Makna Permainan Khas 17-an, Tribunnews Hadirkan Kompetisi Jwara Joeang

TRIBUNNEWS.COM – Semangat kemerdekaan kembali berkobar pada 17 Agustus. Setiap tahunnya, perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tidak hanya sekedar perayaan, namun juga menjadi ajang penguatan nilai-nilai luhur bangsa. Salah satunya melalui berbagai perlombaan usia 17 tahun, permainan tradisional usia 17 tahun tidak hanya menyenangkan, namun memiliki makna filosofis yang mendalam lho. Seperti apa?

Tarik tambang membutuhkan kerjasama tim yang kuat untuk menang. Kegiatan-kegiatan tersebut mewakili pentingnya solidaritas dan gotong royong untuk mencapai tujuan bersama, seperti perjuangan pahlawan kemerdekaan melawan penguasa kolonial.

Bakiak Bakiak, sandal kayu panjang yang dihubungkan dengan tali, merupakan permainan tradisional yang populer. Setiap pemain memakai cleat dan harus bergerak mengikuti ritme rekan satu timnya. Tim yang paling cepat mencapai garis finis tanpa terjatuh adalah pemenangnya. 

Perjalanan balap bakiak penuh dengan rintangan dan tantangan. Seluruh tim harus berjuang keras menjaga keseimbangan dan bersatu agar tidak terpuruk, hal ini menunjukkan semangat juang para pahlawan dalam perjuangan kemerdekaan.

Panjat pinang PinangPanjat merupakan salah satu perlombaan yang identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan. Setiap anggota tim pergi bersama-sama ke ujung tiang atau pohon untuk menerima hadiahnya. Pohon pinang atau pinang yang tinggi dan licin melambangkan hambatan yang dihadapi dalam mencapai kemandirian dan impian. Mirip dengan perjuangan para pahlawan yang pantang menyerah untuk meraih kemerdekaan. 

Panjat Pinang juga menjadi kegiatan utama dalam perayaan kemerdekaan Tribunnews dengan semangat “Satu Semangat”. Dalam rangka lomba Jwara Joeang, lomba panjat pinang akan diikuti oleh masyarakat di 6 kota seperti Bogor, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Balikpapan dan Palembang. Warna Lokal Tak hanya panjat pinang, Jwara Joeang juga mempunyai lomba mangkok yang mewarnai halaman. . . Surat kabar Jaringan Tribune. Meski terkesan sederhana, namun kegiatan ini mempunyai makna filosofis yang mendalam. Bukan sekadar pewarnaan, setiap guratan dan pilihan warna mencerminkan perasaan, pikiran, dan imajinasi masing-masing individu. Dengan warna, seseorang dapat mengekspresikan semangat kemandiriannya.

Permainan tradisional di HUT Kemerdekaan tak hanya seru, tapi juga menjadi pengingat akan nilai-nilai luhur perjuangan para pahlawan nasional Indonesia.

Jangan lewatkan keseruan Jwara Joeang Race dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia! Kunjungi Instagram @tribunnews dan @akulokalakubangga sekarang untuk lebih jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *