Perwira Israel: Kami Takut Muncul Brigade Milisi Baru, Hamas Kuasai 2 Juta Warga Gaza Tanpa Paksaan

Perwira Israel: kami takut dengan pembentukan brigade milisi baru, Hamas memerintah 2 juta warga Gaza tanpa paksaan

TRIBUNNEWS.COM – Surat kabar Israel Haaretz mengutip seorang perwira militer Israel (IDF) yang mengatakan bahwa ada kekhawatiran di kalangan militer pendudukan tentang upaya untuk mengatur kembali kekuatan Gerakan Perlawanan Palestina Hamas.

Seperti diketahui, Israel mengklaim Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, menghancurkan kekuatan militer Jalur Gaza di sejumlah lokasi penting, seperti Rafah, di Gaza selatan.

Dalam pernyataannya, IDF kemudian mengatakan akan mengerahkan pasukan ke Front Utara, dengan fokus mengalahkan gerakan Hizbullah Lebanon dan memulangkan pemukim Yahudi di Utara ke rumah mereka.

Serangan harian Hizbullah terhadap banyak pemukiman Yahudi di wilayah utara yang diduduki tampaknya telah memaksa para pemukim melarikan diri ke daerah lain dan menjadi beban keuangan Israel.

Dilaporkan bahwa ketika IDF memindahkan pasukannya ke utara, Hamas kembali memperkuat barisannya, membentuk brigade baru untuk mengisi kesenjangan yang ditinggalkan oleh operasi militer berbulan-bulan di Jalur Gaza.

“Tentara Israel prihatin dengan upaya organisasi baru Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) yang menyerang tentara Israel di Jalur Gaza,” tulisnya, menurut informasi yang disampaikan seorang perwira Israel, Kamis (26 September 2024). . ). Pasukan Brigade Hamas Al-Qassam, sayap militer gerakan pembebasan Palestina. Tentara Israel dilaporkan mengatakan operasi militer di kota Rafah di Gaza selatan berjalan lambat dan tidak dapat diselesaikan dengan cepat karena Qassam sedang mempelajari manuver tempur IDF. (news/HO) Hamas menguasai dua juta warga 

Sementara itu, surat kabar Israel lainnya, Yediot Ahronot, mengutip sumber keamanan Israel yang mengatakan bahwa Gerakan Perlawanan Hamas sedang berusaha mendapatkan kembali pengaruhnya di wilayah yang ditinggalkan oleh tentara IDF di Jalur Gaza.

Dia menambahkan bahwa tentara Israel telah memperhatikan tren yang meresahkan bahwa Hamas mengendalikan hampir dua juta orang di Jalur Gaza tanpa tekanan atau perlawanan.

Mengutip sumber-sumber keamanan, ia menulis dalam siaran persnya: “Tidak ada warga Gaza yang menentang Hamas, dan tidak ada yang menentang kekuasaannya.”

Dia menekankan bahwa Hamas adalah “penerima manfaat terbesar” dari kegagalan rezim Israel saat ini dalam menemukan alternatif selain Hamas untuk memerintah Gaza. Tentara Israel di kawasan Rafah Timur, Gaza selatan, 15 Mei 2024. (Handout/Pasukan Pertahanan Israel) Tentara Israel yang tersisa di Gaza diserang oleh Al-Qassam.

Terkait situasi tersebut, pakar dan ahli strategi militer Nidal Abu Zeid memberikan analisisnya mengenai perkembangan situasi konflik di Jalur Gaza dan Lebanon selatan yang juga melibatkan tentara Israel.

Secara khusus, Abu Zeid menarik perhatian pada video yang dipublikasikan di jejaring sosial tentang penyergapan tentara Israel (IDF) di Rafah oleh milisi perlawanan.

Dia mengatakan penyergapan Brigade Al-Qassam terhadap IDF di Rafah menegaskan apa yang telah dia jelaskan sebelumnya tentang perlawanan yang sedang berlangsung di Gaza ketika operasi militer tentara Israel melambat karena terkonsentrasi di Front Utara.

“Milisi perlawanan Gaza mulai mendapatkan keuntungan dari pergeseran beban militer pendudukan Israel ke utara dan serangan langsung terhadap pasukan pendudukan yang tersisa di Jalur Gaza. IDF hanya memiliki Divisi Lapis Baja ke-162 dan dua brigade di Poros Netzarim. melawan pasukan IDF yang tersisa) menegaskan bahwa “perlawanan di Gaza mungkin masih terus berlanjut.”

Dia juga membantah klaim IDF bahwa mereka menghancurkan kemampuan militer Qassam di Rafah.

“Tampaknya ketenangan di wilayah Gaza selama beberapa hari terakhir memberikan kesempatan bagi milisi perlawanan untuk mengisi kesenjangan yang ditinggalkan oleh penarikan Divisi Parasut ke-98 dan unit lainnya dari Jalur Gaza,” kata Abu Zeid.

Seperti diketahui, ISIS saat ini lebih mengutamakan situasi di front utara, melakukan operasi militer melawan Hizbullah, gerakan perlawanan Lebanon.

Ada indikasi IDF akan segera melancarkan invasi darat ke Lebanon untuk mengusir pasukan Hizbullah.

“Operasi kontra-tembak (eskalasi) ISIS terkonsentrasi di utara bersama dengan Hizbullah, yang berarti kita akan melihat lebih banyak operasi perlawanan di Jalur Gaza dalam beberapa hari mendatang,” kata Abu Zeid. Asap mengepul di Lebanon selatan setelah serangan Israel di tengah pertempuran lintas batas yang sedang berlangsung antara Hizbullah dan pasukan Israel, seperti yang terlihat dari kota Sur di Lebanon selatan, 23 September 2024. (Aziz Taher/Reuters) Propaganda umum Israel

Terkait peristiwa di front utara, Abu Zeid membandingkan operasi militer yang dilakukan Israel di Lebanon pada tahun 2006 dengan operasi militer pada tahun 2024.

Menurut Abu Zeid, ada kesamaan antara agresi dan propaganda Israel. 

“Kita bisa melihat kesamaan dalam wacana media, seperti yang dinyatakan oleh Kepala Staf IDF saat itu: Danny Halutz mengatakan pemboman udara yang terkonsentrasi akan menyebabkan kekalahan Hizbullah. Kami menemukan bahwa kepala staf saat ini, Herzi Halevi, menggunakan bahasa media yang sama,” katanya.

Abu Zeid mengatakan bahwa meskipun ada propaganda Israel dan klaim keberhasilan dalam menghancurkan sejumlah infrastruktur dan jaringan perlawanan pada tahun 2006, tentara pendudukan mundur dan pertempuran berhenti.

Menurut Abu Zeid, “tujuan (perang) kepala staf ISIS saat itu Danny Halutz tidak tercapai.”

Kami informasikan bahwa dalam operasi militer tahun 2024 ini, IDF menyebut agresi tersebut sebagai “Poros Utara”. Nama tersebut diejek oleh Hizbullah yang menyebutnya sebagai “Rekening Terbuka”, mengacu pada klaim organisasi tersebut bahwa mereka sedang menunggu kedatangan tentara Israel untuk “memanen hasil panen”. Roket Hizbullah diluncurkan ke Israel. Pada Rabu (25/9/2024), rudal balistik Hizbullah untuk pertama kalinya menghantam Tel Aviv, ibu kota Israel, dan menghantam markas Mossad di ibu kota Israel. (berita) Pentingnya ledakan di markas Mossad

Abu Zeid mencatat bahwa Hizbullah mulai melihat keteraturan dalam peluncuran dan penargetan rudalnya.

“Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa Hizbullah telah berhasil, setidaknya untuk saat ini, untuk menyeimbangkan kembali dan memulihkan sebagian rantai pengambilan keputusannya. melakukan ledakan dengan jenis dan sasaran yang berbeda-beda,” ujarnya menjelaskan dampak serangan Israel terhadap rantai komando Hizbullah.

Abu Zeid mencatat bahwa aspek penting dari serangan rudal Qadir 1 terhadap gedung Mossad di Tel Aviv kemarin, Rabu, bukanlah nilai destruktifnya.

“Tetapi hal ini disebabkan oleh keberhasilan Hizbullah dalam meluncurkan rudal balistik dan ketidakmampuan Israel mendeteksi rudal jenis ini, yang memiliki banyak keuntungan (bagi Perlawanan),” katanya. 

Menurut Abu Zeid, perkembangan ini sejalan dengan upaya masyarakat internasional untuk menyerukan Israel mengakhiri pendudukannya atas tanah Lennon, yang akan menjadi kerugian terbesar bagi Tel Aviv jika hal ini sampai terjadi.

(oln/khbrn/*)       

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *