7 Fakta Kampanye Vaksinasi Polio di Gaza, Apakah Bantu Cegah Penyebaran Polio?

TRIBUNNEWS.COM – Simak enam fakta kampanye vaksinasi polio di Gaza berikut ini.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan otoritas kesehatan Palestina telah meluncurkan kampanye bersama untuk memberikan vaksin polio kepada anak-anak di Jalur Gaza.

Polio merupakan virus yang dapat menyebabkan kelumpuhan atau kematian pada anak-anak.

Virus ini ditemukan bulan lalu setelah 25 tahun.

Penemuan kasus polio ini menyoroti hancurnya infrastruktur kesehatan Gaza akibat pemboman Israel yang terus menerus selama hampir 11 bulan.

Secara keseluruhan, berikut adalah fakta-fakta mengenai kekurangan vaksin dalam perang dahsyat di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.700 warga Palestina, termasuk hampir 17.500 anak-anak: 1. Apa itu polio?

Polio merupakan penyakit infeksi serius yang dapat menyebar dengan cepat, terutama di lingkungan yang tidak sehat karena dapat ditularkan melalui kontak dengan tanaman.

Penyakit ini juga bisa menular melalui batuk dan bersin, meski jarang terjadi.

Kebanyakan orang tidak menunjukkan gejala apa pun setelah tertular virus.

Beberapa menunjukkan gejala ringan seperti flu seperti suhu tinggi, kelelahan dan sakit kepala, yang biasanya berlangsung selama 10 hari.

Namun, virus ini juga dapat mempengaruhi otak dan saraf, menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian. 2. Bagaimana keadaan di Gaza?

Tentara Israel menghancurkan jaringan pasokan air dan saluran pembuangan di seluruh wilayah Palestina.

Puing-puing juga berserakan di dekat area kecil tempat ratusan ribu warga terpaksa mengungsi.

Menurut kantor media resmi di Gaza, tentara Israel juga telah menghentikan pengumpulan sampah dari daerah perkotaan, memeriksa tempat pembuangan sampah dan menargetkan pekerja kota, mesin dan mekanisme yang digunakan untuk mengelola sampah.

Bulan lalu, Abd al-Rahman Abu Jadyan, seorang bayi Palestina berusia 10 bulan yang lumpuh sebagian setelah tertular polio, tidak dapat bertahan hidup karena keluarganya terpaksa mengungsi akibat operasi militer Israel yang berulang kali.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penghentian kampanye imunisasi rutin di wilayah pendudukan Palestina, termasuk Gaza, telah menyebabkan munculnya kembali penyakit ini. 3. Bagaimana cara kerja kampanye vaksinasi?

Sekitar 2.700 petugas kesehatan terlibat dalam kampanye yang didukung oleh WHO, UNICEF dan Badan Pengungsi Palestina PBB di Timur Dekat, atau UNRWA, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan di Gaza.

Prosesnya resmi dimulai pada Minggu (1/9/2024) di wilayah kantong bagian tengah dan akan berlangsung hingga 4 September.

Kampanye vaksinasi kemudian dilanjutkan di selatan hingga Khan Yunis dan Rafah (5-8 September) dan provinsi Gaza utara (9-12 September).

Sejumlah anak menerima dosis pertama di RS Nasir Khan Yunis pada Sabtu (31/9/2024) sebelum peluncuran massal.

Sekitar 640.000 anak berusia antara satu hari dan 10 tahun menerima vaksin virus polio tipe 2, yang diberikan dalam dua tetes oral. 4. Apakah ada gencatan senjata selama program vaksinasi?

Pertempuran telah berhenti di beberapa wilayah Jalur Gaza untuk memungkinkan pusat kesehatan memberikan dosis vaksinasi.

Namun laporan mengenai gencatan senjata umum di daerah kantong tersebut adalah salah, menurut kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Israel hanya mengizinkan koridor kemanusiaan yang dilalui vaksin dan wilayah tertentu ditetapkan aman untuk pemberian vaksin selama beberapa jam,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (1/9/2024).

“Israel menganggap penting untuk menghentikan epidemi polio di Jalur Gaza, juga untuk mencegah penyebaran epidemi di wilayah tersebut.”

Menurut PBB, periode awal “jeda kemanusiaan” yang disetujui untuk mengizinkan vaksinasi adalah dari pukul 06.00 hingga 15.00 (09.00-18.00 GMT) setiap hari.

Para pejabat tinggi PBB telah menekankan bahwa satu-satunya cara efektif untuk memvaksinasi semua anak terhadap virus dan penyakit menular lainnya yang menyebar melalui Gaza adalah dengan mencapai gencatan senjata segera dan permanen. 5. Apakah vaksin tersebut aman?

Ada banyak laporan di berbagai jejaring sosial yang mengutip pernyataan para ilmuwan Israel yang secara keliru mengatakan bahwa vaksin polio adalah sebuah “percobaan” yang direncanakan untuk digunakan di Gaza dan berbahaya bagi warga Palestina dan Israel.

“Saya ingin menekankan hal berikut: cara paling aman dan efektif untuk melindungi anak-anak terhadap polio, apa pun jenisnya, adalah dengan memvaksinasi mereka,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric di New York pekan lalu.

Vaksin ini aman. Efektif, dan memberikan perlindungan berkualitas tinggi. Vaksin ini direkomendasikan di seluruh dunia untuk wabah virus polio tipe 2 oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Dujarric mengatakan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin yang sama telah digunakan untuk melindungi 40 anak sejak diluncurkan pada Maret 2021. 6. Apa saja kendalanya?

Chisa Latifi, wakil direktur kesiapsiagaan dan tanggap darurat di Project HOPE, mengatakan perang, pengungsian paksa, dan rusaknya sistem perawatan kesehatan di Gaza dapat menghambat upaya vaksinasi.

“Saya pikir sangat tidak mungkin kampanye vaksinasi akan menjangkau 90 persen anak-anak yang membutuhkan vaksinasi,” kata Latifi kepada Al Jazeera dari Los Angeles.

“Tidak ada jaminan keselamatan. Orang-orang yang harus membawa anak-anak mereka ke klinik-klinik ini – pertama-tama, apakah mereka punya akses ke klinik? Apakah mereka punya bahan bakar atau sarana untuk pergi ke klinik? Apakah aman? Apakah aman?” agar “Staf pergi ke klinik? Saya tahu kita punya waktu istirahat kemanusiaan yang singkat. Tapi apakah itu cukup?” 7. Apakah kegiatan ini dapat membantu menghentikan penyebaran polio?

Latifi, yang organisasinya beroperasi di Gaza, juga mengatakan bahwa program vaksinasi saja tidak akan membantu menghentikan penyebaran virus.

“Kampanye vaksinasi tidak mengatasi masalah mendasar, yaitu kurangnya kebersihan, sanitasi dan air bersih,” katanya.

“Karena kalau kita punya bahan-bahan ini – air bersih, fasilitas mandi dan toilet yang memadai – kita tidak akan terjangkit polio.”

Namun infrastruktur ini telah hancur total.

Banyak orang tinggal di kamp-kamp ad hoc di sana. Ini situasi yang sangat berbahaya.”

(Tribunnews.com, Andri Valan Norahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *