Satu Dekade Jadi Menlu RI, Retno Marsudi Ucapkan Terima Kasih ke Semua Negara Mitra Indonesia

Laporan Danang Triatmojo dari Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.

Dalam kapasitasnya, Retno meresmikan renovasi Gedung Pancasila, menerbitkan buku kepemimpinan persembahan Kompas di Kementerian Luar Negeri RI, dan mendapat penghargaan dari Otoritas Palestina.

Hadir pula 49 duta besar negara, 31 delegasi mewakili kedutaan negara, 10 orang perwakilan PNA non-duta besar, Utusan Khusus Palestina Riyad Al Maliki dan 3 orang mantan Menteri Luar Negeri RI Alwi Shihab, Hassan Wirajuda, dan Marti Natalegawa.

Acara diawali dengan penandatanganan piringan hitam Gedung Pancasila, pemotongan pita tanda selesainya renovasi gedung Pancasila, pemberian penghargaan kepada Menteri Luar Negeri Palestina Retno Marsudi, dan buku pendek mengenai kebijakan-kebijakan Retno. Kami mendoakan yang terbaik untuk Anda dalam 10 tahun ke depan memimpin diplomasi Indonesia.

Dalam sambutannya, Retno menjelaskan bahwa Bangunan Pancasila penting dalam catatan sejarah diplomasi Indonesia dan menjadi saksi bisu sejarah nasional dalam proses pengambilan keputusan politik luar negeri Indonesia.

“Ratusan pertemuan dengan para menteri dan pejabat luar negeri diadakan di gedung ini. Banyak orang mengunjungi aulanya. Berbagai percakapan ia ciptakan. Dengan cara ini, banyak perjanjian ditandatangani. “Upaya perdamaian yang besar juga dibahas di meja perundingan,” kata Retno.

Selama 10 tahun menjabat Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno terus berupaya menjadi bagian dari banyak solusi regional dan internasional yang dilakukan Indonesia.

Mulai dari isu Palestina, situasi di Afghanistan, konflik di Myanmar, perang di Ukraina, hingga bencana alam terhadap kejahatan transnasional.

Terkait hal tersebut, Retno mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menjalin kerja sama dengan Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

Perpisahan, Retno mengatakan Indonesia akan memiliki pemerintahan baru pada 20 Oktober 2024.

Ia berharap di bawah pemerintahan baru, Indonesia tetap menjadi mitra yang dapat diandalkan untuk perdamaian dan kemajuan.

“Izinkan saya juga menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas segala kerja baik dan kerja sama Anda selama 10 tahun terakhir,” ujarnya.

Retno juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Menlu RI.

Ia mengatakan, diplomasi luar negeri Indonesia sudah mencapai level saat ini dan semuanya berjalan baik.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang datang sebelum saya. Diplomasi Indonesia sampai pada titik ini karena itu semua, lanjut Retno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *