabung dengan Pramac Ducati? Setelah Marc Marquez dengan tegas menolak mengisi kekosongan yang ditinggalkan JM89.

Prakteknya, Marc Marquez hanya perlu mendapat pengumuman resmi bahwa ia akan diperkenalkan sebagai pebalap baru Ducati Lenovo musim depan.

Motorsport mengabarkan, nama Maverick Vinales tiba-tiba muncul menjadi pilihan pebalap baru.

Untuk saat ini Pramac sudah mempromosikan Fermin Aldeguer dari Moto2. Dia hanya membutuhkan rekan satu tim untuk membantunya.

Dan Maverick Vinales memiliki kemampuan itu, melihat penampilan meyakinkan bersama Aprilia musim ini.

Pramac sebenarnya punya Franco Morbidelli yang kontraknya akan habis pada akhir balapan MotoGP 2024. Namun, Valentino belum bisa memuaskan anak didik terbesar Rossi, petinggi Ducati atau Pramac.

Jadi besar kemungkinan dia akan terdepak dari Pramac Racing. 

Hanya saja, tim satelit Ducati tidak sendirian mengamankan tanda tangan jagoan papan atas berjuluk Vinales itu. Repsol Honda pun disebut-sebut tertarik mendatangkan mantan pebalap Monster Energy Yamaha tersebut.

Sumber yang sama mengabarkan bahwa tim berlogo sayap tunggal itu telah menawarkan gaji sebesar 20 juta euro untuk dua musim. Ini berarti Vinales akan menjadi pembalap dengan bayaran tertinggi kedua di MotoGP 2025 di belakang Fabio Quartararo (€12 juta). 

Sementara itu, Enea Bastianini, Gigi Dall’Igna mengatakan sang pebalap tidak berpeluang mengamankan posisi tandem Pecco Bagnia.

Artinya, MotoGP 2024 akan menjadi kerja sama terakhir pebalap Italia itu dengan Merah. Namun Bastianini meraih beberapa hasil bagus belakangan ini, finis P2 pada balapan MotoGP Italia di Mugello akhir pekan lalu.

“Saya rasa (kemungkinan bertahan di pabrikan Ducati) belum berakhir. Kami masih mencari, tapi secara pribadi saya rasa dia (Bastianini) akan berakhir di sini,” jelasnya seperti dikutip dari situs Crash. Daftar pebalap MotoGP tahun 2025

Aprilia Racing (Aprilia) – Jorge Martin (kontrak multi-tahun) Runner-up: Maverick Viñales, Enea Bastianini, Marco Bezzecchi

Ducati Lenovo Team (Ducati) – Pecco Bagnaia (2026) Kandidat pembalap kedua: Enea Bastianini, Marc Marquez

Monster Energy Yamaha (Yamaha)-Fabio Quartararo (2026) Kandidat Rider Kedua: Alex Rins

Red Bull KTM Factory Racing (KTM) – Pedro Acosta (abadi) – Brad Binder (2026) Kandidat lain: Ania Bastianini, Marc Marquez

Repsol Honda (Honda)-Luca Marini (2025) Runner-up: John Meir, Jack Miller

Kandidat Red Bull GASGAS Tech 3 (KTM): Augusto Fernandez, Jake Miller, Alex Marquez, Ania Bastianini

LCR Honda Idemitsu-Castrol (Honda)-Johann Zarco (2025) Juara Kedua: Takaaki Nakagami, Ai Ogura

Kandidat Trackhouse Racing (April): Joe Roberts, Raul Fernandez, John Mir, Miguel Oliveira

Kandidat Prima Pramac Racing (Ducati): Franco Morbidelli, Enea Bastianini, Fermin Aldeguer, Maverick Vinales

Kandidat Tim Balap Pertamina Enduro VR46 (Ducati): Franco Morbidelli, Fabio Di Gianantonio, Marco Bezzecchi

Kandidat Gresini Racing (Ducati): Fermin Aldeguer, Alex Marquez, Marc Marquez

(Tribunnews.com/giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *