Ukraina Kehilangan Aset Strategis dalam 24 Jam Terakhir, Tiga Pesawat Tempur Rontok Dirudal Rusia

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Dalam waktu 24 jam, Ukraina mengalami kerugian angkatan udara yang signifikan.

Dua Su-27 dan satu MiG-29 ditembak jatuh.

Menurut siaran pers Kementerian Pertahanan Rusia, insiden tersebut terjadi antara akhir 14 September hingga 15 September selama pertempuran udara dan banjir yang dilakukan oleh sistem pertahanan udara.

Kementerian mengatakan dua jet tempur Sukhoi Su-27 yang dioperasikan oleh pasukan Kyiv dihancurkan oleh pasukan luar angkasa Rusia, sementara pasukan pertahanan udara Rusia menembak jatuh Mikoyan MiG-29 milik Kyiv.

Pada saat yang sama, pasukan pertahanan udara Rusia menyita sebuah rudal HIMARS buatan AS, empat bom berpemandu Hummer buatan Prancis, dan 55 drone Ukraina.

Seperti yang Anda ketahui, baik pesawat tempur berat Su-27 maupun pesawat tempur menengah MiG-29 dikembangkan oleh Uni Soviet dengan meniru strategi campuran pesawat tempur F-15 dan F-16 AS.

Su-27 memiliki jangkauan yang lebih jauh, radar yang lebih besar, dan kinerja keseluruhan sebagai pesawat tempur superioritas udara.

Pada tahun 1990-an, pengujian di Barat menunjukkan bahwa Su-27 dan MiG-29 mengungguli pesawat tempur Amerika, dan Su-27 secara umum dianggap sebagai pesawat tempur udara-ke-udara terbaik di dunia, dengan peringkat ke-21.

Namun, reputasi Su-27 sebagai pesawat tempur superioritas udara melemah dalam beberapa tahun terakhir.

Faktanya, kini pesawat tersebut dianggap hampir ketinggalan zaman karena pesawat tersebut telah menderita kerugian besar melawan pasukan Rusia sejak konflik dimulai pada Februari 2022.

Pada tanggal 5 Maret 2022, pertempuran udara paling penting dengan pesawat Su-27 terjadi di dekat Zhytomyr, di mana empat pesawat tempur ditembak jatuh.

Setelah jatuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Ukraina mewarisi sebagian besar aset militer Soviet, termasuk jet tempur seperti MiG-29 dan Su-27.

Pesawat ini masuk Angkatan Udara Ukraina berkat pembagian peralatan militer Soviet di antara negara-negara bekas republik Soviet.

Ukraina menerima sekitar 220 MiG-29 dan sekitar 70 Su-27, yang awalnya ditempatkan di berbagai pangkalan Soviet di tanah Ukraina.

Pesawat-pesawat ini dengan cepat menjadi elemen penting dari kemampuan pertahanan udara dan militer negara merdeka.

Menjelang invasi Rusia pada Februari 2022, Angkatan Udara Ukraina akan mengoperasikan sekitar 50 MiG-29 dan sekitar 26 Su-27.

Lini MiG mencakup model-model seperti MiG-29MU1 dan MiG-29MU2, sedangkan armada Su-27 terdiri dari model-model seperti Su-27S, Su-27P dan Su-27UB.

Namun kesiapan operasional pesawat tersebut berbeda. Karena teknologi yang ketinggalan jaman dan terbatasnya sumber daya untuk modernisasi, banyak dari pesawat ini memerlukan perawatan atau peningkatan.

Ketika invasi terjadi, hanya sebagian kecil dari pesawat tempur ini yang beroperasi penuh.

Selama bertahun-tahun, kekurangan dana dan pasokan telah menghambat infrastruktur militer Ukraina, termasuk pangkalan udara dan fasilitas pemeliharaan.

Akibatnya, diperkirakan hanya sekitar setengah dari pesawat MiG-29 dan Su-27 yang siap tempur, dan sisanya dalam kondisi pemeliharaan atau kerusakan.

Hilangnya Su-27 merupakan pukulan telak bagi Ukraina, karena pesawat tempur ini menawarkan kemampuan pertahanan udara dan intersepsi unik yang sulit digantikan oleh pesawat modern Barat seperti F-16.

Su-27 adalah pesawat tempur berat jarak jauh dengan kecepatan lebih tinggi [hingga Mach 2,35], jangkauan operasional lebih panjang [3,530 km] dan kinerja ketinggian yang mengesankan dibandingkan F-16 yang lebih ringan.

Fitur-fitur ini menjadikan Su-27 ideal untuk mengendalikan wilayah udara Ukraina yang luas dan mencegat pesawat pengebom atau rudal jelajah jarak jauh Rusia.

Selain itu, radar kuat dan senjata beratnya ditujukan untuk superioritas udara di zona tempur terbuka yang luas, sehingga sangat diperlukan untuk melawan pesawat canggih Rusia.

Meskipun F-16 dilengkapi dengan avionik modern, fleksibilitas dan integrasi tanpa batas dengan sistem Barat, F-16 pada dasarnya adalah pesawat multi-peran dan tidak dapat secara langsung menggantikan peran superioritas udara Su-27.

Ukuran Su-27 yang lebih besar memungkinkannya membawa lebih banyak bahan bakar dan senjata, sehingga cocok untuk operasi jarak jauh jauh dari pangkalannya – sebuah fitur penting mengingat terbatasnya jumlah lapangan udara Ukraina yang berisiko terkena serangan rudal Rusia.

Mengganti Su-27 dengan F-16 berarti Ukraina akan kehilangan beberapa keunggulan strategis Su-27 dalam hal muatan jarak jauh dan muatan berat, namun F-16 akan memberikan teknologi dan interoperabilitas yang jauh lebih maju.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *