Pasukan Ukraina Mundur dari Vuhledar, Nasib Terdakwa Rusia Dikirim ke Medan Perang

TRIBUNNEWS.COM – Pasukan Rusia telah menduduki kota pertambangan batu bara Vohlydar di Ukraina, yang telah dilanda pertempuran selama lebih dari dua setengah tahun.

Kelompok Khortytsya dari Pasukan Operasi Strategis Ukraina melaporkan bahwa manuver penarikan pasukan dilakukan “untuk menyelamatkan personel dan peralatan tempur, serta untuk mengambil posisi untuk tindakan lebih lanjut.”

“Dengan mencoba menguasai kota dengan cara apa pun, (musuh) berhasil mengarahkan pasukan cadangan ke dalam serangan sayap, yang menyebabkan habisnya pertahanan unit-unit Angkatan Bersenjata Ukraina, sebagai akibatnya. dari tindakan musuh, kota tersebut hancur dan menghadapi ancaman pengepungan,” demikian pernyataan resmi yang mengutip Defense Express.

Mengutip gubernur setempat, Sospilny Donbass memperkirakan bahwa 107 warga sipil masih tinggal di kota tersebut dan “dengan tegas menolak untuk pergi,” meskipun ada pasukan Rusia dan akan terjadi permusuhan.

Populasi Vohldar berjumlah sekitar 15.000 sebelum Rusia melancarkan serangannya pada minggu-minggu pertama invasi pada Maret 2022.

Kota ini terutama dikendalikan oleh Brigade Mekanik ke-72 Angkatan Bersenjata Ukraina.

Seminggu sebelum penarikan pasukan, seorang tentara dari unit tersebut menjelaskan kepada Sobylin taktik yang digunakan Rusia dalam serangan tersebut: serangan lapis baja tanpa henti dikombinasikan dengan serangan jarak jauh dengan artileri, drone, dan bom udara berpemandu.

Seorang komandan kompi bernama Oscar mengatakan Rusia menggunakan kendaraan lapis baja itu sebagai “barang habis pakai” dengan mengirim mereka dalam perjalanan satu arah ke posisi di Ukraina, hanya untuk dihancurkan ketika mendekat.

BBC mengatakan titik baliknya adalah ketika pasukan Rusia memutus jalur pasokan logistik dari Voledar ke desa terdekat, Bohoyavlenka.

Mereka bisa mendekat dan mengendalikan jalanan, dan menyerang siapa saja yang mencoba masuk atau keluar kota yang terkepung.

Institut Studi Perang yang berbasis di AS mencatat dua upaya besar pasukan Rusia untuk merebut kota tersebut, pada bulan Oktober dan November 2022 serta pada bulan Januari dan Februari 2023.

Keduanya gagal pada saat itu dan menyebabkan kerugian besar pada personel dan peralatan, terutama pada Brigade Infanteri Marinir ke-155 Armada Pasifik Rusia, yang harus dipersenjatai kembali beberapa kali dan kehilangan sebagian besar tenaganya dalam pertempuran.

Badan tersebut juga percaya bahwa Rusia, yang kini menguasai kota tersebut, kemungkinan besar tidak akan maju lebih cepat.

Analis mencatat bahwa Rusia berusaha menargetkan konvoi Ukraina yang meninggalkan kota dengan serangan drone FPV dan menderita kerugian yang tidak diungkapkan, namun Ukraina secara umum berhasil menghindari pengepungan.

 Waktu pasti penarikan pasukan tidak jelas, namun diyakini dimulai pada 30 September. Terdakwa ikut perang

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani undang-undang yang memberikan kekebalan dari tanggung jawab pidana kepada terdakwa di Federasi Rusia yang ingin berperang, lapor surat kabar Pravda.

Laporan sebelumnya mengindikasikan bahwa tindakan ini dapat berdampak pada lebih dari 20.000 orang yang kasusnya masih menunggu keputusan pengadilan.

Para terdakwa akan dibebaskan dari tanggung jawab jika mereka menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Rusia atau menjadi sasaran mobilisasi. 

Sebelumnya, di Rusia, hanya mereka yang sedang diselidiki atau dihukum yang dapat menandatangani kontrak dengan tentara Rusia untuk berpartisipasi dalam perang melawan Ukraina.

Duma Rusia mengesahkan rancangan undang-undang yang memungkinkan pengiriman tidak hanya mereka yang dihukum atau sedang diselidiki untuk berperang melawan Ukraina, tetapi juga lebih dari dua puluh ribu terdakwa, yang saat ini masih menunggu proses di pengadilan. 

Sumber di Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa “sekitar 40 persen dari sekitar 60.000 terdakwa diperkirakan akan dibawa [untuk berperang],” yang berjumlah lebih dari 20.000 orang.

(Tribunnews.com/Chrysnha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *