Sertifikasi ISO 21001-2018 Dorong Sekolah di Indonesia Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi melaporkan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – ISO 21001:2018 merupakan standar internasional yang didasarkan pada sistem manajemen lembaga pendidikan bersertifikat.  ISO 21001 dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan, terlepas dari jenis, ukuran, atau lokasi geografis lembaga pendidikan. 

Ini termasuk siswa, orang tua, badan pengawas dan masyarakat luas. 

Dengan menerapkan ISO 21001, lembaga pendidikan, dalam hal ini sekolah, dapat mengoptimalkan proses, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menunjukkan komitmennya terhadap pendidikan berkualitas tinggi.

Baru-baru ini Sekolah Islam Nurul Fikri, salah satu sekolah asal Indonesia, mendapatkan sertifikasi ISO 21001:2018 untuk pengelolaan SMAIT Jurusan Pendidikan Nurul Fikri di Depok, Jawa Barat. 

“Sertifikasi ISO 21001-2018 ini mencerminkan komitmen kami dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan terstruktur sesuai standar internasional,” kata Siti Cherijah Auria, Direktur Dinas Pendidikan Kota Depok. MM melalui keterangan tertulis, Rabu (10/9/2024).

Ia melanjutkan, Pesantren Nurul Fikri menyelenggarakan proses pendidikan yang memperkuat karakter peserta didik dengan mengedepankan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. 

Pengawas Madrasah Nurul Fikri Dr. Musholi menjelaskan, perolehan sertifikasi ISO 21001:18 merupakan langkah awal menuju jenjang berikutnya, yakni tingkat internasional.

Dikatakannya, “Kami fokus pada aspek kualitas dan profesionalisme sesuai dengan nilai-nilai Islam serta menghasilkan lulusan yang berpikir besar dan strategis untuk kemajuan bangsa.  sekolah bersertifikat ISO

Beberapa sekolah yang telah meraih sertifikasi ISO 21001 antara lain Sekolah Pascasarjana IPB University, Sekolah Kristen Immanuel, SD Muhammadiyah 4 Pukang Surabaya (Mudipat), SMK Telkom Par Bandung, Sekolah Bumitama.

Apa itu sertifikasi sekolah ISO?

Sertifikasi ISO suatu sekolah merupakan bukti resmi bahwa departemen pendidikan lembaga pendidikan memenuhi persyaratan ISO, standar manajemen mutu internasional. 

Standar ini memberikan pedoman bagi lembaga pendidikan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan kepuasan pengguna layanan pendidikannya.

Di Indonesia, penerapan sertifikasi sekolah ISO semakin berkembang sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan standar pendidikan negara. 

Banyak lembaga pendidikan, sekolah, dan universitas menyadari pentingnya memperoleh sertifikasi ISO sekolah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing. 

Pemerintah Indonesia juga mendorong lembaga pendidikan untuk memperoleh sertifikasi ini melalui kebijakan dan insentif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *