Bamsoet, Anwar Usman, hingga Jimly Hadiri Peluncurkan Buku Green Democracy Karya Sultan Najamuddin 

Wartawan Tribunnews.com, Raza Denny melaporkan

TribuneNews.com, Jakarta – Banyak masyarakat Tanah Air menghadiri acara peluncuran buku DPD RI Sultan Najamuddin bertajuk Green Democracy di ballroom Fairmont Hotel Senayan Jakarta.

Diantaranya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Gimli Assidiki, Menteri Dalam Negeri Prof. Muhammad Tito Karnavian, Ketua Kongres Rakyat India, Bambang Sosatyo, Anwar Usman, Fahri Hamzah dan Direktur Eksekutif Walhi Jenji Suhadi.

Dalam buku tersebut, Sultan menjelaskan bagaimana demokrasi Indonesia mengalami pasang surut sejak reformasi. Faktanya, hal ini jarang dianggap statis. 

“Demokrasi yang layak itu mahal, boros energi, mendekati pola penggunaan sumber daya alam yang tidak berkelanjutan, dan berdampak pada kualitas lingkungan hidup,” ujar Sultan B dalam buku tersebut. pesta peluncuran. Kecelakaan itu, kata dia, pada Minggu (29/9/2024).

“Tentu kita ingin demokrasi dan kualitas lingkungan hidup kita (ekologi) tetap berada pada lingkungan yang sejuk dan seimbang di tahun-tahun krisis iklim,” kata Sultan.

Keseimbangan demokrasi (look and balance) dan keseimbangan ekologi, menurut Sultan, menjadi kata-kata utama dalam buku yang ditulisnya. Hijau bukan hanya sekedar warna, tetapi juga melambangkan harapan, pertumbuhan, masa muda, kehidupan dan keseimbangan.

“Melalui buku ini kita melihat banyak inovasi demokrasi yang berdampak pada Indonesia kita. Baik dalam sistem pemilu, sistem parlementer, dan sistem hukum, dan sangat memperkuat lembaga DPD,” kata Fia.

Selain itu, Sultan mengatakan partainya sangat mendukung perdebatan pembentukan kabinet Jaken di pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subanto. 

Untuk pemisahan kekuasaan, kursi umum partai politik harus ditempatkan pada struktur pimpinan MPR.

“Ketua Partai harus ditempatkan pada posisi terhormat sebagai anggota dewan. MPR sebagai anggota dewan nasional di RI,” usulnya.

Selain pembagian buku, di hadapan 110 anggota DPD terpilih juga dilakukan pengumuman mendadak kumpulan pimpinan DPD RI periode 2024-2029.

Sultan B. Najamuddin menjadi ketua tim pimpinan, didampingi 3 orang wakil ketua, Yoris Ravei, Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Tamsil Linrung. 

Seperti diketahui, pemilihan Ketua DPD RI dilakukan dengan sistem keranjang yang mewakili 4 daerah pemilihan. 

Paket pimpinan DPD Sultan sejauh ini memperoleh 110 suara dari total 152 anggota DPD terpilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *