Wamenhan Herindra Pimpin Upacara Penetapan 1.145 Anggota Komcad Matra Darat di Cilodong

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI M. Herindra bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam penetapan Komponen Cadangan Angkatan Darat (Komcad) Tahun Anggaran 2024.

Peristiwa ini berlangsung pada Rabu (18/09/2024) di Markas Divisi Infanteri 1/Lapangan Upacara Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Kehadiran Wamenhan disebut mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang sedang menjalankan tugas negara lain yang tidak bisa dikesampingkan.

Sebanyak 1.145 orang dilantik menjadi Komcad Matra Darat TA. 2024 setelah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan selama dua bulan. Upacara diawali dengan laporan Pembawa Acara kepada Irupu yang selanjutnya melakukan peninjauan pasukan dengan menaiki Kendaraan Taktis Maung produksi PT Pindad. 

Selain itu, Irup mendapat laporan pelaksanaan temuan Komcad Matra Darat TA. 2014 dari Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan dan dilanjutkan dengan pernyataan resmi Irup tentang penunjukan Komcad Matra Darat TA. 2024.

Dalam pesan tertulis Menteri Pertahanan RI Prabow Subianto disebutkan, kehadiran anggota Komcad merupakan cerminan keikhlasan, semangat, keikhlasan dan rasa cinta terhadap NKRI. “Dari sini, semuanya membangun Indonesia ke arah yang lebih kuat dan maju,” kata Menteri Pertahanan RI dalam pidato yang dibacakan Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra.

“Kepada komponen cadangan yang dilantik hari ini dan telah menyelesaikan program pelatihan, saya berharap agar selalu menjaga komitmennya untuk lebih meningkatkan keterampilan dan profesionalismenya sesuai dengan misinya. “Selalu siap bela negara dan siap berkontribusi sebesar-besarnya untuk menjaga keamanan dan keutuhan NKRI,” demikian pesan tertulis Menteri Pertahanan Prabow. 

Kami berharap dengan terbentuknya Kodam Matra Darat, setiap anggota dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara serta menjadi pengganda kekuatan TNI bila diperlukan. 

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan peragaan berbagai keterampilan bela diri masyarakat Komcad dan pawai pasukan. Dalam pameran ini, para peserta Komcad menunjukkan ketrampilan dan kesiapannya dalam menjalankan tugasnya.

Sejumlah pejabat TNI dan Polri hadir dalam upacara ini, antara lain Panglima TNI Dankorbrimob, Panglima TNI Wakasad, Rektor Unhan RI Wakasau, Panglima Kostrad dan pejabat Kementerian Pertahanan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *