Jawaban Cerita Reflektif Modul 3 Topik 1 Keragaman Peserta Didik PPG 2024: Sekolah Baru Pertama Kali

TRIBUNNEWS.COM – Demikian jawaban ulasan artikel pada Modul 3 Bab 1 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (PPABK) topik Keberagaman Siswa di PPG 2024.

Pada Modul 3 Topik 1 PPG 2024, guru diminta untuk menulis esai tentang Keberagaman Pembelajar minimal 50 karakter.

Kisah Penguatan Bab 3 Bab 1 PPABK diawali dengan sebuah pertanyaan: Sekolah Saudara baru pertama kali menerima siswa penyandang disabilitas penglihatan dan pendengaran. Siswa ini menjadi salah satu siswa Anda dan ini adalah pertama kalinya Anda memiliki siswa penyandang disabilitas. Bagaimana Anda dapat menunjukkan perbedaan ini kepada seluruh siswa dan orang tua siswa di kelas yang Anda ajar?

Soal-soal pada laporan evaluasi modul 3 bab 1 PPG 2024 muncul di platform Merdeka Mengajar (PMM) tempat para guru mengikuti pelatihan PPG untuk Guru Lainnya pada jabatan 2024.

Guru dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini untuk menjawab soal penilaian pada Modul 3 Bab 1 PPG 2024.

Secara keseluruhan, berikut adalah kunci jawaban artikel ulasan di Bagian 3 Bab 1 tentang perbedaan siswa. Studi Kasus Modul 3 Bab 1 PPABK: Perbedaan Siswa Pertanyaan: Sekolah anda menerima siswa tunanetra dan pendengaran untuk pertama kalinya. Siswa ini menjadi salah satu siswa Anda dan ini adalah pertama kalinya Anda memiliki siswa penyandang disabilitas. Bagaimana Anda dapat menunjukkan perbedaan ini kepada seluruh siswa dan orang tua siswa di kelas yang Anda ajar? Contoh jawaban: 

Keberagaman siswa mengacu pada perbedaan yang dimiliki setiap siswa di kelas, termasuk perbedaan dalam kemampuan akademik, gaya belajar, budaya, sosial ekonomi, agama, bahasa, dan berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Mereka yang berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama atas kesempatan belajar dan berkembang seperti rekan-rekannya. Pendidikan yang tepat dapat membantu mereka mengembangkan potensi dan menciptakan peluang untuk menjalani kehidupan yang mandiri dan produktif. Oleh karena itu, kita semua mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa hak ini terpenuhi.

Untuk menjelaskan keragaman disabilitas mental (buta dan pendengaran) kepada siswa dan orang tua, saya akan memulai dengan pendidikan yang baik tentang penyandang disabilitas dan melibatkan mereka dalam situasi nyata untuk lebih memahami kondisi rekan-rekan penyandang disabilitas mereka. 

Saya juga akan mendorong kolaborasi antar siswa dengan mengajarkan keterampilan sederhana seperti bahasa isyarat. Selain itu, saya akan mengadakan pertemuan dengan orang tua untuk menjelaskan pentingnya inklusi dan bagaimana mereka dapat membantu proses ini. Terakhir, saya akan bekerja sama dengan para profesional untuk memastikan bahwa strategi pembelajaran yang tepat diikuti, sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung. Jawaban lain: 

Langkah pertama adalah berinteraksi dengan orang tua siswa dan memberikan penjelasan bahwa mereka akan menerima siswa tunanetra dan pendengaran tahun ini. Karena setiap siswa berhak mendapatkan pendidikan yang setara dan guru harus memenuhi kebutuhan tersebut. 

Untuk siswa kami dapat memberikan informasi dan penjelasan, ada transfer khusus untuk siswa disabilitas netra dan disabilitas tuli. Dan ajukan permintaan untuk terus mengajak kita bermain bersama dan belajar tanpa membeda-bedakan. Jawaban lain: 

Ada beberapa hal yang akan saya lakukan.

Pertama, melakukan percakapan dan diskusi di kelas untuk meningkatkan kesadaran tentang diskriminasi budaya, gender, ras, dan anak berkebutuhan khusus. Dengan cara menonton video, gambar atau artikel sehingga dapat disajikan kepada siswa.

Kedua, libatkan orang tua. Keterlibatan orang tua sangat penting dalam keberagaman siswa dengan cara mengundangnya dalam pertemuan di rumah siswa.

Ketiga, menggunakan bahan dan alat ajar yang berbeda untuk menunjukkan keberagaman. Misalnya buku yang ditulis oleh penulis dari latar belakang berbeda.

Keempat, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, inklusif dan menghormati setiap orang. Hal ini dilakukan dengan memberikan pemahaman dan kasih sayang kepada siswa.

Kelima, komunikasi terbuka dengan orang tua dapat dilakukan dengan mendiskusikan jawaban siswa. 

Langkah/tindakan yang saya lakukan agar perbedaan tersebut diketahui oleh seluruh siswa dan orang tua siswa di kelas yang saya ajar adalah sebagai berikut.

Langkah 1: Pahami kebutuhan spesifik 

Identifikasi kebutuhan pendidikan dan budaya khusus siswa penyandang disabilitas penglihatan dan pendengaran 

Langkah 2: Tanyakan pada ahlinya 

Konsultasikan dengan ahlinya, seperti pendidik khusus atau psikolog pendidikan, untuk memahami metode pengajaran yang efektif. 

Bagian 3: Mengubah bahan dan metode pengajaran

Menyesuaikan bahan ajar dan metode pengajaran dengan kebutuhan siswa penyandang disabilitas, misalnya menggunakan Braille atau bentuk komunikasi lainnya. 

Bagian 4: Pendidikan untuk siswa lain 

Mendidik siswa lain tentang disabilitas penglihatan dan pendengaran, mengembangkan pemahaman dan empati. 

Langkah 5: Komunikasi dengan orang tua

Komunikasikan dengan orang tua siswa tentang perubahan dan manfaatnya bagi seluruh siswa. 

Langkah 6: Bangun Lingkungan Terintegrasi 

Menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung dengan mendorong partisipasi aktif seluruh siswa. Jawaban lain: 

Saya akan menjelaskannya sebagai berikut: sosialisasi kepada seluruh siswa dan orang tua tentang ketersediaan siswa tersebut, informasi tentang keberadaan mereka dan bagaimana kita dapat berhubungan dengan mereka secara kooperatif. 

Tidak boleh ada perbedaan dalam pergaulan karena kita semua adalah ciptaan Tuhan yang mempunyai kelebihan dan kekurangan dan hendaknya kita bersahabat dengan teman sekelas dan hendaknya kita saling menghormati. 

Saat belajar di kelas, mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan, diskusi dan proyek kelompok. Bicaralah secara terbuka dengan mereka, dengarkan kekhawatiran mereka dan jelaskan dukungan mereka dengan jelas.

Undanglah orang tua untuk mengunjungi kelas dan menyaksikan anak-anak bekerja bersama. Setiap siswa adalah unik dan berbeda merupakan suatu aset. Dengan pendekatan yang bijaksana, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik untuk semua anak.

*) Disclaimer : Kunci jawaban Soal Resensi Modul 3 Bab 1 di PPG 2024, Perbedaan Siswa pada artikel ini hanya pada guru peserta PPG Daljab 2024 untuk mengerjakan PMM.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *