Kunci Jawaban Post Test PPA Umum 1, 2, 3 PPG Daljab 2024: Anda adalah Guru Bahasa Indonesia

TRIBUNNEWS.COM – Inilah Kunci Jawaban Post Test 1, 2, 3 PPG 2024.

Pada Post Test PPA Umum 1, 2, 3 PPG 2024, guru diminta menjawab 15 soal pada latihan pemahaman modul.

Soal 1, 2, 3 Post Test Umum PPA muncul di platform Merdeka Mengajar (PMM) pada saat guru mengikuti pelatihan PPG untuk guru tertentu pada posisi 2024.

Guru dapat menggunakan kunci jawaban dibawah ini sebagai alat bantu jawaban Post Test Umum PPA 1, 2, 3 PPG 2024.

Salah satu soal pada PPA General Post Test 1, 2, 3 adalah: Anda adalah seorang guru bahasa Indonesia yang bermaksud mengajarkan keterampilan menulis kepada siswa di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu siswa mengungkapkan gagasannya secara tertulis melalui ungkapan dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun, keterampilan menulis siswa di sekolah Anda sangat heterogen. Ada yang pandai menulis, namun banyak juga yang kesulitan. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?

Selengkapnya dibawah ini adalah Kunci Jawaban Soal PPG 2024 Post 1, 2, 3 : Jawaban Soal Test PPA 2024 Post 1

1. Anda adalah seorang guru bahasa Indonesia yang bermaksud mengajarkan keterampilan menulis kepada siswa di sekolah Anda. Literasi ini akan membantu siswa mengungkapkan gagasannya secara tertulis melalui ungkapan dan bahasa yang efektif dan efisien. Namun, keterampilan menulis siswa di sekolah Anda sangat heterogen. Ada yang pandai menulis, namun banyak juga yang kesulitan. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?

A. Meningkatkan kompleksitas kegiatan hanya bagi siswa yang telah mempunyai kemampuan menulis yang baik b. Mulailah menugaskan kegiatan menulis berdasarkan topik minggu ini berdasarkan kemampuan pribadi. Membuat panduan dan tugas yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kemampuan menulis siswa D. Mewaspadai perbedaan kemampuan awal dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa. Tetap menggunakan metode pengajaran standar yang biasa: c. Membuat panduan dan tugas yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kemampuan menulis siswa

2. Anda akan mempelajari mata pelajaran PJOK dan mempelajari materi tentang permainan bola voli yang memerlukan penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Sebaliknya sekolah anda belum mempunyai sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan praktik sehingga cukup menyulitkan anda dalam melakukan proses pembelajaran dan evaluasi. Jika dihadapkan pada situasi ini, apa yang akan Anda lakukan?

A. Cobalah untuk mengembangkan petunjuk observasi sederhana untuk gerakan dasar b. Memahami pentingnya metode observasi untuk mengetahui keterampilan praktis siswa dalam bermain bola voli. Tetap akan melakukan penilaian keterampilan dengan meminjam lapangan voli terdekat. Akan memberikan tes tertulis hanya karena keterbatasan sarana dan prasarana praktik. itu. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan oleh seluruh guru PJOK meskipun fasilitas praktik di sekolah terbatas. Kunci Jawaban: e. Membuat panduan observasi yang dapat digunakan oleh seluruh guru PJOK meskipun fasilitas praktik di sekolah terbatas.

3. Pada salah satu materi pembelajaran poster sebagai media informasi, rencananya anda akan meminta setiap siswa untuk berlatih membuatnya dengan tema budaya. Namun sebagian besar siswa meminta Anda untuk membuat mata pelajaran tersebut gratis, sesuai dengan minat pribadinya. Sebagai seorang guru IT, apa yang akan Anda lakukan ketika menghadapi situasi ini?

A. Izinkan siswa membuat poster berdasarkan minatnya. pada. Usahakan untuk memperluas topik poster sesuai keinginan siswa, walaupun tidak terlalu jauh dari topik budaya. Pahami perbedaan minat siswa saat membuat tugas ini. Mintalah siswa membuat poster sesuai dengan topik yang telah Anda tentukan. itu. Buat survei minat siswa untuk digunakan sebagai alternatif pembuatan topik sebelum mengajar. Kunci Jawaban: e. Buat survei minat untuk digunakan siswa sebagai alternatif pembuatan topik pembelajaran.

4. Anda akan mempelajari salah satu cabang olahraga atletik yaitu lari jarak jauh. Pada saat kegiatan praktikum berlangsung, terdapat beberapa mahasiswa yang menyatakan tidak dapat melakukan kegiatan tersebut karena baru sembuh dari suatu penyakit. Ada juga yang mengaku tak sempat sarapan. Tindakan apa yang anda lakukan sebagai guru mata pelajaran PJOK di kelas tersebut?

A. Siswa tetap diminta berlari jarak jauh, walaupun ada yang harus berjalan pelan b. Mengubah jenis lari menjadi lari jarak menengah agar setiap peserta dapat berlatih lari. Memahami bahwa latihan lari jarak jauh tidak selalu dapat dilakukan oleh semua siswa.D. Periksa kondisi masing-masing siswa sebelum menentukan jarak berjalan kaki yang akan dipraktikkan. Mereka adalah siswa yang tidak mampu istirahat dan tidak melakukan aktivitas tersebut. Kunci Jawaban: d. Periksa kondisi masing-masing siswa sebelum menentukan jarak latihan.

5. Anda adalah seorang guru di kelas yang murid-muridnya semuanya orang Jawa. Kebetulan semester ini ada mahasiswa baru yang pindahan dari luar pulau Jawa, dan tentunya dia tidak bisa berbahasa Jawa. Padahal, saat ini Anda sudah terbiasa menggunakan Java saat menjelaskan sesuatu di kelas, padahal bahasa pengantar resminya adalah bahasa Indonesia. Lalu apa yang Anda lakukan saat menghadapi situasi di atas?

A. Melibatkan siswa lain dalam kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia B. Penggunaan bahasa Indonesia pada seluruh materi yang diajarkan di kelas.C. Didesain untuk membiasakan diri agar dapat menggunakan bahasa Indonesia secara konsisten saat belajar. Menyadari tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami materi. itu. Mintalah siswa yang baru pindahan untuk segera belajar bahasa Jawa. Kunci Jawaban : a. Berbagi dengan siswa lain di kelas untuk mendiskusikan materi dalam bahasa Indonesia. Kunci Jawaban Post Test Umum PPA 2 PPG 2024

1. Anda sudah menjadi guru besar selama 5 tahun terakhir, namun pada tahun ini Anda diminta mengajar di kelas yang lebih rendah yaitu kelas 1. Jika Anda harus mengajarkan konsep bilangan, usahakan Anda menyampaikannya dengan menuliskan angka di papan tulis , tapi para siswa sepertinya tidak peduli. Dan mereka bermain sendiri. Bagaimana Anda menyikapi peristiwa ini?

A. Mencoba melakukan permainan dan kegiatan belajar walaupun belum paham caranya b. Mencari ide bagaimana memberikan materi matematika dengan konsep yang lebih menarik. Buatlah satu set kartu angka dan mintalah siswa untuk mengurutkannya. Mintalah siswa memperhatikan angka-angka yang tertulis di papan tulis. Ajaklah siswa untuk mencocokkan jumlah tombol dengan kunci jawaban angka yang bersangkutan: c. Buatlah satu set kartu angka dan mintalah siswa untuk mengurutkannya

2. Anda tahu bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa keterampilan menulis kurang mendapat perhatian dalam topik ini, dan Anda berencana untuk mempraktikkannya. Selama ini Anda sudah mencoba memberikan tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan siswa cukup bervariasi antar kategori menulis, seperti esai, menulis laporan peristiwa, cerita, dan lain-lain. Apa yang Anda lakukan dengan tugas ini?

A. Meminta semua siswa untuk menulis dalam kategori dan topik yang sama B. Membuat proyek menulis kolaboratif antar siswa yang kemampuan menulisnya berbeda C. Memberikan tugas yang berbeda-beda baik topik, jenis maupun rincian persyaratan penulisannya d. Memahami bahwa perlunya latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan siswa E. Mencoba memberikan bimbingan atau tugas menulis dalam kategori yang berbeda Kunci Jawaban: b. Buat proyek menulis kolaboratif antara siswa dengan kemampuan menulis yang berbeda

3. Anda merasa tes tertulis yang digunakan selama ini belum dapat menunjukkan kemampuan siswa yang sebenarnya. Tahun ini Anda akan ingin menggunakan strategi penilaian lain yang dapat menilai pemahaman siswa dan kemampuan mengkomunikasikan pengetahuan. Apa tindakan prioritas Anda sebagai pengajar pada mata pelajaran tersebut?

A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan b. Menggunakan metode presentasi individual c. Melakukan tanya jawab lisan untuk mengungkap kedua komponen penilaian d. Mempertimbangkan penilaian lain yang lebih cocok untuk mengungkap pemahaman dan menyampaikan pengetahuan. E. Memperbanyak jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktunya: a. Buatlah kasus untuk diskusi dan presentasi

4. Anda adalah seorang guru bahasa Inggris di sebuah sekolah dasar. Minggu ini Anda berencana untuk membuat hubungan antara budaya dan perkembangan bahasa Inggris secara umum. Agak sulit bagi Anda untuk memutuskan budaya mana yang ingin Anda tekankan karena siswa di kelas Anda terdiri dari budaya yang berbeda-beda. apa yang akan kamu lakukan

A. Membuat kasus mengenai keragaman budaya yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Inggris dan meminta komentar siswa b. Carilah ide cerita dari budaya yang berbeda untuk memahami variasi penggunaan bahasa. Memperkenalkan budaya umum di Indonesia menggunakan metode membaca bahasa Inggris untuk kelas D. Libatkan siswa dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi dalam bahasa Inggris yang mencerminkan budaya mereka. Di kelas kita membahas peran budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua Kunci Jawaban: d. Melibatkan siswa dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi dalam bahasa Inggris yang mencerminkan budaya mereka

5. Anda adalah seorang guru matematika di kelas satu. Selain memasukkan angka 1 sampai 10, Anda ingin siswa juga bisa menuliskan angka tersebut. Namun, Anda melihat ada beberapa di antara mereka yang masih belum mahir dalam memegang alat tulis. Jika Anda berada dalam situasi ini, tindakan apa yang menjadi prioritas Anda?

A. Membedakan sasaran keterampilan dengan mengidentifikasi keterampilan motorik halus siswa. Mintalah siswa untuk menulis angka 1 sampai 5 terlebih dahulu C. Namun mintalah semua siswa untuk berlatih menulis angka 1 sampai 10D. Cobalah untuk mengurangi jumlah angka yang harus ditulis siswa. Memahami bahwa tidak semua peserta SD kelas satu mahir menulis Kunci Jawaban : a. Membedakan tujuan kemampuan dengan mengidentifikasi motorik halus siswa Kunci Jawaban setelah ulangan umum PPA 3 PPG 2024

1. Ditunjuk untuk melatih ekstrakurikuler tari di sekolah. Saat ini Anda sedang mempersiapkan siswa untuk tampil di festival budaya distrik. Namun Anda menyadari bahwa siswa memiliki latar belakang keterampilan menari yang berbeda-beda sehingga Anda bingung menentukan kegiatan yang paling tepat saat latihan. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?

A. Mintalah bantuan siswa yang lebih mahir untuk membantu melatih temannya yang belum mahir melakukan gerakan tertentu. Terus gunakan rutinitas latihan normal dan berharap semua siswa dapat mengikutinya tanpa kesulitan. Kelompokkan siswa menurut tingkat kemampuannya dan berikan pelatihan khusus pada setiap kelompok D. Pertimbangkan berbagai kegiatan yang dapat melatih berbagai tingkat keterampilan menari siswa. Susunlah urutan latihan gerakannya, mulai dari yang rata-rata paling sulit dilakukan hingga yang paling mudah. Kunci Jawaban : a. Mintalah bantuan siswa yang lebih mahir untuk melatih temannya yang belum mahir melakukan gerakan tertentu.

2. Anda seorang guru bahasa Inggris kelas 12 saat melihat tugas makalah yang diserahkan siswa semester lalu, Anda merasa bahwa kemampuan menulis bahasa Inggris Anda perlu diasah, selanjutnya kemampuan ini akan dibutuhkan pada langkah selanjutnya. Anda belum lulus penilaian terkait kemampuan menulis bahasa Inggris Anda. Tindakan apa yang akan Anda ambil jika dihadapkan pada situasi ini?

A. Pikirkan tentang strategi penilaian yang paling relevan. pada. Menggunakan penilaian yang telah digunakan selama ini C. Mencoba mengerjakan tes tertulis dengan soal-soal singkat D. Berikan tugas menulis jurnal mingguan agar kemajuan kemampuan lebih terlihat. Tugaskan esai panjang pada Ringkasan Akhir Semester (SAS). Kunci Jawaban: d. Berikan tugas buku catatan mingguan agar kemajuan kemampuan lebih terlihat

3. Anda mengetahui bahwa ada dua kelompok etnis siswa yang sama-sama dominan di kelas Anda. Kedua kelompok ini seringkali terlibat konflik, baik disengaja maupun tidak, sehingga seringkali berdampak pada proses pembelajaran di kelas. Anda telah mencoba melakukan mediasi beberapa kali, namun tingginya prasangka antar kelompok membuat kondisi tidak kunjung membaik. Sebagai seorang guru, apa yang akan Anda lakukan jika dihadapkan pada situasi seperti ini?

A. Membuat kelompok dengan teman-teman yang bercampur antara dua suku dan mengurus tugas kerjasama. Meminta siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan kegiatan kasus yang relevan c. Cobalah menyisipkan cerita tentang dampak negatif prasangka di antara penyajian materi D. Brainstorming ide tentang kegiatan pembelajaran tertentu yang dapat memediasi kedua kelompok e. Mengajarkan materi dan membimbing pembelajaran seperti biasa tanpa terlalu memikirkan situasi Kunci Jawaban: a. Buatlah grup dengan teman-teman yang merupakan campuran antara kedua suku dan pastikan kerjasamanya. tugas

4. Anda adalah seorang guru matematika yang akan mengajarkan materi tentang perkalian ratusan. Saat Anda memberikan soal di kelas, hanya sebagian kecil siswa yang dapat menyelesaikan soal dengan benar. Setelah dilakukan evaluasi lebih lanjut, ternyata ada beberapa siswa yang hanya mampu mengalikan puluhan. Bahkan ada siswa yang belum hafal perkalian bilangan satuan. Tindakan apa yang Anda pilih ketika menghadapi situasi ini?

Hanya memberikan ratusan soal latihan kepada siswa yang mampu. Ajarkan terus perkalian ratusan, namun bertahap agar semua siswa paham. Sadarilah bahwa latihan soal yang diberikan hanya dapat dilakukan oleh siswa yang berkompeten. Memberikan soal latihan yang sesuai dengan kemampuan matematika setiap orang. Pastikan siswa menggandakan diri sebelum memberikan pertanyaan. Kunci Jawaban: e. Verifikasi perkalian siswa sebelum memberikan pertanyaan.

5. Berdasarkan hasil penilaian, Anda mengetahui bahwa beberapa siswa di kelas Anda memiliki gaya belajar visual. Sementara itu, sebagian lainnya lebih memilih belajar dengan mendengarkan. Anda merasa perbedaan gaya belajar ini merupakan sebuah tantangan karena Anda terbiasa menjalankan kelas yang lebih homogen. Tindakan prioritas apa yang akan Anda ambil jika menghadapi situasi ini?

A. Menyarankan kepada koordinator kelas agar lebih homogen dalam pembagian kelas untuk mempermudah proses pembelajaran. pada. Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan gaya belajar mereka. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisanD. Pertimbangkan metode pengajaran yang tidak hanya mengandalkan satu jenis media saja. Cobalah untuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan setiap siswa bekerja secara individu sesuai dengan gaya belajarnya Kunci Jawaban: c. Menyediakan sumber belajar yang mencakup berbagai jenis media seperti teks, video, dan presentasi lisan

*)Disclaimer : Kunci Jawaban Soal Post Test Umum PPA 1, 2, 3 PPG 2024, artikel ini hanya sebagai referensi bagi guru yang mengambil PPG Daljab 2024 untuk mengerjakan PMM.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *