Israel Menolak Pembicaraan dengan Menlu Norwegia Espen Barth Eide Mengenai Pengakuan Palestina

Israel menolak pembicaraan Menteri Luar Negeri Norwegia tentang pengakuan Palestina

TRIBUNNEWS.COM- Israel menolak pembicaraan Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide tentang pengakuan Palestina.

Media Israel mengklaim bahwa Tel Aviv telah menolak beberapa permintaan Kementerian Luar Negeri Norwegia untuk melakukan pembicaraan sejak Mei

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menolak permintaan kunjungan Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide karena pengakuan Oslo atas negara Palestina.

Menurut Menteri Luar Negeri Israel, Menteri Luar Negeri Norwegia telah mendorong diadakannya pertemuan beberapa kali sejak Oslo mengakui negara Palestina pada bulan Mei.

Eide mengkonfrontasi Katz pada pertemuan puncak NATO minggu lalu di Washington, dan menjelaskan bahwa ada banyak hal yang perlu dia bicarakan dengan Katz; namun, menteri luar negeri Israel menanggapinya dengan mengatakan, “Anda juga telah melakukan banyak hal untuk kami,” mengacu pada pengakuan Norwegia terhadap Palestina.

Pada akhir Mei, Norwegia, bersama Spanyol dan Irlandia, menegaskan pengakuan mereka atas negara Palestina bersatu, yang terdiri dari Tepi Barat dan Jalur Gaza yang diduduki, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya di bawah kekuasaan Otoritas Nasional Palestina.

Eide sebelumnya mengatakan dia tidak mengharapkan pengakuan timbal balik atas Palestina akan mengakhiri konflik yang sedang berlangsung, namun menekankan bahwa hal itu merupakan “bahan penting” untuk keharmonisan regional.

Tanggapan Israel terhadap perkembangan ini adalah dengan menarik duta besarnya dari tiga negara Eropa, selain melarang kunjungan diplomatik dan visa ke Irlandia, Norwegia, dan Spanyol.

SUMBER: CRADLE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *