Momen Megawati Tanam Pohon Platanus Orientalis di Taman Sukarno Uzbekistan

Laporan reporter Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, UZBEKISTAN – Presiden kelima pemerintah Indonesia sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menanam pohon Platanus Orientalis, taman asli Uzbekistan di Taman Sukarno di Kompleks Universitas Internasional Silk Road, Samarkand, Uzbekistan, pada hari Sabtu. (21/9/2024) menurut waktu setempat.

Menteri Ekologi, Perlindungan Lingkungan dan Perubahan Iklim Uzbekistan sekaligus Rektor International Silk Road University, Aziz Abdukhakimov, terlihat bersama Megawati dalam proses penanaman pohon.

Proses penanaman pohon dilakukan setelah Megwati mendapat gelar Profesor Pariwisata Budaya Berkelanjutan dari Silk Road International University.

Awalnya, Megawati dan rombongan diundang oleh RektoeeAziz dan komunitas Silk Road International University untuk mengunjungi kampus tersebut.

Aziz kemudian mengajak Megawati ke Taman Sukarno yang terletak di salah satu sisi kampus. Turun dari mobil golf, Megawati diarahkan ke salah satu papan petunjuk yang menggambarkan Taman Sukarno.

Rambu-rambu tersebut ditulis dalam tiga bahasa: Uzbekistan, Indonesia, dan Inggris. 

“Sukarno Park, sebagai pengakuan atas kontribusi besar Presiden Sukarno terhadap pengembangan wisata religi dan budaya di Uzbekistan.”

Megawati dan Aziz langsung menuju sudut taman untuk melakukan proses penanaman pohon. 

Ketua Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pun ikut menanam pohon. Megawati mengambil sekop dan mulai menanam pohon.

Aziz juga menjelaskan, pohon Platanus Orientalis ini bisa hidup 300-500 tahun. 

Pak Aziz berkata, “Ini mungkin sudah terjadi selama lebih dari 300 tahun. 

Megawatt melanjutkan proses penanaman pohon dengan menyiram pohon. 

Turut serta dalam proses penanaman pohon bersama Megawati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dan Guru Besar Fakultas Hubungan Luar Negeri, St. Universitas Petersburg, Connie Rahakundini Bakrie.

Dari anggota PDIP, Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri Ismail, dan Ketua DPP PDIP Bidang Pariwisata, S.B. Wiryanti Sukamdani.

Wakil Kepala BRIN Amarulla Octavian dan Wakil Kepala BPIP Rima Agristina juga terlihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *