Plot Twist Pahlawan Spanyol Juara Euro 2024, Mikel Oyarzabal Dituduh Pengkhianat

TRIBUNNEWS.

Mikel Oyarzabal menjadi sukses Spanyol pada tahun 2024. Senin (15/7/2024) Pahlawan Kejuaraan Eropa yang mengalahkan Inggris 2:1 di final.

Penyeimbang Nico Williams (menit ke-47), Cole Palmer (menit ke-73) dan Mikel Oyarzabal akhirnya menjadi pahlawan di Stadion Olimpiade Berlin.

Pemain Real Madrid itu mencetak gol pada menit ke-68 menggantikan Alvaro Morata (86′). Ujaran kebencian terhadap pahlawan Spanyol peraih Piala Eropa 2024 Mikel Oyarzabal. (Twitter @@carlosdavidgf)

Terobosan mantan pemain Eibar itu juga mengakhiri penantian Spanyol selama 12 tahun, di mana pemain La Roja terakhir kali menang pada tahun 2012. Kejuaraan Eropa.

Selain itu, Spanyol menjadi tim tersukses di turnamen empat tahunan tersebut dengan meraih 4 kali juara Piala Eropa. Atau lebih dari Jerman.  

Seperti yang mereka katakan, ASI dikembalikan melalui selang berisi air. Itulah yang dirasakan Mikel Oyarzabal saat ini.

Striker berusia 27 tahun, pahlawan kemenangan dan juara Eropa, diperlakukan dengan buruk.

Menurut Daily Mail, rumah orang tua Oyarzabal di Elorio diserang. Termasuk laporan seorang pemain yang dituduh sebagai “curang”.

Rumah ibu Oyarzabal mempunyai poster dan gambar di dindingnya. “Tidak untuk asimilasi tim nasional Spanyol,” demikian bunyi poster tersebut.

Operasi tersebut dilakukan oleh kelompok radikal Basque, yang telah terlibat konflik politik dengan Spanyol selama beberapa dekade.

Jerman mengundang 9 pemain berkewarganegaraan Spanyol atau asal Basque Country untuk mengikuti Euro 2024.

Kesembilan pemain tersebut antara lain Mikel Oyarzabal, Mikel Merino, Nico Williams, Unai Simon, Robin L. Normand, Aymeric Laporte, Martin Zubimendi, Dani Vivian, dan Alex Remiro.

Carlos Garcia, mantan anggota dewan Elorrio, tempat grafiti itu dibuat, telah mengumumkan bahwa dia telah mengajukan gugatan kejahatan rasial.

“Saya baru saja mengajukan keluhan kebencian terhadap pembuat gambar dan slogan sedih ini ke Polisi Kota Elorrio,” jelasnya.

“Melawan tim nasional, juara Spanyol dan Eropa Merino dan Oyarzabal (keluarganya berasal dari Elorio).

Berbeda dengan perayaan di Spanyol setelah lukisan itu, ketegangan antar wilayah Basque di negara itu masih tinggi.

Selain itu, pertandingan Spanyol-Inggris merupakan final internasional dan klub keempat Mikel Oyarzabal. Menariknya, seorang pemain di Royal Society selalu mencetak gol di game sebelumnya.

Di Copa del Rey 2020, ia bermain di final pertamanya melawan Real Sociedad.

Oyarzabal kemudian membawa Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2020. Di final Olimpiade Tokyo, tim “Matador” kalah dari tim Brasil 1:2.

Oyarzabal kembali mencetak gol untuk Spanyol pada tahun 2021. Final Liga Champions UEFA melawan Prancis. Namun Les Bleus menang 2-1 melalui gol bunuh diri.

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *