Adidas Tak Mau Sakiti Perasaan Israel, Batalkan Bella Hadid yang Bela Palestina Sebagai Model Iklan

TribuneNews.com, JAKARTA – Adidas, perusahaan pakaian olahraga yang berbasis di Jerman, menarik Bella Hadid dari kampanye iklannya menyusul kritik dari Israel.

Adidas menampilkan model Bella Hadid dalam iklan sepatu kets pertamanya yang bertepatan dengan Olimpiade Munich 1972.

Adidas melanggengkan perasaan warga Israel yang menganggap Bella Hadid melakukan tindakan anti-Semit karena mengatakan: “Dari sungai hingga laut, Palestina akan merdeka.”

Bella Hadid sebelumnya pernah tampil sebagai model iklan sepatu atletik SL72 yang memulai debutnya di Olimpiade Munich 1972.

Akun resmi Israel terbuka

Kedutaan Besar Israel di Jerman mengkritik kampanye pemilu Hadid.

“Menurut Anda siapa yang menjadi wajah kampanye ini? Bella Hadid, seorang model Palestina yang di masa lalu menyebarkan anti-Semitisme dan menghasut kekerasan terhadap orang Israel dan Yahudi,” tulis kedutaan Israel di Jerman pada hari Kamis.

“Bagaimana Adidas bisa mengatakan bahwa tuduhan [atas apa yang terjadi di Munich] ‘tidak disengaja’?” Duta Besar Israel untuk Jerman, Ron Prossor, membuat pengumuman tersebut sebagai bagian dari perampingan perusahaan

Bella Hadid sering mengkritik pemerintah Israel dan pendukung Palestina, dan pada tanggal 23 Oktober ia melalui Instagram mengeluh bahwa banyak nyawa tak berdosa yang diambil oleh para pengikutnya untuk menekan para pemimpin mereka agar melindungi warga sipil di Gaza.

Bella Hadid mengkritik Menteri Keamanan Israel yang berhaluan sayap kanan, Itamar Ben-Gavir, setelah menteri tersebut mengatakan bahwa hak hidup bagi imigran Israel yang tinggal di Tepi Barat lebih penting daripada hak hidup bagi warga Palestina.

Bulan lalu, Bella Hadid dan saudara perempuannya, Gigi Hadid, menyumbangkan $1 juta untuk mendukung upaya bantuan Palestina selama perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Adidas sendiri dalam pernyataannya mengatakan bahwa kampanye sepatu SL72 “menyatukan berbagai mitra”.

Dikatakan: “Kami menyadari bahwa ada kaitan dengan sejarah buruk – meskipun itu tidak disengaja – dan kami meminta maaf atas kekecewaan atau kesusahan yang mungkin ditimbulkan oleh hal ini.

“Karena itu, kami telah memperbarui sisa kampanye,” katanya.

Perubahan yang akan dilakukan tidak disebutkan.

Iklan lain yang menampilkan duta merek Adidas termasuk pemain sepak bola Prancis Jules Kaunde, rapper Amerika A$AP Nast, dan model internet Sabrina Lan.

Apa yang dilakukan Adidas menuai banyak kritik.

Di media sosial, banyak netizen yang mengkritik usulan untuk “membingkai ulang” kampanye tersebut.

Mereka menanyakan apa pendapat Bella Hadid tentang serangan tahun 1972 itu.

Jurnalis Mehdi Hasan mengkritik Jonathan Greenblatt, Direktur Nasional dan CEO Liga Anti-Pencemaran Nama Baik, atas tweet yang dia tulis yang mengkritik Adidas.

“Ini adalah rasisme dan rasa mengasihani diri sendiri. Bella Hadid sama sekali tidak ada hubungannya dengan teror tahun 1972 – hanya saja dia orang Palestina.”

Kritik juga datang dari George Galloway, seorang politisi, jurnalis, dan penulis Inggris.

Pria yang pernah mewakili empat elit sebagai Anggota Parlemen ini secara terbuka mengkritik tindakan Adidas.

Dia bahkan menginginkan produk Adidas.

“Dengan lima anak kecil, saya membeli banyak dari Anda. Saya tidak akan membeli lagi karena cara Anda memperlakukan Bella Haddis. Anda akan membayar mahal atas paparan Anda terhadap pembunuhan massal di Gaza #BoycottAdidas

Adidas menarik kampanye Bella Hadid karena mereka memilih untuk mempercayai kebohongan yang disampaikan Israel kepadanya karena dia adalah warga Palestina dan bukan membela Bella Hadid. Ini memalukan. “

Adidas menunjukkan posisinya atas nama Israel.

Ini bukan pertama kalinya sebuah perusahaan pakaian olahraga memutuskan hubungan dengan duta selebriti setelah dituduh anti-Semitisme.

Adidas mengakhiri kemitraannya dengan rapper Kanye West pada Oktober 2022, dengan mengatakan bahwa mereka “tidak menoleransi anti-Semitisme” setelah rapper tersebut dilarang dari Instagram dan Twitter karena postingan yang menyinggung.

Adidas mengatakan komentar dan tindakan West “melanggar hukum, penuh kebencian dan berbahaya serta bertentangan dengan nilai-nilai keberagaman dan inklusi, rasa hormat dan keadilan perusahaan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *