Teknologi VATS Jadi Harapan Baru Pengobatan Penyakit Paru

Laporan reporter Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – Penyakit paru-paru merupakan salah satu masalah kesehatan utama yang dihadapi masyarakat saat ini.

Seiring kemajuan teknologi kedokteran, banyak inovasi yang terus dikembangkan untuk memberikan perawatan pasien yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup.

Teknologi yang semakin populer di bidang bedah toraks saat ini adalah bedah torakoskopi berbantuan video (VATS).

Pakar paru dr Allen Widysanto SpP mengatakan VATS merupakan teknik bedah minimal invasif yang memungkinkan dokter melakukan prosedur melalui sayatan kecil dengan menggunakan kamera dan peralatan khusus untuk meminimalkan trauma pada tubuh pasien. 

“Teknik ini telah terbukti dapat mempercepat waktu pemulihan, mengurangi rasa sakit, dan mengurangi risiko komplikasi dibandingkan metode bedah konvensional karena sayatannya kecil,” ujarnya kepada wartawan di Ban Tangerang, Kamis (10/10/2024 d. ). ). 

Selain itu, kata dokter spesialis paru Siloam Lippo Village Hospital, VATS membantu dalam deteksi dan pengobatan berbagai penyakit paru-paru seperti kanker paru-paru, infeksi dan penyakit lainnya, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi pasien. 

“Teknik ini memungkinkan kami melakukan perawatan yang lebih nyaman bagi pasien, mempercepat pemulihan, dan mengurangi risiko komplikasi pasca operasi,” ujarnya.

Metode VATS dapat diterapkan berapa pun usia pasien, namun dokter harus mengetahui kondisi paru-paru pasien.

“Jika kanker paru-paru masih dalam tahap awal dan cepat terdiagnosis, disarankan untuk melakukan operasi hanya melalui PPN,” ujarnya.

Sementara itu, Dr. Maulidya Ayudika Dandanah, SpBTKV (K), FIHA, dokter spesialis bedah kardiotoraks dan pembuluh darah menambahkan, VATS merupakan terobosan dalam pengobatan penyakit paru-paru dan rongga dada.

“Prosedur ini memungkinkan kami mengobati berbagai penyakit paru-paru dan dada dengan lebih efektif dan cepat, membantu pasien kembali ke kehidupan normal,” ujarnya.

Prosedur VATS mencerminkan kemajuan dalam pengobatan penyakit paru-paru yang menekankan pendekatan yang lebih tepat dan berpusat pada pasien.

“Melalui prosedur invasif minimal ini, pasien mendapatkan pilihan pengobatan yang lebih efektif, sayatan yang lebih kecil, rasa sakit yang minimal, pemulihan yang lebih cepat, dan deteksi dini jika memungkinkan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *