Pilot Israel Ketar-ketir, Takut Dituntut Kejahatan Perang Pasca Bunuh Bos Hizbullah Hassan Nasrallah

TRIBUNNEWS.COM – Pilot Skuadron 69 Israel yang melakukan serangan udara Beirut terhadap pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah kini dikhawatirkan tewas.

37 dari 40 pilot cadangan skuadron Angkatan Udara Israel mengaku khawatir setelah ikut serta dalam serangan udara di Beirut (Lebanon).

Mereka menargetkan markas bawah tanah Hizbullah, menghancurkan empat bangunan tempat tinggal di pinggiran selatan ibukota Lebanon, Dariye, dan menewaskan seorang pemimpin Hizbullah.

Para pejabat senior telah menyatakan keprihatinannya atas penyelidikan yang dilakukan oleh Pengadilan Kriminal Internasional setelah kematian Nasrallah.

“Kami khawatir bahwa reformasi seperti itu, yang dapat melemahkan independensi dan legitimasi peradilan, dapat mengarah pada penyelidikan dan penuntutan personel militer atas kejahatan perang oleh ICC,” kata tentara cadangan senior tersebut seperti dikutip oleh Middle East Monitor.

Dalam keterangan resminya, mereka juga mengakui serangan udara tersebut ditujukan kepada Hassan Nasrallah.

Hal ini juga dibenarkan oleh Pemimpin Skuadron TNI AU yang mengatakan bahwa pilot hanya diberikan rincian lokasi sasaran sebelum penerbangan, namun tidak mengenai korban jiwa sasaran.

Sebagai bentuk protes, 37 dari 40 pilot cadangan skuadron Angkatan Udara Israel bersumpah tidak akan mengikuti latihan udara. Netanyahu mengkritik militer

Setelah pilot dari Skuadron ke-69 Israel mengajukan keluhan kepada pemerintah tentang perintah operasi yang menewaskan pemimpin Hizbullah tersebut, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akhirnya angkat bicara.

Netanyahu mengutuk keras protes pilot tersebut.

“Penolakan untuk mengabdi mengancam landasan keberadaan kami, jadi hal tersebut tidak seharusnya mendapat tempat di jajaran kami,” kata Netanyahu.

Menteri Pertahanan Yoav Galant juga mengkritik pilot tersebut.

Sementara itu, media Israel melaporkan bahwa kepala staf Israel, Letjen Herzl Halevi, mengatakan kepada Netanyahu secara pribadi bahwa membahas desersi dapat membahayakan “kemampuan operasional” tentara.

Akibat permasalahan tersebut, Netanyahu akhirnya menggelar pertemuan dengan para komandan skuadron dan personel angkatan udara, serta pasukan cadangan.

Dalam pertemuan tersebut, para prajurit cadangan menyatakan akan berpartisipasi dalam latihan tersebut.

“Kami memiliki kepercayaan penuh pada komandan kami. Kami akan terus mengabdi pada negara Yahudi dan demokratis Israel selama diperlukan,” kata mereka. Iran menjanjikan tanggapan terhadap Israel

Sekadar informasi, pemimpin tertinggi Hizbullah, Hassan Nasrallah, dinyatakan tewas akibat serangan besar-besaran yang dilakukan Angkatan Udara Israel di Beirut, ibu kota Lebanon, pada akhir pekan lalu.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan dalam laporannya bahwa Nasrallah terbunuh bersama beberapa komandan lainnya, termasuk komandan front selatan Hizbullah Ali Karki.

Sebagai bentuk pembalasan, awal pekan lalu, Iran melancarkan serangan rudal balistik ke Tel Aviv Israel.

Selama serangan ini, Iran menembakkan sedikitnya 180 rudal secara berturut-turut ke Israel.

Meskipun beberapa serangan Iran telah berhasil dihalau, Iron Dome, sistem pertahanan udara Israel. Namun, serangan itu membuat marah Netanyahu.

Hingga Israel mengancam akan menargetkan fasilitas nuklir atau minyaknya setelah serangan rudal besar-besaran dari Teheran.

Menanggapi ancaman ini, Menteri Luar Negeri Iran memperingatkan Tel Aviv bahwa jika negara tersebut menyerang Iran, Teheran akan memberikan respons tegas.

“Jika Israel mengambil langkah atau tindakan apa pun terhadap kami, tindakan pembalasan kami akan lebih kuat dari sebelumnya,” kata Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi seperti dikutip Al Jazeera.

Aragchi mengatakan serangan Iran terhadap Israel adalah “pembelaan diri yang sah berdasarkan Piagam PBB.”

(Tribunnews.com/ Namira Junia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *