Enerland Hadir untuk Keluarga Indonesia, Siap Edukasi Pentingnya Kebiasaan Sarapan Bergizi Lengkap

 

TRIBUNNEWS.COM – Dalam budaya masyarakat Indonesia, kebiasaan sarapan pagi dengan gizi lengkap masih belum terbentuk.  Melalui Survei Diet Total (SDT) yang dilakukan pada tahun 2020, tercatat sekitar 66,8 persen anak Indonesia masih mengonsumsi sarapan dengan kualitas gizi yang rendah. 

Akibatnya, sarapan yang dikonsumsi sebagian besar anak tidak mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya sarapan bergizi mendorong Badan Pangan Nasional untuk menggencarkan edukasi kepada anak-anak sekolah tentang pentingnya budaya sarapan sehat dan bergizi, hal ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia. Generasi Emas 2045.

Sebagai komitmen untuk mendukung dan mengedukasi pentingnya sarapan sehat dan bergizi bagi anak Indonesia, merek minuman susu dan sereal asli Indonesia Energen menghadirkan Enerland di FX Sudirman, Jakarta mulai 10-13 Oktober 2024.

Edukasi tentang manfaat sarapan bergizi setiap pagi

Enerland merupakan pengalaman edukasi interaktif pertama di Indonesia yang memberikan cara menyenangkan bagi keluarga untuk memahami manfaat sarapan lengkap bergizi untuk menunjang aktivitas dan proses belajar anak sehari-hari. 

Dengan memadukan teknologi dan aktivitas edukasi yang menyenangkan, pengunjung – baik anak-anak maupun orang tua – dapat belajar tentang sarapan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menentukan pilihan sarapan yang tepat.

Enerland diresmikan oleh Dokter Spesialis Anak Dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc., S.P.A yang berbagi fakta menarik mengenai kebiasaan sarapan pagi dan gizi anak secara keseluruhan. 

Dr. Denta menegaskan, sarapan sehat saja tidak cukup. Pasalnya, sarapan bergizi lengkap dan seimbang memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan fisik dan otak anak dalam masa pertumbuhan. 

“Penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa anak-anak yang melewatkan sarapan memiliki prestasi belajar yang lebih buruk di sekolah dibandingkan mereka yang sarapan secara teratur. “Asupan nutrisi mempengaruhi sel dan struktur otak, sehingga harus ada energi yang terus menerus masuk ke otak anak,” ujarnya saat membuka Enerland, Kamis (10/10/2024).

Dr. Denta mengimbau para orang tua untuk mulai menerapkan kebiasaan sarapan yang baik dengan menerapkan empat langkah yaitu gizi seimbang yang baik, jadwal makan yang tepat, kebiasaan makan yang baik dan penilaian kembali kecukupan gizi. Mulai dari protein, lemak, vitamin hingga mineral. 

Sereal terbukti menjadi pilihan menu sarapan yang kaya nutrisi dan memberikan energi optimal pada anak sepanjang hari. Seperti dilansir The Pharma Journal, biji-bijian mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat larut dan tidak larut, protein, serat, vitamin, mineral, dan susu. 

Menjadi produk sereal pilihan masyarakat Indonesia selama 30 tahun, merupakan makanan kesehatan yang kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, kalsium dan asam folat, menurut Arviana Lestari, manajer pemasaran senior Energen.

Selain itu, Energen menggunakan bahan-bahan berkualitas premium dan rasanya disukai masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

“Ditambah lagi, kini Energine memiliki manfaat 30 persen lebih banyak, membantu anak merasa kenyang lebih lama dan mendapatkan nutrisi lebih lengkap saat sarapan,” kata Arrivana. 

Pendidikan interaktif untuk anak dan keluarga Indonesia

Melalui Enerland, Energen berupaya mengedukasi anak dan orang tua tentang sarapan lengkap bergizi dengan cara yang seru dan menyenangkan. 

“Enerland menghadirkan kawasan edukasi yang seru dan menyenangkan serta mendukung perkembangan kognitif anak. Di kawasan ini pengunjung dapat memahami bahwa sarapan tidak hanya mengenyangkan tetapi juga bergizi lengkap,” kata Arviana. 

Saat memasuki Enerland, pengunjung langsung disambut oleh ruang identifikasi sarapan untuk memeriksa kembali apakah sarapan yang disantap anak selama ini memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. 

Kemudian terdapat ruang edukasi interaktif yang menyajikan penjelasan menarik tentang pentingnya sarapan bergizi lengkap dengan robot Enero. Selain itu, pengunjung berusia 6-12 tahun dapat mengikuti kompetisi Virtual Reality (VR) pertama untuk anak-anak.

Pengunjung dapat membawa pulang goodie bag senilai lakh rupee, berfoto di spot-spot Instagrammable dan TikTokable, serta berkesempatan memenangkan hadiah menarik senilai crore rupee.

Ibu selebriti Jessica Iskandar (Jadar) juga menghadiri pembukaan Enerland bersama putranya El Baraka. Jedar berbagi pengalamannya mengonsumsi Energia sebagai pilihan sarapan lengkap bergizi untuk keluarga. 

“Kadang-kadang kita sebagai ibu menganggap sarapan itu penting untuk mengenyangkan perut. Padahal, anak-anak harus sarapan yang bergizi lengkap karena mereka juga punya kesibukan. Sarapan adalah modal awal untuk beraktivitas anak-anak kita, maka dari itu kami Jessica berkata, “Kamu mengisi perutmu. Orang tua perlu kreatif dalam menawarkan sarapan yang tidak hanya bergizi.

“Saya biasanya memberikan sarapan Energine kepada anak-anak saya, karena mudah dibuat dan kaya nutrisi. Ditambah lagi, serealnya mengandung serat yang baik untuk pencernaan,” ujarnya. 

Tak lupa, Jader dan Elle mencoba berbagai permainan edukasi interaktif di Enerland. Menurut Zeder, berbagai fasilitas yang tersedia membantu pengunjung belajar tentang pentingnya sarapan bergizi dan bagaimana Morning Energy memenuhi kebutuhan nutrisi.

Dengan membeli 2 sachet Energen hanya Rp 50.000, anak-anak dan temannya bisa mendapatkan tiket masuk gratis ke Enerland dan mendapatkan pengalaman seru sekaligus mendidik dalam satu pengalaman istimewa. 

Ayo kunjungi Enerland di FX Sudirman Jakarta hingga 13 Oktober 2024 dan pelajari pentingnya sarapan lengkap bergizi sambil bersenang-senang dan menghabiskan waktu berkualitas bersama anak Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *