Sediakan Pelayanan Kesehatan Gratis, BAZNAS bersama Sedekah Konsumen Alfamart Resmikan Rumah Sehat

TRIBUNNEWS.COM – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Alfamart mendirikan BAZNAS Rumah Sehat (RSB) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pembangunan RSB ini merupakan bagian dari kontribusi konsumsi Alfamart periode Juli-November 2023 sebesar Rp1.590.702.219 yang disalurkan BAZNAS kepada sektor kesehatan. RSB Kendal bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat miskin.

Dengan menggunakan tenaga medis yang mumpuni, RSB Kendal akan dikelola secara profesional oleh BAZNAS dengan dukungan pemerintah. Peresmian ini dihadiri langsung oleh pimpinan BAZNAS RI, Manajemen Alfamart dan Pemerintah Kabupaten Kendal, pada Rabu (24/7/2024).

Pada pembukaannya, Presiden BAZNAS RI, Prof. Dr KH Noor Achmad MA mengatakan RSB Kendal hadir untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

“Dibentuknya Rumah Sehat BAZNAS Kendal karena BAZNAS ingin memberikan pelayanan kesehatan gratis, memperluas kepesertaan BPJS, shelter dan mendukung program kesehatan dalam bentuk pencegahan, promosi dan rehabilitasi,” kata Kiai Noor.

Kiai Noor mengatakan RSB Kendal merupakan hasil kerja sama BAZNAS dengan Pemkab Kendal serta donasi/sumbangan gratis dari pembeli Alfamart. RSB Kendal, kata Kiai Noor, merupakan satu-satunya RS Pratama di BAZNAS yang memiliki skema Rawat Inap Pratama.

“Rumah Sehat BAZNAS Kendal merupakan hasil kerjasama antara BAZNAS RI, BAZNAS Kabupaten Kendal dan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

“Selain itu, juga kerja luar biasa dari para pelanggan Alfamart yang telah membantu pembangunan, penyediaan kantor ambulan dan USG di RSB Kendal melalui program gratis/donasi melalui uang tunai Alfamart yang dikelola dan disalurkan BAZNAS kepada sektor kesehatan,” imbuhnya. .

Sementara itu, Corporate Affairs Manager Alfamart Solihin mengungkapkan, pembangunan RSB Kendal tidak lepas dari donasi seluruh pembeli Alfamart yang akan memberikan zakat/sumbangan secara cuma-cuma melalui kasir Alfamart pada saat pembelian.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini kita bisa bersama-sama membuka BAZNAS Rumah Sehat di Kendal. RSB ini merupakan salah satu bentuk penyaluran zakat/sumbangan dari konsumen Alfamart melalui BAZNAS yang ditujukan untuk bidang kesehatan. bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan gratis, khususnya bagi masyarakat Kendal,” kata Solihin.

Solihin menjelaskan donasi/sumbangan dari konsumen Alfamart dikelola dan disalurkan oleh BAZNAS untuk berbagai program kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, sosial dan ekonomi.

“Terima kasih kepada seluruh pembeli Alfamart yang dengan sukarela memberikan sedekah/donasi saat berbelanja di Alfamart. Kebaikan ini akan memberikan manfaat tambahan bagi mereka yang membutuhkan. Kami juga mengapresiasi kerja sama dengan BAZNAS yang menyalurkan uang pembeli Alfamart ke berbagai program baik,” ujarnya. dikatakan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Kendal H Windu Suko Basuki SH yang hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi pembangunan Rumah Sehat BAZNAS di wilayahnya oleh BAZNAS RI dan kontribusi konsumen Alfamart melalui donasi/kontribusinya. .

Ia mengatakan kesehatan sangat penting bagi masyarakat, namun bagi masyarakat miskin, layanan kesehatan yang memadai seringkali sulit diakses.

“Saya bangga dengan masyarakat Kabupaten Kendal dan hadirnya RSB Kendal. Dengan adanya RSB ini kita berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat khususnya masyarakat miskin. Ini merupakan langkah awal untuk mencapai visi Indonesia Sehat 2025. serta visi dan misi RSB yaitu menjadi rumah sakit yang baik, sehat dan berkah”, ujarnya.

Hingga saat ini, terdapat 22 Rumah Sehat BAZNAS di Indonesia, 18 RSB telah beroperasi dan 4 RSB lainnya baru mulai beroperasi. Hingga Juni 2024, lebih dari 390.000 masyarakat telah menerima manfaat layanan kesehatan Rumah Sehat Baznas yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Seluruh RSB hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis dan memberikan manfaat lainnya kepada masyarakat, antara lain pemberian vitamin, pendidikan kesehatan, konseling dan pemeriksaan kesehatan.

Ke-18 RSB yang sudah beroperasi antara lain RSB Sumut, Batam, Pangkalpinang, Masjid Istiqlal, Bogor, Cirebon, Karanganyar, Yogyakarta, Brebes, Kendal, Sragen, Sidoarjo, Berau, NTB, Parigi Moutong, Palu, Makassar dan Papua. Kedepannya akan direncanakan 4 RSB yaitu RSB Lampung Tengah, Banten, Bima dan Sambas.

“Jumlah ini akan terus bertambah karena banyaknya tenaga medis di Rumah Sehat Baznas yang memberikan layanan kesehatan tidak hanya kepada pasien tetapi juga kepada mereka yang membutuhkan vitamin, gizi, dan edukasi kesehatan,” tambah Kiai Noor.

Turut hadir Wakil Ketua Baznas RI, H Mokhamad Mahdum, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM, CHRP, ⁠⁠Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI, Saidah Sakwan, MA, dan Forkopimda Kabupaten Kendal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *