Pansel Bakal Libatkan PPATK hingga BIN Cek Rekam Jejak Capim-Calon Dewas KPK

Sebanyak 236 orang lolos dalam seleksi administrasi calon pimpinan KPK (CAPIM), dan 146 orang lolos calon anggota Devas KPK. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan memberikan nama-nama pelamar yang berhasil ke berbagai instansi pemerintah untuk verifikasi pelamar yang berhasil.

“Kami serahkan ke semua pihak termasuk PPATK, KPK, Kapolri, BIN, Kejaksaan, BPKP, BPK, masyarakat. Semuanya akan kami kaji untuk dijadikan bahan penilaian,” kata Ketua KPK Pensel , Muhammad Yusuf dan Ah, di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (24/07/2024).

Andh mengatakan, pihaknya juga mengharapkan partisipasi masyarakat terkait hasil calon pimpinan KPK dan calon anggota Devas KPK. Panel akan memastikan bahwa semua komentar dari komunitas diperhitungkan.

“(Masukan masyarakat) sangat penting. Nanti untuk melihat hasilnya selama ini, kita akan menggunakan seluruh institusi pemerintah, tapi kita juga akan melibatkan masyarakat. Nanti kita gabungkan dengan informasi dari masyarakat,” ujarnya

Tanggapan publik dapat dikirimkan mulai hari ini hingga 24 Agustus. Masyarakat dapat mengirimkan masukan kepada panel di hhtps://apel.setneg.go.id atau melalui email di [email protected] dan [email protected].

Sebanyak 236 orang dinyatakan berhasil dalam pemilihan administratif calon pimpinan KPK. Jumlah tersebut berasal dari 318 orang yang memulai pendaftaran jabatan pimpinan KPK pada 26 Juni hingga 15 Juli 2024, sejak pendaftaran dibuka. Pada tahap pemilihan administratif, proporsi pimpinan KPK sebesar 74%.

Sementara terkait anggota Devas KPK, Pensel mencatat ada 146 orang yang dinyatakan berhasil. Jumlah tersebut sebanyak 207 orang yang terdaftar sebagai calon anggota Dewas KPK.

“Dibandingkan jumlah calon yang berhasil menyelesaikan pemilihan calon pemimpin pada periode sebelumnya, baik jumlah maupun persentasenya mengalami peningkatan,” kata Oh.

Dari seluruh komposisi, pelamar laki-laki berjumlah 221 orang, terbukti berhasil menjadi calon pimpinan KPK. Sedangkan perempuan berjumlah 15 orang.

Ada 130 pelamar laki-laki yang berhasil dan 16 perempuan dalam komposisi calon anggota Dewas KPK. Nama-nama calon yang dinyatakan berhasil dalam pemilihan administratif dipublikasikan di situs Sekretariat Negara dan KPK. telah dipublikasikan di situs web

Kandidat yang lolos seleksi administrasi ini akan mengikuti ujian berikutnya yaitu ujian tertulis. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Rabu (31/7) di Pusat Pengembangan Kapasitas ASN Setneg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *