Kaesang Klaim Jet Pribadi yang Ditumpangi Bersama Erina Punya Teman

Laporan reporter Tribunnews.com Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, mengklaim pesawat jet pribadi yang ia bagikan bersama istrinya Erina Gudono adalah milik temannya. 

Gaeseong dan Erina diketahui menarik perhatian dengan menggunakan pesawat pribadi saat berangkat ke Amerika Serikat pada pertengahan Agustus lalu. 

Hal itu disampaikan Presiden Partai Solidaritas Indonesia (PSI) saat berkunjung ke gedung pusat kajian antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (ACLC KPK) di Jakarta Selatan, Selasa (17 September 2024).

Gaeseong mengatakan, “Saya juga menjelaskan bahwa kisah menumpang dan menaiki pesawat teman menjadi topik hangat ketika saya melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada tanggal 18 Agustus.” 

Namun Kaesong tak menjelaskan lebih lanjut soal temannya pemilik pesawat jet tersebut. 

Dia meminta wartawan tersebut menghubungi langsung KPK dan kuasa hukumnya terkait penggunaan jet pribadi tersebut. 

Kaesong hanya menyebut kehadirannya di gedung ACLC KPK bersifat pribadi.

Kaesong berkata, “Saya datang ke sini bukan atas undangan atau telepon, tetapi atas inisiatif saya sendiri.”

Berdasarkan Tribun News, Kaesong tiba pada pukul 10.30 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam.

Kaesong akhirnya masuk ruangan pada pukul 10.40 WIB setelah didampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

Kaesong hanya terlihat sebentar di Gedung KPK dan membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk memberikan keterangan kepada KPK. 

Kecurigaan Ketum PSI sekaligus putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesong Pangareep mendapat suap jet pribadi bermula dari Instagram Story yang diposting istrinya, Erina Gudono.

Dalam unggahannya, Erina memposting foto yang memperlihatkan jendela pesawat dengan awan terlihat, namun publik meyakini foto tersebut diambil dari jet pribadi dan bukan penerbangan komersial.

Pesawat yang ditumpangi Gaeseong dan Erina untuk berangkat ke Amerika Serikat diketahui berjenis jet Gulfstream G650ER.

Biaya sewa jet pribadi pun disebut-sebut mencapai Rp 8,7 miliar. 

Setelah postingan tersebut viral, Kaesong dilaporkan ke KPK karena jet pribadi tersebut dikabarkan diterima sebagai hadiah, yakni hadiah dari salah satu e-commerce ternama.

Sejauh ini, KPK telah menerima dua laporan dari Koordinator Asosiasi Pemberantasan Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *