Baru Dilantik, Sudah Banyak Kursi Anggota DPR dan DPD Kosong saat Rapat Paripurna MPR

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA – Kamis (3/10/2024) pagi, suasana Kompleks Parlemen Senayan Jakarta kembali ramai dengan kehadiran ratusan anggota parlemen masa jabatan 2024-2029.

Mereka terlihat berpakaian bagus dan banyak anggota dewan perempuan yang mengenakan gaun batik senada dengan warna topinya.

Pukul 10.00 WIB, anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI mulai memasuki Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Jakarta. Mereka akan menggelar pertemuan multilateral untuk menentukan struktur kepemimpinan periode 2024-2029.

Banyak artis ternama yang duduk di kursi dewan juga hadir dalam rapat dewan tersebut.

Di antaranya Anggota DPD RI Alfiansyah Komeng, Anggota DPR RI PDI Perjuangan (PDIP) Vans Mekel, Denny Cagur, dan Nico Siahan.

Belakangan, anggota DPR RI dari kelompok Gerindra Ahmed Dhani, Mulan Jamila hingga Meli Goslava. Kelompok PAN Uya Kuya, Anggota DPR RI dari Sigit Purnomo (Ungu Pasha) hingga Verrell Bramasta.

Pukul 10.30 WIB, Ketua Pj MPR RI Guntur Sasono dan Wakil Ketua Pj Larasati Moriska tampak memimpin rapat umum tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Pimpinan DPR RI dan DPD RI, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasko Ahmad, Adis Qadir, dan San Mustopa.

Kemudian, Ketua DPD RI Sultan Bakhtiar Necemuddin dan Wakil Presiden DPD RI Yoris Ravei.

Sejak pukul 10.30 WIB, berdasarkan catatan daftar hadir yang dikirimkan Sekjen, sebanyak 545 orang dari 732 anggota MPR hadir dan menandatangani daftar hadir.

Oleh karena itu, rapat tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat penghitungan sesuai peraturan MPR RI.

Pantauan Tribunnews.com di lokasi hingga pukul 10.40 WIB, tampak ada kekosongan dalam rapat umum. 

Ruang sidang yang kosong nampaknya mendominasi jajaran anggota DPD RI. Berdasarkan hitungan Tribun, anggota DPD RI yang hadir saat rapat dimulai hanya 50 orang.

Sementara di jajaran anggota DPR RI, hanya ada sedikit lowongan.

Pantauan Tribun, banyak anggota DPR RI dari berbagai kalangan yang tidak menghadiri rapat paripurna penetapan pimpinan MPR RI.

Hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah anggota dewan yang mengikuti kegiatan tersebut dan ada pula yang mendapat izin atau lolos.

Sekitar pukul 11.10 WIB, beberapa anggota DPD RI mulai satu per satu. Namun masih banyak kursi yang kosong.

Begitu pula dengan kursi yang diminta para tamu juga ditemukan kosong. Hanya Menteri ATR/BPN Agus Harimurthy Yudhoyono (AHY) yang hadir. Struktur Pimpinan MPR RI 2024-2029

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmed Muzanî dilantik menjadi Ketua Dewan Permusyawaratan Republik Indonesia (MPR RI) periode 2024-2029.

Guntur mengungkapkan di awal sidang, hadir 545 orang dalam sidang hari ini dari 732 anggota MPR.

Guntur mengatakan, “Dengan mengucap Bismillahirrehmanirrahim, Sidang Umum ketiga dengan agenda penyelenggaraan MPR ini kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum.”

Setelah itu, pimpinan sidang menyampaikan usulan Ketua MPR RI periode 2024-2029 di seluruh golongan dan golongan DPD RI dan meminta persetujuannya.

“Bolehkah dibayar?” Pertanyaan Guntur dijawab positif oleh anggota MPR RI. Ahmed Muzani, Presiden terpilih MPR periode 2024-2029 (kiri) dan Wakil Presiden terpilih MPR RI (kanan ke kiri) Abakandra Suprataman, Eddy Baskoro, Eddy Soparno, Hidayat Noor Wahid, Rushdi Kirana, Lestari Moardijat, Kahar . Muzakir, Bambang Wuryanto dilantik pada Kamis (3/10/2024) saat pelantikan Ketua MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Majelis Umum MPR menyetujui Ahmed Muzani dari Fraksi Partai Gerindra menggantikan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2024-2029. Tribun Berita/Irwan Rismawan (Tribune News/Irwan Rismawan)

Sementara itu, Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin dilantik sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029.

Susunan pimpinan MPR RI periode 2024-2029 adalah sebagai berikut.

Presiden: Ahmed Muzanî (F-Gerindra)

Wakil Presiden : Bambang Wuriento (F-PDIP)

Wakil Presiden : Kahar Muzakir (F-Golkar)

Wakil Ketua DPR : Lestari Moardijat (F-Nasdem)

Wakil Presiden : Rushdi Kirana (F-PKB)

Wakil Presiden : Hidayet Nur Wahid (F-PKS)

Wakil Presiden: Eddie Soperno (F-Pan)

Wakil Ketua DPR : Edhi Baskoro Yudhoyono (F-Demokrat)

Wakil Presiden : Abakandra Muhammad Akbar Suprataman (Grup DPD RI).

(Jaringan Tribun/Yuda/coz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *