Kunci Jawaban Modul 2 Topik 1 PPG 2024, Pembelajaran Sosial Emosional: Mengapa Penting

TRIBUNNEWS.COM – Berikut jawaban Modul 2 Topik 1 PPG 2024 tentang pembelajaran sosial emosional: Mengapa penting?

Kunci jawaban Modul 2 Topik 1 bagi guru yang melakukan latihan pemahaman pada platform Merdeka Mengajar (PMM).

Terdapat 10 pertanyaan yang muncul pada Latihan Pemahaman Modul 2 Topik 1 Pembelajaran Sosial Emosional: Mengapa penting? 

Pertanyaan yang diajukan antara lain: Apa tujuan pembelajaran sosial emosional di sekolah? dengan jawaban Membangun keterampilan sosial dan emosional siswa, guru dan tenaga kependidikan.

Guru peserta Program Pengembangan Profesi Guru (PPG) (Daljab) 2024 dapat menggunakan kunci jawaban di bawah ini sebagai acuan dalam menjawab pertanyaan.

Untuk lebih jelasnya lihat jawaban Modul 2 Topik 1 pembelajaran sosial emosional: Mengapa penting? Tentang Latihan Pemahaman PPG Daljab 2024 Kunci Jawaban Modul 2 Topik 1 Pembelajaran Sosial Emosional: Mengapa Penting

1. Apa tujuan pembelajaran sosial emosional di sekolah? Untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Membangun keterampilan sosial dan emosional siswa, guru dan tenaga kependidikan. Membangun keterampilan sosial dan emosional guru Membangun keterampilan sosial siswa Membangun keterampilan pemecahan masalah siswa. Jawaban: Membangun keterampilan sosial dan emosional bagi siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

2. Dalam konteks sekolah, siapa yang harus mempelajari keterampilan sosial emosional? Pendidik dan tenaga kependidikan Murid dan orang tua Murid dan seluruh orang dewasa di sekolah (pendidik dan tenaga kependidikan) Orang tua dan tenaga kependidikan Pendidik dan orang tua Jawaban: Siswa dan seluruh orang dewasa di sekolah (pendidik dan tenaga kependidikan)

3. Mengapa guru dan orang dewasa lainnya di sekolah harus mempelajari keterampilan sosial-emosional? Jadi saya bisa mengikuti siswa lebih dekat. Meningkatkan hubungan antar guru. Mampu memberikan contoh positif dan mendukung pembelajaran siswa secara optimal dan komprehensif. Sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan pekerjaannya. Agar saya dapat melaksanakan tugas mengajar saya. Jawaban: Mampu memberikan contoh positif dan menunjang pembelajaran siswa secara optimal dan komprehensif.

4. Bagaimana pengembangan kecerdasan emosional melalui pembelajaran sosial dan emosional berkontribusi terhadap kemampuan seseorang dalam menavigasi situasi sosial yang kompleks? Kecerdasan emosional membantu meningkatkan kesehatan fisik seseorang agar tidak mudah sakit. Kecerdasan emosional membantu meningkatkan kemampuan seseorang dalam memahami dan mengelola emosi. Kecerdasan emosional membantu dalam mengatasi situasi keluarga yang sulit. Kecerdasan emosional membantu mengurangi keterampilan interpersonal dan meningkatkan keterampilan komunikasi intrapersonal.

5. Mengapa penting bagi sekolah untuk mengembangkan keterampilan sosial emosional siswa? Sebab keterampilan sosial emosional berpengaruh terhadap peningkatan citra sekolah. Sebab, keterampilan sosial emosional berdampak pada penurunan kasus bunuh diri. Sebab keterampilan sosial emosional berdampak pada penurunan tingkat stres dan kesehatan guru. Karena keterampilan sosial emosional mempengaruhi tingginya kepuasan siswa terhadap guru. Karena keterampilan sosial-emosional mempengaruhi keberhasilan akademik. Jawaban : E. Karena keterampilan sosial emosional mempengaruhi keberhasilan akademik.

6. Manakah dari pernyataan berikut yang tidak mencerminkan hubungan antara keterampilan sosial, emosi, dan pembelajaran siswa? Keterampilan sosial dan emosional siswa membantu mendukung semangat guru. Keterampilan sosial-emosional dapat memperkuat hubungan sosial, mengurangi konflik, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Keterampilan sosial dan emosional membantu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Keterampilan sosial dan emosional membantu siswa meningkatkan prestasi akademisnya karena mereka dapat lebih fokus pada studinya sehingga cenderung berprestasi lebih baik di sekolah. Keterampilan sosial dan emosional membantu siswa mengelola stres, meningkatkan ketahanan, dan merespons pembelajaran dengan lebih efektif. Jawaban: A. Keterampilan sosial dan emosional siswa membantu mendukung kesejahteraan emosional mereka.

7. Bagaimana hubungan pembelajaran sosial emosional dengan pemantapan catatan Pancasila siswa? Pembelajaran sosial emosional memperkuat pengembangan karakter siswa Pancasila. Pembelajaran sosial emosional meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran sosial emosional membantu memperkuat keterampilan pendidik dalam mengajarkan profil siswa Pancasila. Pembelajaran sosial emosional membantu mengenal nilai-nilai Pancasila yang harus dipelajari siswa. Pembelajaran sosial emosional membantu siswa memahami makna profil siswa Pancasila. Jawaban: A. Pembelajaran sosial emosional memperkuat pengembangan karakter siswa Pancasila.

8. Bagaimana keterampilan sosial-emosional dapat membantu seseorang menjadi lebih tangguh atau tangguh? Keterampilan sosial emosional membantu meningkatkan keterampilan komunikasi siswa sehingga dapat mencari bantuan jika diperlukan. Keterampilan sosial emosional meningkatkan kemampuan memahami kelemahan siswa. Keterampilan sosial emosional membantu meningkatkan kesehatan siswa agar tidak mudah terserang penyakit. Keterampilan sosial-emosional membantu guru segera mengenali jika siswanya mengalami stres. Keterampilan sosial emosional membantu meningkatkan kemampuan siswa untuk pulih dari kesulitan dan stres karena mampu mengelola emosinya dengan baik. Jawaban : E. Keterampilan sosial emosional membantu meningkatkan kemampuan siswa untuk pulih dari kesulitan dan stres karena mampu mengelola emosinya dengan baik.

9. Menurut Anda, dari contoh-contoh di bawah ini, manakah yang tidak memberikan alasan yang baik mengenai pentingnya peningkatan keterampilan sosial dan emosional orang dewasa di sekolah? Keterampilan sosial dan emosional membantu guru mencontohkan sifat-sifat karakter positif pada siswa sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif. Keterampilan sosial dan emosional membantu meningkatkan keterampilan pendidik dalam menghadapi konflik, kegagalan dan kekecewaan yang ditemuinya sehingga mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan mental. Keterampilan sosial dan emosional membantu siswa memahami dan berkomunikasi secara efektif dengan guru. Keterampilan sosial dan emosional membantu guru meningkatkan kemampuannya dalam bekerja dan bekerja sama dalam kelompok. Keterampilan sosial-emosional membantu guru dan staf pendidikan mengelola stres dan tekanan sehari-hari. Jawaban: C. Keterampilan sosial dan emosional membantu siswa memahami dan berkomunikasi secara efektif dengan guru.

10. Jika dilihat lebih luas, pengembangan keterampilan sosial emosional akan membantu terciptanya kesejahteraan sosial. Menurut Anda, pernyataan manakah di bawah ini yang tidak mencerminkan hal tersebut? Pembelajaran sosial emosional membantu meningkatkan derajat kesehatan jasmani masyarakat sehingga individu dalam masyarakat menjadi lebih sehat. Pembelajaran sosial-emosional membantu individu membentuk hubungan interpersonal yang lebih positif dan sehat. Hal ini dapat mengurangi konflik antarpribadi dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih harmonis. Pembelajaran sosial emosional membantu individu mengelola emosi dan konflik dengan cara yang konstruktif. Oleh karena itu, dapat berkontribusi dalam mengurangi tingkat kekerasan dan konflik di masyarakat. Pembelajaran sosial-emosional membantu mengembangkan keterampilan empati, sehingga meningkatkan pemahaman tentang keragaman sosial dan mendorong penerimaan terhadap perbedaan. Hal ini dapat menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan ramah. Pembelajaran sosial-emosional membantu individu mengelola stres, kecemasan dan depresi. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan mental seseorang akan meningkat, yang pada akhirnya dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih sehat secara keseluruhan. Jawaban : A. Pembelajaran sosial emosional membantu meningkatkan derajat kesehatan jasmani masyarakat sehingga individu dalam masyarakat menjadi lebih sehat.

*) Disclaimer: Jawaban soal Latihan Pemahaman Pembelajaran Sosial Emosional pada artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang menggunakan PPG Daljab 204 untuk PMM.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *