WHO: Pemanfaatan Vaksin Bisa Kurangi Pemakaian 2,5 miliar Dosis Antibiotik Setiap Tahun

Laporan reporter Tribunnews.com Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penggunaan vaksin yang lebih baik dapat mengurangi penggunaan 2,5 miliar dosis antibiotik setiap tahunnya, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Peningkatan investasi pada vaksin dapat mencegah kematian akibat resistensi antimikroba, mengurangi penggunaan antibiotik, dan menghemat biaya pengobatan infeksi yang resistan terhadap obat.

Meskipun beberapa vaksin sudah tersedia namun kurang dimanfaatkan, vaksin lain perlu dikembangkan dan dipasarkan secepat mungkin.

Resistensi antimikroba (AMR) terjadi ketika bakteri, virus, jamur, dan parasit tidak dapat lagi merespons obat antimikroba.

Oleh karena itu, membuat orang sakit dan meningkatkan risiko penyakit, kematian, dan penyebaran infeksi yang sulit diobati. .

Resistensi antimikroba sebagian besar disebabkan oleh penyalahgunaan dan penggunaan obat antimikroba yang berlebihan.

Namun, pada saat yang sama, banyak orang di seluruh dunia tidak memiliki akses terhadap obat antibakteri yang penting. .

Hampir 5 juta orang di seluruh dunia meninggal karena AMR setiap tahunnya.

WHO mengatakan di situs resminya pada hari Kamis: “Vaksin adalah bagian penting dari respons untuk mengurangi resistensi antimikroba. Karena vaksin dapat mencegah infeksi, mengurangi penggunaan dan penyalahgunaan obat antimikroba, serta memperlambat munculnya dan penyebaran patogen yang resistan terhadap obat. .”

Laporan baru ini didasarkan pada studi Organisasi Kesehatan Dunia yang diterbitkan tahun lalu di BMJ Global Health. .

Diperkirakan bahwa vaksin terhadap pneumonia pneumokokus, Haemophilus influenzae tipe B (Hib, bakteri penyebab pneumonia dan meningitis), dan tifus dapat mencegah hingga 106.000 kematian terkait AMR setiap tahunnya. .

Hingga 543.000 kematian terkait AMR dapat dicegah setiap tahunnya jika vaksin baru untuk melawan tuberkulosis (TB) dan Klebsiella pneumoniae dikembangkan dan diterapkan secara global. .

Meskipun vaksin tuberkulosis baru sedang dalam uji klinis, vaksin terhadap Klebsiella pneumoniae masih dalam tahap awal pengembangan.

“Mengatasi resistensi antimikroba dimulai dengan mencegah infeksi, dan vaksin adalah salah satu alat paling ampuh untuk mencapai tujuan ini,” kata Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia. .

Jelaskan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Ia melanjutkan: “Peningkatan akses terhadap vaksin yang ada dan pengembangan vaksin baru untuk melawan penyakit penting seperti tuberkulosis sangat penting untuk menyelamatkan nyawa dan membalikkan arah resistensi antimikroba.”

Vaksinasi adalah kunci untuk mencegah infeksi.

Tingkat infeksi lebih rendah di antara orang-orang yang divaksinasi.

Oleh karena itu, Anda terlindungi dari kemungkinan komplikasi infeksi sekunder yang mungkin memerlukan obat antibakteri atau memerlukan rawat inap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *